there’s something about geometry + architecture

March 29, 2015

Geometry in Ballet

Filed under: Uncategorized — deynantiprimalaila @ 02:37

Tanpa kita sadari, pergerakan balet ternyata memiliki hubungan dengan dunia matematik geometri. Para balerina dan koreografer balet seringkali menggunakan konsep geometri untuk membuat formasi dan memahami koreografi ketika menari.

Pada tarian balet terdapat garis khayal simetri yang terletak di tengah sehingga membagi tubuh balerina menjadi bagian kiri dan kanan. Garis khayal simetri ini dapat membantu balerina untuk mengkoordinasikan gerakan per bagian tubuhnya secara seimbang dan sangat membantu mereka dalam memahami koreografi balet.

Penari balet (www.theballetbag.com)

Penari balet (www.theballetbag.com)

Analisis garis khayal simetri pada tubuh penari balet

Analisis garis khayal simetri pada tubuh penari balet

Pada foto yang memiliki garis khayal simetri ini juga menunjukkan hubungan balerina dengan tanah, seakan-akan balerina menjadi sumbu ordinat sementara tanah yang ia pijak menjadi sumbu aksis dan kedua sumbu tersebut bersama-sama membentuk gerak tarian balet.

Geometri juga dapat dimanfaatkan untuk menyusun formasi dalam berdansa. Kumpulan titik yang diatur secara lurus maupun melingkar dapat menjadikan susunan para balerina menjadi teratur.

Terakhir, geometri dimanfaatkan untuk mendapatkan pose gerak tubuh balerina itu sendiri. Segitiga, persegi, maupun sekadar repetisi-repetisi garis tetap dapat terlihatt ketika balerina menggerakkan anggota tubuhnya dalam menari.

Adanya geometri dan simteri yang terbaca di gerakan dan pose balet dikarenakan naluri manusia yang selalu mencari suatu pola pada apapun yang diterima oleh visualnya. Terkadang balerina menggunakan simetri dan geometri dalam merancang gerakan agar dapat terlihat lebih menarik dan menonjol, sehingga para penonton dapat menikmati setiap menit yang terjadi pada pertunjukan balet.

Referensi:

http://www.rubymala.com/content/geometry/geometry.htm

http://www.bravofact.com/wp-content/

http://www.mathscareers.org.uk/article/symmetry-geometry-dance/

Katarzyna, K (2012). Mathematics in the World of Dance. Bridges 2012: Mathematics, Music, Art, Architecture, Culture, 453-456.

Deynanti Primalaila – Arsitektur Interior – 1206262046

3 Comments »

  1. Yang saya ketahui dan setelah mencari tau unsur-unsur gerak tari balet, shape memang menjadi unsur utamanya. Penari bisa simetris, asimetris, melengkung, memutar, dll.

    “Terkadang balerina menggunakan simetri dan geometri dalam merancang gerakan agar dapat terlihat lebih menarik dan menonjol, sehingga para penonton dapat menikmati setiap menit yang terjadi pada pertunjukan balet.”

    Yang ingin saya tanyakan kepada Deynanti, seberapa intens (mungkin bisa berupa persenan) simetri digunakan sehingga gerakan lebih menarik dan menonjol? Sejauh saya melihat pertunjukkan balet, simetri menjadi based yang dilakukan berulang dan justru gerakan memutar dan asimetris yang membuatnya menonjol (sebagai aksen). Teknik membentuk tubuh asimetris, melengkung, dan memutar apa termasuk dalam suatu kesimetrisan?

    Mungkin maksud Deynanti, simetri membuat suatu tarian lebih mudah dibaca cerita karena mudah ditangkap visual manusia sepertinya. Saya sedikit rancu dengan Deynanti memasukkan kata simetri disana.

    Terima kasih:)

    Comment by farizadear — March 29, 2015 @ 05:23

  2. Menarik sekali, Deyna! Kita sama-sama mengetahui bahwa tari adalah kegiatan ekspresi jiwa manusia yang merefleksikan suatu keadaan dalam suatu moment yang melibatkan gerakan anggota tubuh baik yang teratur maupun yang tidak teratur yang menghadirkan keindahan dengan pengembangan kepekaan akan rasa gerak dan rasa irama. Pada kutipan deyna diatas yang “Pada tarian balet terdapat garis khayal simetri yang terletak di tengah sehingga membagi tubuh balerina menjadi bagian kiri dan kanan” dengan kutipan yang “Garis khayal simetri ini dapat membantu balerina untuk mengkoordinasikan gerakan per bagian tubuhnya secara seimbang dan sangat membantu mereka dalam memahami koreografi balet”. Yang ingin saya tanyakan adalah, apakah garis khayal itu memang ada untuk menghadirkan sebuah gerakan-gerakan dari tarian ballet, atau tarian ballet itu ada sehingga terbentuklah garis khayal yang kemudian dikembangkan menjadi gerakan-gerakan lain didalam tarian ballet? Terimakasih, Deyna🙂

    Comment by rahmaniaalaydrus — March 29, 2015 @ 10:50

  3. Cukup unik tema bahasan yg Deyna ambil:). Namun saya masih rancu dengan kata simetri dalam bahasan diatas. Koreografer terkadang memang menggunakan basic-basic geometri dalam mengatur posisi para penari dalam koreografi yang mereka buat, namun sejauh yang saya tau garis khayal/ simetri tidak selalu digunakan oleh koreografer. Semua kembali lagi kepada ide cerita/ tari yang ingin disampaikan, jadi tidak selalu akan terbentuk garis simetri dalam satu rangkaian gerak/ koreografi.

    Pernyataan Deyna bahwa garis khayal membantu balerina untuk mengkoordinasikan getakan per bagian tubuhnya secara seimbang dan sangat membantu mrk memahami koreografi sepertinya agak rancu. Setiap gerakan balet akan memiliki koordinasi dengan otak, jika kaki kanan yang kebelakang misalnya membentuk gerakan ‘arabesque’ seperti pada gambar pertama, posisi tangan akan berlawanan dengan kaki ‘1st arabeque’, ketika tangan dan kaki dikoordinasikan maka akan mempermudah penari untuk menemukan titik seimbang, dimana titik seimbang itu bukan berada di garis tengah si penari namun di kaki (ball foot) atau di jempol dan akan segaris dengan garis perut mereka/ ‘udel’, disitulah garis khayal seimbang yang sebenarnya. Jadi ada perbedaan yg jauh antara garis khayal keseimbangan dan garis simetri dalam posisi koreografi. Semoga bisa jadi informasi tambahan.

    Comment by nashabahasoean2012 — March 29, 2015 @ 20:45


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: