there’s something about geometry + architecture

June 14, 2014

Topologi dan Tali sepatu

Filed under: Uncategorized — gittaraditya @ 23:07

Mengikat tali sepatu merupakan kegiatan yang biasa kita lakukan sehari-hari. kegiatan tersebut memang sangat sederhana, namun ternyata memiliki kaitan dengan topologi. Topologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang posisi dan konektivitas. seperti yang telah kita pelajari pada kelas geometri dan arsitektur, salah satu subjek dari topologi adalah knot atau simpul. Jika di dalam kelas kita lebih banyak mempelajari tentang kaitan antara topologi dengan arsitektur, kali ini saya akan membahas mengenai topologi pada kehidupan sehari-hari, yaitu mengikat tali sepatu.

straight across

 

Gambar di atas merupakan salah satu cara mengikat sepatu yang paling umum. kita biasanya melihat bagaimana ikatan atau pola yang terlihat pada bagian luar, namun ternyata bagian luar dan dalam sama pentingnya jika dilihat dari segi topologikalnya. dengan memasukan tali sepatu ke dalam setiap lubang dapat menghasilkan konektivitas antara bagian luar-dalam maupun atas-bawah, sehingga sisi kanan dan sisi kiri sepatu dapat terhubung dan menghasilkan ikatan yang kuat. Dengan mengeksplorasi konektivitas tali pada setiap lubang kita dapat menghasilkan berbagai macam pola ikatan tali sepatu, seperti gambar di bawah.

berbagai macam pola ikatan sepatu

ikatan 1 dan 2 ditarik secara horizontal

ikatan 1 dan 2
ditarik secara horizontal

Bukan hanya menghasilkan pola-pola tertentu, konektivitas tali pada lubang juga dapat menghasilkan kekuatan ikatan yang berbeda-beda. kekuatan yang dihasilkan oleh ikatan 1 dan ikatan 2. ketika ditarik secara horizontal, ikatan 1 yang dominan ikatan diagonal dapat menahan gaya tarikan lebih merata. hal tersebut terjadi karena tali mengikat lubang atas dan bawah secara bersamaan. Sedangkan ikatan 2 lebih dominan ikatan secara vertikal, sehingga jika ditarik secara horizontal, kekuatan ikatan lebih kecl dibandingan dengan ikatan 1. Yang menahan tarikan pun hanya ikatan horizontal bagian atas dan bawah saja.

Denagn begitu, saya menyimpulkan bahwa topologi tidak hanya ditemukan pada dunia matematika atau arsitektur saja, pada kehidupan sehari-hari atau benda-benda sederhana pun topologi banyak ditemukan dan mempunyai peranan yang cukup penting.

 

sumber:

The Topology of Knots in Everyday Life: Shoelaces

 

The Topology of Knots in Everyday Life: Shoelaces |https://www.flickr.com/photos/madison_guy/8512882553/

http://www.fieggen.com/shoelace/grannyknot.htm

 

 

 

1 Comment »

  1. pembahasannya cukup menarik , namun apakah ikatan tali sepatu hanya terkait dengan antar lubangnya ? bagaimana dengan antara kaitan satu dengan yang lainnya? atau tali satu dengan tali lainnya dalam suatu ikatan?

    Comment by nerissaarvianafardani — June 15, 2014 @ 01:56


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: