there’s something about geometry + architecture

March 30, 2015

PARACHUTE SKYDIVING The Alternatif for Moving

Filed under: Uncategorized — diahoktaffenti @ 08:29

Sekarang tak hanya menyelam ke dasar laut atau hanya untuk sekedar menyeberangi perairan. Skydiver atau yang lebih dikenal dengan terbang-layang ini juga bisa menjadi pilihan alternative untuk mencapai suatu area tanpa harus melewati jalur-jalur kemacetan dan tidak memakai bahan bakar saat pendaratan atau mencapai suatu tempat tujuan.

gty_gary_connery_thg_120523_wblog

http://abcnews.go.com/blogs/technology/2012/05/video-skydiver-lands-safely-without-parachute-from-2400-feet/

Jakarta, merupakan kota metropolis yang segera menjadi megapolitan dengan adanya ekspansi ke arah utara teluk jakarta. Tentu kota ini akan semakin rumit dengan banyaknya tuntutan kebutuhan akan jalur-jalur efektif dan efisien untuk melintasi antar area. Perpindahan tersebut dituntut untuk menghemat ruang dan waktu. Sudah ada beberapa jalur-jalur alternative yang terus dikembangkan dan dibangun di setiap megapolitan agar menjadi Smart City. Beberapa diantaranya seperti; jalur-jalur transportasi masal, jalur transportasi bawah laut, dan sekarang juga tengah dikembangkan beberapa alat dan cara dari jalur udara, baik transportasi masal maupun yang lebih independent.

Berikut ulasan dari pengguna atau atlet Skydiving:

Stuntman  Gary Connery  plummeted from 2,400 feet — without a parachute — and landed completely unscathed in the middle of more than 18,000 cardboard boxes in Buckinghamshire, England, today. Connery became the first person to jump out of an aircraft  wearing only a wingsuit and land without a parachute, the jump organizers said. After exiting the helicopter, Connery, 42, reached speeds of 80 mph and then slowed to 50 mph before hitting the boxes. The jump lasted about 50 seconds. “I feel incredible, just completely elated,” said Connery. “I have been training and planning for this record attempt for many years now, and I am so proud to have achieved a world first.”

Hal yang menarik untuk dibahas kali ini ialah jalur lintas udara yang bisa dilakukan secara mandiri atau individual, yaitu Skydiver. Salah satu jenis Skydiving yang unik ialah Parachute Skydiving, cara ini unik karena mirip dengan cara terbang atau perpindahan yang dilakukan oleh binatang lemur. Bagian bawah lengan hingga samping kaki bagian atas terdapat semacam selaput atau lapisan yang dapat menahan dan mengontrol udara yang bergesekan dengan tubuh saat akan berpindah dan mendarat atau biasa disebut wing suit. Bagian menariknya, Parachute Skydiving tidak menggunakan parasut besar yang mengembang dan menggantung di atas selama pendaratan, sehingga hal ini dapat mengurangi produksi alat yang memakan biaya, membuat polusi dan menghabiskan tempat untuk proses penggunaan dan penyimpanannya.

Selain itu, Parachute Skydiving juga dapat menantang adrenalin penggunanya, maka jika para pengguna mempunyai keberanian untuk melihat area luas dari ketinggian yang sering dilintasi oleh pesawat atau jalur transportasi udara yang melintasi di beberapa kerapatan udara atau atmosfer yang berbeda dari langit, maka hal ini akan dapat menjadi sebuah aktifitas perpindahan yang menyenangkan dan efektif. Pertanyaan yang sering muncul ialah, apakah aman untuk menggunakan cara atau jalur perpindahan semacam ini? Hal ini juga perlu diperjelas dengan adanya beberapa lisensi dan jaminan dari instruktur yang harus melatih penggunannya agar mahir dan pengguna juga perlu lulus uji terbang atau mendapatkan lisensi yang layak.

we1

Kembali mengenai mekanisme terbang Skydiving, yang terjadi pada saat terbang yang terjadi adalah adanya proses pertahanan dan pergesekan dari lapisan parasut terbangnya dengan kerapatan udara yang ada di atas. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan Force dari potensi gaya terbang dan Motion yang dilakukan oleh pengguna untuk mengontrol arah terbang dan mendarat.

2 Comments »

  1. Perpindahan / pergerakan yang lebih sering dilakukan adalah perpindahan di ruang 2 dimensi (di permukaan), seperti: perpindahan materi / barang, manusia, energi dsb; perpindahan / pergerakan di ruang 3 dimensi (ruang di atas permukaan) masih jarang dilakukan pada kehidupan sehari-hari, hanya terjadi pada skala besar, seperti: pergerakan informasi (gelombang radio / wi-fi yang merambat di udara) dan tranportasi massal di udara (pesawat terbang).
    Berhubungan dengan arsitektur, memanfaatkan ruang 3 dimensi (ruang di atas permukaan) untuk perpindahan / pergerakan memang dapat menghemat ruang 2 dimensi (di permukaan), seperti bangunan tinggi yang dapat mewadahi perpindahan / pergerakan materi-materi di dalamnya secara 3 dimensi.
    Menurut saya pemanfaatan ruang 3 dimensi membutuhkan ‘effort’ yang besar, karena pada dasarnya melawan gaya gravitasi (lemur-pun butuh energi untuk memanjat ke tempat yang lebih tinggi dahulu, baru dapat melakukan perpindahan seperti yang disebutkan). Jadi harus diperhitungkan hubungan antara energi yang diperlukan untuk dapat memanfaatkan ruang 3 dimensi dan ke-efektif-an dan ke-efisiensi-an perpindahan yang direncanakan.

    Comment by aldofeandri — April 9, 2015 @ 13:25

  2. menurut saya……prinsipnya sama dengan prinsip pesawat terbang…yaitu menjaga keseimbangan dua sayap. Dalam hal ini sayap dibentuk oleh tangan dan kaki yang direntangkan. Agar keseimbangan terjaga..maka ada bentuk segitiga yang dibentuk antara ujung tangan, ujung kaki serta pangkal lengan (ketiak). Bentuk segitiga inilah yang menentukan keseimbangan. Maka para pengguna PARACHUTE SKYDIVING akan membayangkan bentuk segitiga yang sama di kedua sisi lengan mereka. Namun mungkin saja bentuk segitiga tersebut akan berbeda satu dengan lainnya jika mereka akan menukik atau berbelok. Karena pada saat itu keseimbangan akan berubah dan menentukan arah perjalanan selanjutnya.

    Comment by ranynasir — April 12, 2015 @ 19:19


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: