there’s something about geometry + architecture

June 14, 2014

Super Mario Bros Mobius Strip

Filed under: Uncategorized — Adriansyah Harry @ 20:48

Permainan merupakan salah satu bentuk entertainment atau media hiburan yang terus berkembang dari berbagai macam era dan perkembangannya muncul dengan berbagai macam bentuk. Variasi dari bentuk game yang berbeda – beda membuat game banyak diminati oleh masyarakat awam. Awalnya Game / permainan berbentuk real yang kemudian bertransformasi kedalam bentuk 2D seperti yang masyarakat umumnya mainkan saat ini. Game ternyata memiliki hubungan yang erat dengan prinsip geometri dan arsitektur pada alur dan backset dari game tersebut yang pada tulisan ini akan menghubungkannya dengan prinsip Mobius Strip.

2D Game merupakan bentuk dari game yang teraplikasikan dan dimainkan pada suatu bidang permukaan atau layar. 2D Game merupakan perkembangan game generasi pertama yang muncul di dunia setelah muncul dan berkembangnya sistem bit dan computer. Awal bentuk dari game ini terwujud dalam bentuk 8 bit yang terlihat kotak – kotak atau pixel.

Super Mario Bros merupakan perkembangan dari game yang muncul setelah game Donkey Kong. Konsep dari game Super Mario meloncati halangan, menghindari serangan musuh dan menyelamatkan Princess Peaces di kastil tujuan alur game.

World 1, Stage 3 - Mephea

 Gambar 1.1 Mario Bros Stage 1

Dalam stage level 1 Super Mario Bros, arena ini dapat membentuk sebuah Mobius Strip yang membuat sebuah Loop yang akan terus berulang tanpa henti. Hal ini membuat pada stage ini, karakter dari Super Mario Bros akan terus mengulangi stage yang sama. Terbentuknya Mobius Strip pada stage game ini karena bentuk stage pada level ini masih sederhana, dan memliki banyak pengulangan unsur game seperti bentuk kastil atau halangan.

21

Gambar 1.2 Super Mario Bros Stage 1 Mobius Strip

Dapat terlihat pada gambar di atas, stage Super Mario Bros dapat diaplikasikan kedalam bentuk Mobius Stip, sehingga pada bentuk ini terbentuk never ending Super Mario Bros. Ketika bentuk dari arena diikuti, maka dapat terlihat penempatan setiap halangan (pipa, bata, dsb) dan goal post yang akan berputar dan akan kembali ke tempat yang sama setelah dilewati.

 

Sumber:

http://www.shapeways.com/model/…/super-mariomobiusstrip.html

 

 

 

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: