there’s something about geometry + architecture

March 29, 2015

Geometri Fraktal dalam Batik Tradisional Indonesia

Filed under: Uncategorized — annisayoni @ 20:43
Tags: , ,

Fraktal adalah cabang baru matematika dan seni.  Fraktal menunjukkan bahwa persamaan yang lebih dari sekedar kumpulan angka. Secara umum fraktal bentuknya tidak teratur, merupakan bentuk yang tidak berdasarkan linearitas seperti pada bentuk matematis umumnya, jadi bukan termasuk benda yang terdefinisikan oleh geometri tradisional atau lebih dikenal dengan geometri Euclid. Fraktal memiliki detil yang tak hingga dan dapat memiliki struktur selfsimilarity (serupa diri) pada tingkat perbesaran yang berbeda

Image140

Koch snowflake

sierpinskitriangle

sierpinski.clear

Segitiga Sierspinski

movfractal

Mandelbrot Set

maxresdefault

Fraktal yang terdapat di alam

Indonesia terkenal dengan batik tulisnya yang memiliki motif alam yang unik dan beragam. Pola batik tradisional Indonesia  tersebut ternyata dapat dimodelkan dalam rumus matematika yaitu melalui geometri fraktal. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa batik dengan sample 200 motif batik, memiliki dimensi fractal 1,5.

2101110804batik

Proses batik disebut dengan “mbatik” yang secara etimologi dikenal berasal dari frase Jawa: “amba titik”, yang berarti “menggambar titik”. Akhiran “tik” dapat berarti “titik kecil” dan proses mbatik dapat diartikan sebagai proses penggambaran dengan canthing secara repetitif sedemikian sehingga membentuk garis hingga akhirnya memberi pola tertentu. Unsur repetitif yang mendominasi motif batik tradisional ini akhirnyamemberi pola fraktal yang sangat berbeda dengan pola geometri euclid yang umum dikenal.

batik-jawa

Ornamentasi batik, bukanlah hal yang sederhana, namun merupakan hasil dari proses dan tahapan-tahapan pseudo-algoritmik. Berdasarkan publikasi “Batik: The Impact of Time and Environment” oleh H. Santosa Doellah,  terdapat setidaknya tiga tahapan proses dalam ornamentasi batik, yakni:

  1. “Klowongan“, yang merupakan proses penggambaran dan pembentukan elemen dasar dari disain batik secara umum.
  2. “Isen-isen“, yaitu proses pengisian bagian-bagian dari ornamen dari pola isen yang ditentukan. Terdapat beberapa pola yang biasa digunakan secara tradisional seperti motif cecek, sawut, cecek sawut, sisik melik, dan sebagainya.
  3. Ornamentasi Harmoni, yaitu penempatan berbagai latar belakang dari desain secara keseluruhan sehingga menunjukkan harmonisasi secara umum. Pola yang digunakan biasanya adalah pola ukel, galar, gringsing, atau beberapa pengaturan yang menunjukkan modifikasi tertentu dari pola isen, misalnya sekar sedhah, rembyang, sekar pacar, dan sebagainya.

  Pola batik yang diketahui bersifat fraktal merupakan sebuah fakta  bahwa terdapat perspektif yang ada di kalangan masyarakat dan peradaban Indonesia yang ternyata relatif sama terhadap cara pandang modern yang umum. Hal ini merupakan sesuatu yang penting mengingat fraktal merupakan bentuk pemahaman geometri yang terbaru . Secara sadar atau tidak sadar, batik sebagai sebuah tradisi di Indonesia, yang telah berkembang sejak jaman nenek moyang justru telah mengandung pola pandang yang cukup baru ini, fraktal. Adanya keterkaitan fraktal dan batik menjadi satu hal yang bisa menjadikan batik tradisional untuk menjadi lebih berkembang.

sumber:

http://www.fractal.org/Bewustzijns-Besturings-Model/Fractals-Useful-Beauty.htm

http://classes.yale.edu/fractals/

http://www.crystalinks.com/fractals.html

http://www.bandungfe.net/?go=xpf&&crp=474a1783.

1 Comment »

  1. wah ini menarik banget, dan saya baru tahu kalau ternyata batik yang udah ada dari zaman dulu bisa dibuktikan dengan ilmu pengetahuan yang baru, terus sebenarnya sebelum batik dibuktikan menjadi fractal geometry, apa batik juga sudah disebut sebagai bentuk geometri? selanjutnya, dalam tulisan ini, batik memiliki dimensi fractal 1,5, lalu dimensi tersebut digunakan sebagai apa ya? penggolongan saja, atau ada rumus-rumus matematikanya? terima kasih

    Comment by mufidahfd — March 30, 2015 @ 01:12


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: