there’s something about geometry + architecture

June 15, 2014

Mobius Strip: Membuat Sesuatu Bertahan Lebih Lama

Filed under: Uncategorized — pelangiiiii @ 00:17

Penemuan Mobius strip rupanya memberikan dampak yang cukup besar dalam berbagai disiplin ilmu. Mobius strip banyak sekali digunakan pada berbagai macam hal baik itu seni, arsitektur, music, olahraga, game, sulap, teknologi dan lainnya.

Pada teknologi, salah satu alat yang menggunakan mobius strip adalah kaset. Pada kaset, mobius strip digunakan untuk menyusun pita kaset yang berfungsi untuk menyimpan rekaman suara.

Mengapa menggunakan metode ini?

Seperti yang kita tahu bahwa suatu pita yang ujungnya disambung namun sebelumnya di-twist akan memiliki 1 sisi (padahal sebelumnya 2 sisi). Hal ini lah yang selanjutnya diterapkan pada pita kaset untuk memaksimalkan penggunaannya akibat kedua sisinya bisa dipakai. Dengan memakai mobius strip, 1 pita akan berfungsi seperti 2 pita yang disusun dengan tidak menggunakan mobius strip. Tentunya hal ini akan menghemat penggunaan pita maupun space dari kasetnya.

ab

Selain pada kaset, prinsip mobius strip yang digunakan untuk memperpanjang sesuatu juga terjadi pada peralatan mesin lainnya. Mobius strip biasanya digunakan pada belt conveyor untuk memperpanjang masa penggunaannya.

c

Selain benda diatas, penggunaan yang mirip juga dipakai pada pita mesin ketik dan printer. Pada mesin ketik, pita yang berfungsi sebagai tempat “tinta” memiliki 2 sisi yang sama-sama dibalurkan zat untuk menulis lalu disusun dengan memakai metode mobius strip dan jadilah kedua sisinya (yang sekarang menjadi satu sisi) bisa dipakai.

d

Dengan adanya praktik seperti diatas, kita bisa memberi kesimpulan bahwa mobius strip bisa menjadi salah satu solusi dalam desain untuk menghemat penggunaan suatu benda dengan memaksimalkan tiap bagiannya.

 

Sumber:

http://simanaitissays.com/2013/03/19/doing-the-mobius-strip/

http://www.instructables.com/id/Audio-Cassette-Loop/

http://www.crystalinks.com/mobius.strip.html

http://www.triz-journal.com/archives/2007/01/07/

3 Comments »

  1. Artikel yang menarik sekali Pelangi. Memang dengan menerapkan prinsip Mobius strip ini kita dapat memanfaatkan kedua sisi dari suatu benda, sehingga menggandakan penggunaan benda tersebut dan dengan demikian benda tersebut dapat dipakai lebih lama.
    Namun saya ingin bertanya, bagaimana dengan umur dari si benda itu sendiri? Dalam Mobius strip berlangsung proses twisting yang tentu lebih rumit dari prinsip teknologi konvensional yang berlangsung secara linear. Kemungkinan pita atau belt untuk ‘njelimet’ dan rusak menjadi lebih tinggi sehingga justru mengurangi masa pakainya. Ataukah telah ada cara tertentu yang dipakai untuk menyiasati hal ini ketika prinsip Mobius strip diterapkan?
    Terima kasih : D

    Comment by estherwahyuni01 — June 16, 2014 @ 00:22

  2. Terima kasih atas pertanyaannya esther. Ya, memang setiap metode memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Namun untuk kasus yang anda tanyakan, proses twist yang dilakukan pada mobius strip sebenarnya cukup unik, yakni hanya 180 derajat. Biasanya kekusutan terjadi jika twist dilakukan lebih dari 180 derajat akibat penumpukan yang terlalu banyak (pada 180 derajat hanya 1). Selain itu, jarak antar roda mesin dan kelebaran serta ketegangan pita juga jadi pertimbangan agar tak terjadi kekusutan. Jika perhitungannya tepat, maka mobius strip akan berada di tempat yang telah ditentukan, sedangkan saat kusut adalah ketika mobius strip berpindah kedudukannya. Untuk mencegah hal ini, sebaiknya pita harus tegang dan memiliki kelebaran dan kekakuan tertentu😀

    Comment by pelangiiiii — June 16, 2014 @ 11:09

  3. Terima kasih atas pertanyaannya esther. Ya, memang setiap metode memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Namun untuk kasus yang anda tanyakan, proses twist yang dilakukan pada mobius strip sebenarnya cukup unik, yakni hanya 180 derajat. Biasanya kekusutan terjadi jika twist dilakukan lebih dari 180 derajat akibat penumpukan yang terlalu banyak (pada 180 derajat hanya 1). Selain itu, jarak antar roda mesin dan kelebaran serta ketegangan pita juga jadi pertimbangan agar tak terjadi kekusutan. Jika perhitungannya tepat, maka mobius strip akan berada di tempat yang telah ditentukan, sedangkan saat kusut adalah ketika mobius strip berpindah kedudukannya. Untuk mencegah hal ini, sebaiknya pita harus tegang dan memiliki kelebaran dan kekakuan tertentu😀

    Comment by pelangiiiii — June 16, 2014 @ 11:11


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: