there’s something about geometry + architecture

June 15, 2014

Geometri Untuk Mengenal Hewan

Filed under: Uncategorized — Gita Andriani @ 09:30

Suatu hari ketika saya sedang pergi ke toko es krim dengan teman-teman, kami memperhatikan sebuah unsur dekoratif pada ruangan tersebut. Di salah satu sudut anak-anak, terdapat sebuah dinding putih yang pada permukaannya ditempelkan benang-benang membentuk hewan-hewan yang sangat lucu. Walaupun hanya menggunakan garis-garis geometris yang sederhana, kami dengan mudah mengetahui bentuk hewan apa yang dimaksud. Setelah mengomentarinya dengan yang lain, kami berkesimpulan bahwa garis-garis geometris tersebut hanya mengambil lekukan-lekukan atau bentuk yang esensial dari setiap hewan. Dengan kekhasan masing-masing hewan, maka setiap gambar menjadi sangat berbeda antara satu dan yang lainnya. Salah satu bentuk edukasi yang baik bagi anak-anak untuk mengenal hewan.

 

Lalu, saya tertarik untuk mencarinya di internet dan menemukan gambar sejenis seperti berikut:

Untitled-1

(Kunath, 2013)

 

Setelah memperhatikan dengan seksama setiap gambar, ternyata apabila setiap bidang geometris yang terbentuk diarsir, maka pengetahuan yang diambil dapat semakin banyak. Ketika bentuknya hanya seperti gambar di bawah, mungkin manusia yang melihat hanya dapat mengidentifikasi hewan apakah itu. Namun ketika diarsir dengan garis-garis yang memiliki kepadatan berbeda pada tiap bidangnya, gambar yang tersaji dalam bentuk dua dimensi, tetap dapat terlihat kedalamannya. Garis yang lebih padat menghasilkan “warna” yang gelap seolah memiliki posisi yang lebih dalam atau di belakang. Selain itu, garis-garis juga bisa menyampaikan perbedaan warna yang cukup signifikan antara warna yang gelap dan terang apabila hewan tersebut memang diidentifikasi melalui warnanya yang khas.

geometric-animal-trophy-heads_88b18a0f-7037-429f-a58b-6f9d4ff0d9c1_large

(Vertigo Home, 2014)

 

Titik, garis, dan bidang yang terbentuk dari gambar-gambar hewan selain menjadi unsur dekoratif pada sebuah ruang karena memiliki nilai seni yang baik menurut saya, mempunyai nilai edukasi terhadap anak-anak. Selain belajar untuk mengenal hewan di sekitarnya, anak dapat belajar juga mengenai seni melalui garis-garis sederhana tersebut.

 

 

Referensi

Kunath, A. (2013). Geometric Animals. [image] https://www.behance.net/gallery/Geometric-Animals/9030549. Diakses 15 Juni 2014.

Vertigo Home, (2014). Bend Water Buffalo Geometric Animal Trophy Head Bend Water Buffalo Geometric Animal Trophy Head Bend Water Buffalo Geometric Animal Trophy Head. [image] http://www.vertigohome.us/products/bend-water-buffalo-geometric-animal-trophy-head. Diakses 15 Juni 2014.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: