there’s something about geometry + architecture

March 23, 2015

10 Karya Arsitektur yang terinspirasi dari Matematika

Filed under: Uncategorized — citrawallad @ 00:20

Arsitektur dan matematika, adalah dua ilmu disiplin yang hampir sulit dibedakan di masa arsitektur kuno, karena di masa itu, matematika merupakan pengintegralan arsitektur yang tidak hanya dalam urusan keterbangunannya, namun juga membicarakan bentuk & estetika arsitektur pada zaman itu. Manusia sangat berpedoman kepada kepastian yang sebuah angka berikan. Sehingga arti estetika pun menjadi lebih rigid di masa itu.

Kemudian, bagaimana hubungan antara arsitektur dan matematika di masa kini? masihkah seharmonis di masa kuno? atau telah mengalami perkembangan, sehingga memberikan bentuk kerja sama yang lain?

Jawabannya adalah matematika dapat menjadi inspirasi dalam pencarian form serta pengolahan mekanisme serta ‘rules’ dalam mencari bentuk serta tektonik suatu bangunan.

Berikut akan ditampilkan beberapa contoh karya arsitektur di masa kini yang terinspirasi dari matematika.

MOBIUS STRIP TEMPLE

Salah satu arsitek ingin memodernisasi untuk sebuah kuil di Cina, dan berdasarkan desain diperbarui pada Mobius Jalur – yang juga  untuk melambangkan reinkarnasi. Sebuah bentuk berkelok-kelok yang sama diterapkan pada desain bangunan Buddha. Candi ini bentuk gundukan-seperti yang dikenal sebagai stupa – mirip dengan pagoda – dan puncak menara pusat di mana umat Buddha berkumpul


TETRAHEDRAL-SHAPED CHURCH

Walter Netsch menerapkan konsep Angkatan Udara Amerika Serikat Academy Cadet Chapel di Colorado Springs, Colorado. Ini adalah contoh yang mencolok dan klasik arsitektur modernis, dengan barisnya dari 17 menara dan bingkai tetrahedron besar yang membentang lebih dari 150 meter ke langit. Tetrahedron adalah polyhedron cembung dengan empat wajah segitiga. Pada dasarnya, ini adalah piramida yang kompleks.


PENTAGONAL, PHYLLOTACTIC GREENHOUSE AND EDUCATION CENTER

Cornwall, Eden Project Inggris adalah rumah kaca terbesar di dunia, terdiri dari kubah geodesik yang terdiri dari sel-sel heksagonal dan pentagonal. Bangunan ini menerapkan angka Fibonacci (urutan matematika yang juga berhubungan dengan percabangan, berbunga, atau pengaturan dari hal-hal di alam) dan phyllotaxis (susunan daun) dalam desain.


A MATHEMATICALLY-INCLINED CUCUMBER IN THE SKY

Karya firma arsitektur Foster and Partners yang memiliki tinggi 591-meter, dengan 41 lantai adalah gedung pencakar langit London yang dikenal sebagai The Gherkin (ya, seperti mentimun). Menara modern ini dengan hati-hati dibangun dengan bantuan pemodelan parametrik antara rumus matematika-savvy lain sehingga arsiteknya bisa memprediksi bagaimana meminimalkan angin puyuh di sekitar dasarnya. Meruncing atas desain dan menggembung pusat memaksimalkan ventilasi. Bangunan ini hanya menggunakan setengah energi dari menara lain dengan ukuran yang sama.


EXPERIMENTAL MATH-MUSIC PAVILION

Philips Electronics Company ingin menciptakan pengalaman yang unik bagi pengunjung, sehingga mereka bekerja sama dengan sebuah kelompok internasional arsitek terkenal, seniman, dan komposer untuk menciptakan ruang percobaan. Melalui konsep-konsep yang terinspirasi secara visual yang mengangkat Philips Pavilion menjadi pengalaman yang lengkap di mana orang bisa memvisualisasikan gerakan khusus mereka melalui ruang suara, cahaya, dan waktu. “Poeme Electronique” adalah salah satu karya ditampilkan secara jelas pada saat itu. Bayangkan berjalan ke Philips Pavilion di 1958 Pameran Dunia dan melihat konstruksi paraboloid hiperbolik ini yang asimetris dan  juga ada kabel tegangan baja. Bangunan ini menakjubkan muncul di Expo pertama setelah Perang Dunia II, jadi momen penting yang memungkinkan pencipta untuk memamerkan kemajuan teknologi dunia telah dibuat sejak pertempuran dahsyat.


MODERN MUSIC-MATH HOME

Pemilik rumah, Jim Stewart adalah seorang profesor kalkulus yang menulis buku dan ingin menggabungkan tanda matematika menjadi nama rumah dan desain. Bergelombang kaca dan kayu dinding juga menggemakan bentuk biola. Seorang pemain biola klasik menugaskan eksentrik, $ 24.000.000 dolar rumah yang terletak di tepi jurang Toronto. Melengkung, struktur elegan – yang juga berfungsi sebagai ruang konser yang luar biasa untuk 200 orang – bernama Integral House.


SOLAR ALOGARYTHM WIZARDY

Barcelona Endesa Pavillion menggunakan algoritma matematika untuk mengubah geometri bangunan kubik itu, berdasarkan kecenderungan matahari dan orientasi yang diusulkan struktur itu. Algoritma dapat digunakan untuk membuat bangunan yang sempurna untuk setiap lokasi dengan program komputer yang tepat. Untuk Endesa, pergerakan matahari dilacak di situs sebelum seorang arsitek dari Institut terkemuka Arsitektur Catalonia melangkah untuk melengkapi gambar. Algoritma dasarnya melakukan semua perencanaan untuknya, menghitung bentuk optimal gedung untuk lokasi tertentu.


CUBE VILLAGE

Cube Village, dibangun oleh arsitek Belanda, Piet Blom. Miring, rumah geometris nya – dibangun di atas sebuah jembatan penyeberangan untuk meniru hutan abstrak – dibagi menjadi tiga tingkatan. Atas memiliki jendela di setiap fasad dan terasa seperti struktur terpisah sama sekali.


MAGIC SQUARE CATHEDRAL

Sagrada Familia katedral di Barcelona yang dirancang oleh Antoni Gaudi adalah mimpi seorang matematikawan. Struktur paraboloid hiperbolik ditampilkan menyerupai pringles. Lengkungan catenary (kurva geometris)  juga berlimpah. Katedral ini juga berisi Magic Square – susunan angka yang sama dengan jumlah yang sama di setiap kolom, baris, dan diagonal. Angka ajaib dalam kasus Sagrada Familia adalah 33, yang menyinggung beberapa simbol-simbol agama. Sebagai contoh, Yesus melakukan mujizat yang tercatat 33, dan sebagian besar orang Kristen percaya Yesus disalibkan pada usia 33 tahun di 33 AD


FRACTAL GAS STATION MAKEOVER

Banyak arsitek menerapkan prinsip matematika untuk desain bangunan mereka, seperti ini SPBU Los Angeles yang baru-baru ini “hijau”. Sebuah fraktal adalah bentuk geometris yang terfragmentasi dibagi menjadi beberapa bagian, tetapi masing-masing komponen hanya di-copy berukuran lebih kecil dari bentuk keseluruhan.Semuanya telah dipreteli – termasuk tanda-tanda pengisian stasiun, yang merupakan simbol halus. Dan fasad cermin memperindah sembilan puluh panel surya yang menjadi sumber daya stasiun. Bahan daur ulang dan atap pabrik yang tertutup menyelesaikan masalah ramah lingkungan.


source : http://flavorwire.com/330293/10-amazing-examples-of-architecture-inspired-by-mathematics/view-all

2 Comments »

  1. Sebenarnya saya masih belum mengerti tentang bagaimana prinsip matematika bekerja pada bangunan yang anda sebutkan diatas. Setiap bangunan yang anda sebutkan memiliki mekanisme matematik yang jauh berbeda. Jika anda hanya mengutip kata “Terisnpirasi” sebagai makna menggunakan matematika dalam pengerjaanya, maka hampir semua banguan di dunia harus anda sebutkan disini. Mungkin kedepanya bisa lebih diklasifikasikan lagi menurut bagaimana mekanisme matematik bekerja pada bangunan itu, mungkin dari perhitungan dasar yang hanya menghitung proporsi denah, tampak, dan potongan, atau bahkan menggunakan cara berpikir parametrik, untuk memberikan informasi yang lebih berarti. Terimakasih

    Comment by naufalhendrata — March 23, 2015 @ 06:39

  2. judulnya “10 Karya Arsitektur yang terinspirasi dari Matematika”, tapi disini saya masih belum menangkap magaimana hubungannya dengan matematika. darimanakah desain itu muncul?
    cuma saran, menurut saya, lebih baik membahas 1 desain daripada 10 namun jelas bagaimana hubungan desain tersebut dengan matematika sesuai judulnya dan dari mana desain itu berasal (latar belakangnya).

    Comment by rezqivebra — March 28, 2015 @ 13:43


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: