there’s something about geometry + architecture

March 30, 2015

Geometry in Sport

Filed under: Uncategorized — jailamuhardila @ 11:31

In What Ways Is Geometry Related to Sports?

Seperti teori Vitruvius yang menyatakan bahwa sebuah bangunan dapat bekerja dengan baik melalui banyak aspek yang harus dianalisa ,yaitu symmetrical and asymmetrical (simetri dan asimetri), order (penyusunan), proportion (proporsi), scale(skala), mass(massa) and design elements (titik,garis, bidang , dan volume), dalam bidang olahraga pun banyak menggunakan aspek geometri dan matematika dalam permainannya.symetri

Elemen geometris pada permainan olahraga terlihat dari :

1. Lapangan Olahraga

lapangan

Dalam arsitektur, simetri dan tidak simetri suatu objek memberi keindahan dan fungsi tersendiri. Dalam bidang olahraga,lapangan simetris dibutuhkan untuk formasi permainan, dapat memudahkan membaca permainan, dan tidak ada yang berat sebelah, contohnya adalah lingkaran di tengah merupakan poros utama untuk memulai permainan.

2. Formasi Permainan

formasi

                                 (Gambar formasi permainan olahraga sepak bola dan bola basket)

Mengikuti metode Cartesian Grid

Setiap permainan yang melibatkan kerja tim membutuhkan penyusunan (order) dalam menyusun strategi permainan agar menang. Setelah diperhatikan, ternyata formasi tim dari tiap permainan serupa dengan sistem grid Cartesius yang menyebutkan jika setiap grid itu menunjukan posisi suatu objek yang dalam dunia arsitektur itu adalah dalam hal penamaan jalan. Dalam olahraga,posisi tersebut ditandai dengan penomoran pemain sesuai dengan perannya. Urutannya adalah dari gawang menuju ke tengah merupakan urutan terbesar sampai terkecil. Pola formasi jika ditarik garis juga dapat menghasilkan banyak pola geometri.

3. Gesture Ketika Bermain

cara main

ANGLE

Sudut-sudut tertentu untuk menendang  bola merupakan tingkat kekuatan yang dapat menentukan kecepatan bola melesat setelah ditendang. Sudut tangan pemain bola basket juga menentukan apakah bola dapat melesat tepat masuk ke dalam ring basket tanpa meleset. Posisi tangan yang salah (Apakah kurang diangat atau kurang lurus terhadap ring basket) memberi kemungkinan kecil untuk bola masuk. Beridir dengan sudut yang benar dalam permainan tenis juga merupakan kekuatan.

4. Tools untuk Bermain

tools permainan

Banyak sekali elemen geometri yang dapat ditemukan dalam permainan olahraga. Mengapa harus dengan bentuk yang balance? Olahraga membutuhkan kecerdasan yang jika alat yang digunakan hanya memiliki 2 titik seimbang (kiri kanan/atas bawah), titik kelemahan lawan akan lebih mudah diketahui (easy observe/define).Ini berkaitan juga dengan sensory manusia. Penggunaan konsep intersect (perpotongan garis) juga merupakan metode untuk mengalahkan lawan.

5. Objek dalam Permainan

bola

Bentuk bola kaki adalah semi-sphere yang sudah dipastikan menggunakan elemen geometri. Elemen geometri bola bersifat moveable dan aktif.

Dapat disimpulkan bahwa unsur geometri, entah itu 2D atau 3D sering kita jumpai di kehidupan sehari –hari , khususnya di dunia olahraga. Bentuk elemen geometri membuat suatu objek seimbang , memudahkan, dan terlihat rapi. Geometri memunculkan perhitungan khusus yang membuat prediksi-prediksi dalam permainan menjadi presisi yang diharapkan dapat menjadikan salah satu team menang dan permainan pun memiliki rules yang utuh (tidak asal).

Sumber :

Vitruvius  on Ten Books on Architecture,OXFORD UNIVERSITY PRESS : 1914

http://www.academia.edu/1748378/2010_-_Pengantar_Arsitektur_Teori_Vitruvius_Firmitas-Venustas-Utillitas_

http://www.wikihow.com/Apply-Math-and-Geometry-in-Basketball

http://www.ehow.com/info_8599210_ways-geometry-related-sports.html

http://www.slideshare.net/nickygisdabomb/geometry-in-baseball

https://prezi.com/w_zms6ilnydj/geometry-in-sports/

http://www.washingtonpost.com/wp-dyn/content/article/2010/03/15/AR2010031502017.html

by : Jaila Muhardila

Arsitektur Interior. 1206243980

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: