there’s something about geometry + architecture

June 15, 2014

Masquerade

Filed under: Uncategorized — mellasetyowati @ 21:17

Pernahkah ingat serial TV di TPI namanya Masquerade atau nama jepangnya kasou taisou. Ketika saya mulai kembali mengulang melihat acara tersebut. Bisa dilihat dulu di link dibawah ini

http://www.youtube.com/watch?v=CGLIxAcHoak

Mereka menampilkan sebuah pementasan dengan memakai figure and ground. Figure and ground termasuk kedalam teori gestalt yang memang banyak digunakan untuk mempengaruhi persepsi seseorang.

Image

Figure adalah istilah untuk massa yang dibangun (biasanya dalam gambar-gambar ditunjukkan dengan warna hitam) Ground adalah istilah untuk semua ruang di luar massa itu (biasanya ditunjukkan dengan warna putih) Kadang-kadang sebuah figure ground juga digambarkan dengan warna sebliknya supaya dapat mengekspresikan efek tertentu. Menggunakan putih dan Hitam hanya sebagai salah satu contoh, kita bisa memakai warna lain yang saling berkebalikan.

 Image

Pada pementasan ini terlihat untuk menghasilkan efek melayang orang-orang yang membantu dan mengangkat pemain dibelakang menggunakan jubah berwarna hitam. Sehingga seketika orang yang berbaju merah dan orange terlihat seperti melayang dan memukul bola pingpong.

 

Image

Image

Teori gestalt digunakan untuk mempengaruhi persepsi seseorang dalam mengikuti alur cerita dari pementasan tersebut. Untuk menghasilkan efek dibuat warna yang kontras antara pemain utama dan pemain pendukung. Walaupun penonton mengetahui orang tersebut diangkat oleh orang yang dibelakangnya namun dengan warna yang kontras tersebut penonton tetap dapat menikmati skenario yang sedang dijalankan atau alur cerita dari pementasan tersebut. Sehingga pemain pendukung memang menjadi ground dari pementasan tersebut.

Sumber

http://i1.kym-cdn.com/entries/icons/original/000/004/306/ping-pong-matrix.png

http://media-cache-ak0.pinimg.com/736x/f5/7a/b6/f57ab608a534e48dcc4650a2b23c82b5.jpg

Figure ground theory. pdf

4 Comments »

  1. Dalam acara ini memang figure and ground sangat berperan penting untuk memberikan efek ‘lucu’ dari pergerakan yang mereka perankan. tetapi saya sedikit penasaran apakah penonton hanya tertarik dengan pemunculan figure dengan warna terang itu? ataukah mereka juga tertarik dengan pemeran pendukung yang menjadi ground pementasan tersebut?

    Comment by geiniagni — June 15, 2014 @ 22:54

  2. Warna yang kontras antara pemain utama dan pemain pendukung menjadi hal penting dalam pertunjukkan ini. Apakah mungkin terjadi pergantian latar yang dibuat oleh pemeran pendukung dengan tetap memfokuskan penonton pada pemeran utamanya?

    Comment by keziaamelia — June 15, 2014 @ 23:59

  3. menurut saya pembahasan ini sangat menarik, dan lagi lagi merupakan salah satu implementasi gestalt. namun, apakah hanya prinsip figure and ground sajakah yang ada di dalamnya? mungkin jika dibahas lebih lanjut ini akan menjadi lebih menarik karena sebelumnya tidak terpikirkan bahwa acara yang lekat dengan keseharian ini merupakan salah satu yang menggunakan gestalt di dalamnya🙂

    Comment by luthfianishabrina — June 16, 2014 @ 07:22

  4. wow menarik sekali materi pembahasannya. menurut anda apakah ada pengaruh mengenai penggunaan warna yang dopakai sepakai figure and ground, misalnya saja warna background yang digunakan tidaklah hitam? selain itu apakah groundnya hanya dapat menggunakan warna saja?

    Comment by inesaps — June 16, 2014 @ 09:18


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: