there’s something about geometry + architecture

June 14, 2014

Mobius Strip pada pengunaan Hoodie Ring Hijab

Filed under: Uncategorized — dewiastuti12 @ 15:17

Ditahun 2014 ini, bukanlah tahun pertama hijab style menjadi tren fashion dikalangan perempuan. Sekitar tahun 2011, hijab style menjadi booming dan tren fashion di Indonesia yang digandrungi oleh sebagian besar remaja putri. Oleh karena itu, para produsen hijab berlomba-lomba untuk menarik minat pembelinya dengan mengeluarkan produk hijab yang unik dan berbeda dari hijab sebelumnya yang pernah ada.

ImageImage

gambar 1: berbagai macam hijab instant

Bentuk hijab yang instant atau siap pakai merupakan yang paling diminati oleh kaum hawa. Karena dirasa cukup praktis dan tidak repot lagi untuk mengatur sisi kerudung yang dipakai. Salah satu contohnya adalah Hoodie Ring Hijab yang terbuat dari kain ceruti persegi panjang yang dibuat kontinu atau tidak terputus. Dengan tambahan ring sebagai aksen sekaligus tanda penutup sambungan pada kain.

Image

 gambar 2 : Hoodie Ring Hijab

Ketika saya mencoba menggunakan produk hoodie ring hijab, ternyata hijab instant ini memiliki cara pakai yang cukup unik. Jika digunakan secara langsung tanpa mengubah bentuk asli kerudung, maka terlihat kurang menarik dan kerudung yang dipakai terlihat seperti gendongan bayi. karena sisi yang tidak dikaitkan dikepala, akan menggantung kebawah.Oleh karena itu, terdapat step yang harus diikuti jika ingin pengunaan hijab ini terlihat lebih cantik.

Image

gambar 4: penggunaan hoodie ring hijab

Pada cara penggunaan hoodie ring hijab, ternyata melibatkan proses mobius strip. Membalik dan memlintir bagian sisi kerudung. Sehingga tidak lagi terlihat bagian luar dan bagian dalam kerudung secara nyata karena menggunakan mobius strip tersebut. jadi, kesimpulan saya adalah bahwa mobius strip tidak hanya dipelajari secara arsitektural saja. dengan benda yang berbeda, kita juga dapat mempelajari adanya sistem/bentukan mobius strip tersebut. secara gambaran, memang tidak terlalu terlihat keberadaan mobius stripnya, tetappi secara praktik dan mencobanya langsung, keberadaan mobius strip pada penggunaan hoodie ring hijab ini dapat terlihat. selamat mencoba🙂

 

 

referensi:

http://galeri-hijab.com/product/24/20/hoodie-ring-cerut (dakses pada 13juni 2014)
http://pusathijabgrosir.com › Tutorial Hijab (diakses pada 13juni 2014)

 

 

 

 

 

 

 

4 Comments »

  1. Wah, menarik pembahasannya. Tapi ada yang ingin saya tanyakan. Mungkin pemahaman saya masih sangat kurang mengenai mobius strip.
    Dari proses yang dilakukan dalam menggunakan hijab ini memang sama dengan prinsip mobius strip. Ada sisi yang dipelintir sehingga satu sisi dapat menjadi sisi dalam sekaligus luar. Namun jika diuraikan, apakah hijab ini berbentuk selimut tabung atau ring?. Apakah hal ini masih termasuk dalam prinsip mobius strip? Terima kasih🙂

    Comment by diankusumasari — June 14, 2014 @ 20:35

  2. waw , sepertinya saya bisa mencoba🙂 namun , pertanyaan saya hampir sama dengan dian . apakah bentuk hijab ini sudah dalam bentuk ring? sedangkan dalam teori mobius strip diawali dengan sesuatu yang ujungnya terputus. lalu apakah ada efek tertentu pada si pengguna sehingga metode mobius strip ini menjadi menarik pada sebuah hijab. terimakasih🙂

    Comment by nerissaarvianafardani — June 15, 2014 @ 01:05

  3. menurut saya, mungkin bersambung dari komen sebelumnya. pada gambar nomer 4 yang pertama, biarpun cara memakainya berpilin dan diputar, tidak terjadi bentuk seperti mobius strip. dalam keadaan demikian, bagian luar akan tetap menjadi bagian luar dan bagian dalam juga (bila bagian dalam didefinisikan ke bagian yang menghadap ke muka). bila ‘dipaksa’ menjadi mobius strip, bukannya hasil akhirnya kerudung anda menjadi semakin berpilin? itu karena sebenarnya keadaan asli dari kerudung tersebut bukan berasal dari kedua ujung yang diputar dahulu sebelum disatukan.
    sekian. terimakasih.🙂

    Comment by amaliaputriayuichlasiaty — June 15, 2014 @ 06:46

  4. mungkin pertanyaan saya hampir sama seperti pertanyaan sebelumnya. apakah diputar dan dipilin sama seperti mobius strip. Mungkin saya masih kurang paham prinsip mobius strip yang ada dalam pembahasan hijab tersebut seperti apa ya?

    Comment by mellasetyowati — June 15, 2014 @ 21:39


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: