there’s something about geometry + architecture

June 16, 2014

Persepsi

Filed under: Uncategorized — estherwahyuni01 @ 00:01

Persepsi atau proses penerjemahan hal-hal yang ada di sekitar kita memang merupakan hal yang menarik untuk dibahas. Bicara mengenai persepsi, saya teringat sewaktu kecil sering memandangi sprei saat menjelang tidur siang. Sprei yang ketika itu kebetulan bercorak random, membuat saya melihatnya secara berbeda-beda dari waktu ke waktu. Terkadang corak tersebut terlihat seperti karakter Donal Bebek, kadang seperti tumpukan donat, kadang seperti gadis berambut panjang, dan lain-lain.

Berbeda dengan sprei dengan satu motif tertentu yang sudah jelas menggambarkan suatu objek, corak sprei yang dibuat random dan tidak secara tegas mengeksplisitkan satu hal tertentu, seolah memancing imajinasi orang yang melihatnya dan kemudian menerjemahkannya menjadi berbagai macam hal yang berbeda-beda.

Image

Contoh sprei motif random

 

Image

Contoh sprei motif tertentu

 

Contoh lain dari kerandoman visualisasi yang mengundang beragam penerjemahan adalah sesuatu yang mungkin bagi kita semua tidak asing lagi, yaitu bentuk awan. Menghabiskan waktu memandangi awan, membayangkan berbagai macam hal yang muncul di benak kita akibat stimulus dari visualisasi tersebut, mungkin salah satu jenis entertainment tersendiri pada satu (atau dua) dekade yang lalu.

Image

 Awan yang tidak memiliki fixed & exact form

 

Namun, benarkah diperlukan ‘bumbu’ kerandoman visualisasi untuk menghasilkan persepsi yang bervariasi bagi tiap orang? Dikatakan bahwa sebenarnya selain dari informasi yang disajikan suatu benda atau objek di sekitar kita, proses perseptual sebenarnya bergantung pada ekspektasi dan isi pikiran dari masing-masing orang yang melihatnya.

Percakapan sepasang orangtua dalam sebuah film yang saya tonton, cukup menarik perhatian saya. Demikian cuplikannya:

F: Once, I remember, I was watching the twins on the trampoline. You know, one of them had this hula hoop, that she was using as a jump rope. But then the other one wanted it too so they started fighting over it. And all of a sudden, I just saw it all. You know, all this petty and jealously and selfishness. 

M: No, when I see them fight, I see beautiful energy of going forward, not letting anyone step on them, or take away what they want.

Dari percakapan tersebut, terlihat bahwa sebenarnya tidak hanya suatu hal yang random, namun suatu hal natural yang telah jelas (dalam hal ini yaitu pertengkaran di antara saudara) pun dapat diterjemahkan secara berbeda-beda oleh orang yang melihatnya.

 

Bagaimana menurut Anda: sebenarnya ada atau tidak adakah suatu ‘bumbu’ yang diperlukan untuk menghasilkan keragaman persepsi bagi manusia? 

 

Referensi

http://psych-your-mind.blogspot.com/2012/04/friday-fun-its-all-illusion.html

http://www.simplypsychology.org/perception-theories.html

 

1 Comment »

  1. Menarik, membahas suatu persepsi dihubungkan dengan suatu yang sederhana seperti ini. Saya setuju dengan pemikiran di awal, dimana persepsi itu lebih beragam ketika melihat sesuatu yang random. ‘Bumbu’ itu mungkin dapat didapat dari sini. Menurut saya, mengapa muncul banyak persepsi dari sesuatu yang “random”, karena di sana menimbulkan banyak pertanyaan bagi orang yang melihatnya. Oleh sebab itu orang akan berusaha menerka-nerka apa arti dibalik sesuatu yang kurang jelas (random) tersebut. Hal ini yang memicu munculnya banyak persepsi. Sedangkan sesuatu yang sudah jelas, walaupun bisa dilihat dari sudut pandang/persepsi yang berbeda, tetapi tidak menghasilkan banyak persepsi bagi orang yang melihatnya.

    Sebagai contoh lain mungkin terjadi pada kekuatan dari lukisan abstrak. Mengapa para pelukis terkenal dapat menghasilkan lukisan abstrak yang hebat dan bernilai jual tinggi, mungkin salah satu alasannya karena persepsi tersebut. Lukisan tersebut dapat memiliki arti yang berbeda-beda bagi penikmatnya, dan orang diajak untuk menggali persepsinya ketika melihat lukisan tersebut.
    🙂

    Comment by farulivan — June 16, 2014 @ 08:20


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: