there’s something about geometry + architecture

June 16, 2014

Space. Topology, and Human Activity.

Filed under: Uncategorized — ekapradnyanida @ 01:48

Aktifitas manusia tidak lepas dari space yang digunakan untuk beraktivitas.  Manusia mempunyai beragam aktifitas dalam kesehariannya. Beragam aktifitas tersebut memerlukan space yang berbeda mengacu pada jenis aktifitas, pola gerakan, dan banyaknya proses yang terjadi pada sebuah aktivitas. Dan apa kaitannya dengan topologi.

Proses sekuen gerak dari awal sampai akhir aktivitas menarik untuk ditelurusi, bagaimana gerak tersebut membentuk ruangnya. Pola gerak dan ruangmempunyai sebuah pola ruang akibat proses yang terjadi. Ruang yang terbentuk akibat proses mempunyai pola topologi yang menggambarkan pola proses kegiatan untuk membentuk ruangnya.

Saya mengambil contoh sebuah proses membuat omellet. Saya mencoba memetakan proses gerak dalam pembuatan omellet dan tahapannya. Seperti apa ruang yang akan terbentuk?

1

Ada 7 proses memasak omellet dengan aktivitas yang berbeda di setiap prosesnya. Jika dipetakan masing-masing aktifitas per proses, kita akan mendapatkan sebuah pola ruang aktivitas membuat omelet.

 

2

Dari pola ruang tersebut kita mendapat rule proses terbentuknya ruang aktivitas.

3

ternyata masing-masing aktivitas yang kita lakukan memiliki pola ruang yang unik.

 

sumber:

http://svkitchen.com/?page_id=296

Click to access Yoga-and-the-Topology-of-Experience-by-Jim-Berg.pdf

 

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment