there’s something about geometry + architecture

March 19, 2015

Fashion Design Shaped by Basic Geometry [Part. 2 – JEWELS]

Filed under: Uncategorized — rahmaniaalaydrus @ 02:11

Jewels and Geometry

Setelah sebelumnya kita mengetahui bagaimana “bentuk-bentuk” 2D diolah menjadi 3D dan lalu diterapkan kedalam potongan-potongan kain yang kemudian diolah menjadi sebuah pakaian atau DRESS

Di part ini kita tetap akan membahas tentang fashion namun dari segi aksesoris dari fashion. Pengolahannya tetap berdasar pada sifat matematika, ukuran, dan hubungan antar titik, garis, sudut, permukaan, dan volume. Sebuah bentuk permukaan. Sebuah pengaturan fisik menunjukkan bentuk-bentuk geometris atau garis.

“The Future Fashion”

Sama dengan bahasan yang sebelumnya, geometri termasuk “sesuatu” yang menyegarkan dunia fashion. Dengan perancang busana maupn aksesorisnya yang sudah banyak berasal dari berbagai manca negara.

SHAPES

Dalam mendesign sebuah aksesoris, sudut yang terbentuk antar titik dan garis menjadi penting, serta menghasilkan “ruang baru diantaranya misalnya, diantara titik dan garis pembenruk huruf L, V, N, M, Z, dan lain sebagainya, diantaranya terbentuk “ruang-bidang” geometri yang bentuknya mudah dipahami oleh setiap yang melihatnya (spatial understanding).

Dalam rangka untuk merancang aksesoris estetis menarik, geometri digunakan untuk membuat pola-pola menarik. Desainer menggunakan prinsip-prinsip geometri untuk membuat desain baru ini.

The application after exploring a thing

Ini adalah beberapa contoh bentuk-bentuk geometris dasar yangbisa diaplikasikan sebagai accessories template. Adanya simetri dan volume yang diperlihatkan oleh bentuk-bentuk itu memberi sebuah keindahan estetik dan meninggalkan kesan unik dan futuristik bagi yang melihatnya.

“Explore the complexity

Designer mencoba berbagai arah, dan bentuk untuk menggali dan mendapatkan bentuk-bentu baru lagi dan lagi.

Ini adalah beberapa contoh penerapannya sebagai aksesoris/dekorasi pakaian. Sebuah pilihan garis atau bagaimana peletakannya dari suatu bentuk juga berdasarkan pada bentuk geometris dan strukturnya, tetap menerapkan hubungan titik dan garis didalamnya.

Scale and Proportion

Skala mengacu pada hubungan antara dua atau lebih objek, yang memiliki ukuran yang seperti pada umumnya (Ukuran Standard). Dalam kebanyakan kasus, ukuran benda dibandingkan dengan skala manusia kita sendiri. Tanpa pertimbangan skala, khususnya, skala dan proporsi tubuh manusia, kegiatan kita sehari-hari akan lebih sulit.

Berdasarkan pemotongan dan koneksi antar garis dan titik yang kemudian membentuk volume yang dimanipulasi untuk membuat suatu bentuk terstruktur, aksesoris yang dihasilkan memiliki bentuk geometris yang complex namun dengan awal yang sederhana. Garis dan titik dikoneksikan secara dramatis sehingga terbentuk ruang-ruang didalamnya.

Tidak hanya sebagai hiasan/dekorasi pakaian, bentuk-bentuk geometri dasar ini juga diolah dan diterapkan sebagai aksesoris di jari

RAHMANIA ALAYDRUS

Arsitektur Interior 2012

Npm: 1206261964

REFERENSI

http://thevamoose.com/blog/2009/08/jewels-geometry.html

http://www.disegnodaily.com/article/fyodor-golan-and-the-geometry-of-fashion

http://blog.albertaroseeducation.com/2013/03/geometry-in-fashion-design/

http://nga.gov.au/hardedge/

2 Comments »

  1. menurut anda, apakah geometri pada fashion pada akhirnya hanya akan menyentil seputar visual manusia yang membuat maupun yang menggunakannya?

    Comment by deynantiprimalaila — March 29, 2015 @ 02:57

  2. Hai, Deyna! Menurut saya perealisasian geometri kedalam seni-fashion tidak hanya dapat dilakukan secara visual, namun sangat penting untuk menghadirkan keindahan melalui geometri yang juga dapat dirasakan oleh seluruh indra kita. Memang ada hubungannya dengan penerapan geometri dalam fashion yang menciptakan keindahannya secara tidak langsung, namun hal yang terpenting dari pengaplikasian teori geometri kedalam fashion ini adalah bagaimana keterkaitan antara fashion tersebut dengan tubuh manusia (penggunanya) itu sendiri. Menjadi 2 arah, yang melihat dan menggunakan. Penting juga untuk memperhatikan proporsi, karena ini termasuk yang penting dalam menciptakan kenyamanan yang dapat dirasakan oleh pengguna.

    Comment by rahmaniaalaydrus — March 29, 2015 @ 10:24


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: