there’s something about geometry + architecture

March 19, 2015

golden ratio yang menentukan kecantikan wajah wanita

Filed under: Uncategorized — elizasinaga @ 02:00

Timbulnya proporsi wajah yang menentukan cantiknya wanita

Kecantikan ada di mata yang melihatnya dan kecantikan bervariasi oleh ras, budaya atau era. Menunjukkan bahwa persepsi kita tentang keindahan fisik yang menjadi ada dan berdasarkan fitur wajah seseorang tercerminkan dalam proporsi mereka.

Golden Ratio muncul secara luas di wajah manusia, semejak munculnya golden ratio ini semakin dikembangkannya sampai ke proporsi wajah sempurna (kecantikan)

The golden-ratio proportions of the ideal face:

1

Marquardt Beauty Mask

2

Template untuk kecantikan manusia ditemukan di phi dan pentagon.

Dr Stephen Marquardt telah mempelajari keindahan manusia selama bertahun-tahun dalam praktek bedah mulut dan maksilofasial. Dr. Marquardt melakukan survei lintas-budaya pada kecantikan dan menemukan bahwa semua kelompok memiliki persepsi yang sama dari kecantikan wajah. Ia juga menganalisis wajah manusia dari zaman kuno sampai hari modern. Melalui penelitiannya, ia menemukan bahwa kecantikan tidak hanya berkaitan dengan phi, tetapi dapat didefinisikan untuk kedua jenis kelamin dan untuk semua ras, budaya dan era dengan topeng kecantikan yang dikembangkan dan dipatenkan. Masker ini menggunakan pentagon dan decagon sebagai landasannya, yang mewujudkan phi dalam semua dimensi mereka. (http://www.beautyanalysis.com)

3

Wajah Cantik menurut Stephen Marquardt yang diterapkan pada wanita yang menarik; cocok baik wanita Asia, wanita Afrika dan wanita kulit putih.

4

Sesuatu yang menarik. Di antara hitam kulit Afrika, banyak warga Somalia / Etiopia adalah di antara orang negro, tetapi wanita kulit hitam yang ditunjukkan bahkan lebih jauh dihapus dari khas Negro, dan kelihatannya memiliki keturunan Eropa substansial. Demikian pula, wanita Asia memiliki banyak proporsi wajah yang lebih khas kulit putih dan kurang khas Asia.

Referensi :

http://www.goldennumber.net/beauty/

www.beautyanalysis.com/

http://majorityrights.com/weblog/comments/the_facial_proportions_of_beautiful_people

5 Comments »

  1. menarik,cha. saya pernah membaca sebuah artikel tentang instalasi true mirror, yang kemudian membahas tentang hubungan kecantikan dengan kesimetrisan. dipercaya bahwa dengan menggunakan true miror, yang hasil pemantulan bayangan pada kacanya terbalik, akan membuat kita lebih peka dengan ketidak simetrisan pada wajah kita.dan setelah saya melihat artikel ini, khususnya gambarnya, saya menelaah ternyata memang golden ratio yang terbentuk pada wajah wajah orang yang dikatakan cantik memang simetris,dari bentuk hingga ukurannya. menurut icha gimana? ada ketehubungan langsungnya ngga golden ratio sama kesimetrisan?

    Comment by larashintya — March 21, 2015 @ 14:33

  2. ada hubungannya laras,karena dari kesimetrisan itu dapat dihitung angka phi tersebut (0.168) dan bisa mendapatkan keseimbangan (misalnya dari kiri kanan) wajah.

    Comment by elizasinaga — March 28, 2015 @ 19:27

  3. Saya setuju sekali, Eliza! Keindahan memang sangatlah penting, terutama pada wajah. Walaupun makna dari kata indah itu sendiri pun di persepsikan secara berbeda dari tiap-tiap individu. Tetapi saya masih sering mendengar statement “ugly people are beautiful” apakah itu yang disebut sebagai nature beauty? Atau tetap ada hubungannya dengan golden ratio? Mungkin memang ada ketertarikan fisik, terutama wajah yang lebih kompleks dari mata yang melihatnya. Contoh dari hal ini adalah mungkin orang yang sangat menarik menurut sebagian orang, namun tidak semua orang secara pribadi tertarik meskipun mereka mungkin masih bisa mengatakan pada tingkat dangkal bahwa orang tersebut memang menarik. Bagaimana dengan mata yang melihat, eliza? Apakah pandangan mata kita juga sudah terpaku pada golden ratio secara tidak sadar, sehingga kita bisa bilang (Ex: Si A tampan, dan si B jelek) di kehidupan sehari-hari?

    Comment by rahmaniaalaydrus — March 29, 2015 @ 10:16

  4. Hal ini menurut saya sangat menarik, bagaimana golden proportion dikaitkan dengan kecantikan wajah manusia. Namun, saya juga pernah membaca tentang bagaimana vitruvius mempelajari mengenai skala dan proporsi bangunan dan menulis aturan-aturan tersebut di bukunya, Ten Books on Architecture. Kemudian, teori ini dipelajari kembali oleh Leonardo Da Vinci, dan dikomunikasikan kembali dengan ilustrasi Vitruvian Man. Namun, dalam pemahaman-pemahaman Vitruvius dan Da Vinci tadi, mereka mempelajari keindahan dan estetika bangunan dari kesempurnaan proporsi tubuh manusia. Kaitan teori-teori tadi dengan post anda adalah di mana Vitruvius mendapat faham kecantikan dari proporsi manusia, sedangkan pada tulisan anda ini, ide mengenai keindahan dari pertimbangan proporsi, digunakan lagi untuk menilai keindahan dari salah satu bagian tubuh manusia yaitu wajah. Mungkinkah kedua teori ini berkesinambungan atau ada urutan tertentu?

    Comment by anosmen — March 29, 2015 @ 23:43

  5. anosmen = Annisa Fauzia

    Comment by AnnisaFauzia — March 30, 2015 @ 01:04


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: