there’s something about geometry + architecture

March 29, 2015

Komposisi Geometri dalam Fotografi

Filed under: Uncategorized — larashintya @ 22:07

Maraknya penggunaan instagram pada akhir akhir ini, membuat banyak orang lebih memperhatikan pengambilan gambar yang dilakukan olehnya. Kegiatan memotret menjadi sebuah kegiatan yang biasa dan wajar dilakukan walaupun harus sedikit berposisi aneh (misal nyaberdiri bahkan jinjit saat makanan datang di restaurant untuk mengambil perspektif tampak atas) . Pada saat instagram dapat dijadikan ajang pamer oleh seseorang yang memang hoby photograpy atau sering berpergian, bahkan ada juga orang yang membuat gambar fake, yang kemudian diupload di instagram seakan akan dia ada di tempat itu (sering disebut fake-cation). Fenomena instagram ini menunjukan bahwa semakin meningkatnya konsumsi public terhadap media social yang memberikan dampak positive untuk masalah estetika dan menurut saya itu memperlihatkan bagaimana orang orang memandang art,mengapresiasi art yang dilakukan orang lain dan berseni dengan photograpy, namun di balik itu juga banyak efek efek social yang cenderung negatif . Apapun dampak negative yang ditimbulkannya, saya yakin lebih dari 50% dari kelas geometry architecture yang memiliki instagram. Dalam artikel ini, saya ingin membahas bahwa terdapat kaitan antara photograpy dan geometry, yang secara tidak disadari, banyak type foto instagram menggunakan teknik geometry ini.

Memotret dengan baik, tidak akan terlepas dari komposisi objek yang baik dalam frame. Komposisi dapat kita lihat dari geometri dasar , yang secara tidak sengaja atau sengaja membentuk atau terbentuk di sekitar objek foto. Geometri geometri itulah yang dapat kita manfaatkan untuk menjadi bagian di dalam frame.

Secara spesifik, bagaimana cara kerja geometri dalam fotografi?

  1. geometri menjadi “leading line”

leading line yang dimaksud adalah sebuah garis yang membuat mata kita focus dan terah kemana saja urutan kita melihat frame tersebut. Leading line juga membantu keterhubungan antara focus dan background yang dengan leading line dapat diatur untuk menghasilkan sebuah komposisi yang baik dalam sebuah frame .

  1. spatial divider

spasial divider membantu gambar menjadi terpisah (antara objek dan environment/background) yang kemudian antara yang terpisah saling membantu untuk mencapai komposisi yang baik. Tidak secara sadar dapat langsung kita pisahkan dalam sebuah area, namun terkadang area itu sendiri sudah memiliki point of interest yang berpotensi menjadi focus dalam frame. Segitiga sangat baik untuk spasial divider ini

  1. the framing element

bagian ini menurut saya merupakan yang paling banyak dilakukan instagramers, yaitu framing.simple-nya, sesuai dengan namanya “frame” objek objek yang di capture di frame oleh geometri dasar untuk membantu focus mata. Warna, tekstur, dan bentuk dapat menjadi elemenpembentuk framing.

Ketika membahas semua itu, terlihat kaitan langsung antara bagaimana pemanfaat geometri dasar dengan fotografi. Geometri tersebut dalam fotografi,dapat digolongkan menjadi diagonal, lengkung, segitiga dan kurva s

contoh :

diagonal

a b

segitiga

c

kurva s

d

lengkung

e  f

Komposisi dasar geometri tersebut memberikan komposisi dan hasil yang sangat baik. Teknik teknik tersebut mungkin dapat menjadi referensi untuk anda dalam mengambil gambar.

Referensi :

http://digital-photography-school.com/advanced-composition-using-georgraphy/

http://photoinf.com/Golden_Mean/Petteri_Sulonen/Geometry_in_Composition.htm

http://thedigitalphotocoach.com/blog/2011/10/17/geometry-pro-photographers-composition-secret-no-15/

http://www.lightstalking.com/21-clever-uses-of-geometric-patterns-in-photography/

2 Comments »

  1. mau tanya dong, jadi teori komposisi kan ada banyak, terutama dalam fotografi. apakah contoh foto tersebut berhubungan sama rule of third? kalau ada bisa dijelaskan lebih lanjut?

    Comment by rezqivebra — March 29, 2015 @ 22:16

  2. Kayaknya rule of third sendiri merupakan golden proportionnya fotografi veb, belum pernah nyoba itung sih tapi kalo ga salah ada yang pernah bahas hehehehee *numpang bahas ya yas hahah*

    Comment by nisrinameidiani — March 29, 2015 @ 22:41


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: