there’s something about geometry + architecture

March 30, 2015

Geometry in Contemporary Dance

Filed under: Uncategorized — AlishaShabrina @ 07:12
Tags: , , ,

Tarian merupakan cerminan ekspresi manusia yang divisualisasikan melalui gerakan-gerakan yang mencerminkan emosi dan membuat orang yang melihatnya dapat merasakan keindahan baik dari segi visual maupun emosional. Tarian  Tarian dapat berupa cerita dan/atau pesan yang diutarakan dengan secara baik implisit maupun eksplisit dalam gerakan.

Tari kontemporer merupakan gaya tari ekspresif yang menggabungkan unsur-unsur dari beberapa genre tari seperti modern, jazz, dan balet. Tari kontemporer menghubungkan pikiran dan tubuh dan diekspresikan melalui gerakan untuk menunjukan suatu perasaan atau ide. Dalam gerakannya, tari kontemporer terlihat tidak teratur (disordered) dan memiliki perubahan yang tidak terduga dalam ritme, kecepatan, dan arah, namun tetap bergantung pada teknik. Disinilah elemen geometri menjadi sangat penting, karena tanpa itu gerakan terlihat terputus-putus dan tidak disengaja.

Penggunaan geometri dalam tarian

Penggunaan geometri dalam tari kontemporer

Geometri membantu dalam menentukan titik referensi dari unsur tari, khususnya unsur bentuk dalam tarian. Memiliki pemahaman tentang jenis bentuk yang digunakan penari membantu kita untuk menentukan konsep tari dengan geometri yang harus difokuskan pada saat melakukan gerakan.

Bentuk-bentuk geometri yang diaplikasikan ke tubuh manusia melalui gerakan menghasilkan elemen lain berupa ekspresi perasaan yang dapat ditentukan melalui gerakan yang mengacu kepada proporsi dan bentuk tubuh manusia saat melakukan gerakan tari.

Hal tersebut menunjukkan eratnya hubungan geometri dan manusia. Bahwa geometri merupakan unsur penting dalam gerakan dan spasial manusia yang diekspresikan melalui tarian. Kesinambungan antara dua bidang yang berbeda, yakni ilmu pasti geometri dan kebebasan seni. Hal ini dapat dilihat melalui Euclidean Geometri yang mendefinisikan ruang yang terbentuk dari garis, sudut, jarak, arah, dan bentuk.

“Every movement made by a human being, and far back of that, in the animal kingdom, too, has a design in space; a relationship to other objects in both time and space; an energy flow, which we will call dynamics; and a rhythm.”


Book “The Art of Making Dances” by Doris Humphrey

Gerakan manusia membentuk ruang dan memiliki hubungan dengan benda-benda lain, bagaimana kita melihat dan memanfaatkan ruang yang diekspresikan melalui tari. Dalam gerakan tari, terdapat titik awal atau titik akhir yang spesifik. Dalam Geometri Eucledian, satu titik tidak dapat didefinisikan ruang dan ruang harus terus menerus. Dari satu titik terdapat garis tak terhingga (infinite) dan bahwa satu titik dan titik lain tidak akan bertemu sehingga memberikan ide bahwa terdapat ruang yang kontinu. Titik pada ruang menggambarkan kontinuitas dalam gerakan tari yang membuat orang yang melihat gerakan tersebut merasa seolah-olah berada di ruang dan waktu yang kontinu. Hal tersebut diaplikasikan dalam tarian dimana terdapat satu titik yang diikuti garis dengan arah dan jarak yang berbeda yang menghasilkan gerakan-gerakan tari.

Ilustrasi koreografi tarian yang berawal dari titik membentuk garis dengan arah dan jarak yang berbeda

Ilustrasi koreografi tarian yang berawal dari titik membentuk garis dengan arah dan jarak yang berbeda

Uniknya, dari ide geometri Eucledian yang memuat ide bidang datar (planar) dan satu titik tidak akan bertemu dengan titik lain karena planar sehingga garis yang ada menjadi tak terhingga, sebuah tarian dapat mentransformasi sesuatu yang planar tersebut menjadi suau hal yang lebih dinamis yakni geometri Non-Eucledian dimana suatu titik dapat bertemu kembali ke titik awal karena gerakan tubuh manusia dapat membentuk gerakan sirkular yang membuatnya tidak lagi datar.

Dengan demikian, geometri merupakan benang merah antara bidang pasti dan kebebasan karena keterkaitannya yang erat dengan manusia dan hubungannya dengan ruang. Geometri merupakan dasar pemikiran pasti untuk hal yang bersifat bebas, serta merupakan unsur penting dalam kehidupan sehari-hari.

Referensi:

http://educationcloset.com/2012/11/15/the-geometry-of-dance/

http://users.wfu.edu/parslerj/geometry-dance/preprint.pdf

http://www.rcmusic.ca/sites/default/files/dancinggeometry.pdf

http://wesscholar.wesleyan.edu/cgi/viewcontent.cgi?article=2080&context=etd_hon_theses

Cut Alisha S.Z. – 1206263553

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: