there’s something about geometry + architecture

May 31, 2015

Mobius Staircase..

Filed under: Uncategorized — bimantya @ 21:40

Secara definisi Mobius adalah sebuah obyek topologis yang hanya memiliki satu sisi atau permukaan dan satu komponen perbatasan, ditemukan secara bersamaan namun tidak berhubungan satu sama lain oleh dua matematikawan Jerman August Ferdinand mobius dan Johann Benedict Listing pada 1858.

Mobius adalah sebuah model yang dapat dibuat dengan mengambil strip kertas dan kemudian drgabung dengan ujung strip bersama untuk membentuk lingkaran. Sifat Mobius strip dilihat dari sebuah garis yang ditarik mulai dari lapisan bawah tengah akan bertemu kembali di jahitan tetapi pada “sisi lain”. Jika terus baris akan bertemu titik awal dan akan menjadi dua kali panjang strip asli. Ini kurva kontinu tunggal menunjukkan bahwa Mobius strip hanya memiliki satu batas.

250px-mc3b6bius_strip pita mobius

gambar pita mobius

Secara sederhana Mobius ini dapat diterapkan dengan mengambil strip kertas dan kemudian digabung dengan ujung strip bersama untuk membentuk lingkaran. Sifat Mobius strip dilihat dari sebuah garis yang ditarik mulai dari lapisan bawah tengah akan bertemu kembali dalam suatu lingkaran pita yang memiliki sisi di mana sisi atas dan bawah saling berhubungan sehingga tercipta looping dengan cara diputar (twist) yang disebut dengan Pita Mobius.

 

Apa yang menarik dari pita Mobius ini ?

Dapat dibayangkan apabila sisi tersebut sebagai suatu permukaan yang berbatas namun tidak punya batas di sisi itu sendiri. Walaupun garis yang kita buat adalah garis lurus, namun kita bisa membuat garis lurus yang tidak akan menyentuh batas.

escher

Hal ini memberikan ide, bahwa bisa saja suatu tempat terbatasi garis, namun permukaannya tak terbatas.

Sama saja dengan, suatu tempat terbatasi permukaan, namun ruangannya tak terbatas dan suatu tempat terbatasi ruang, namun ruang-waktunya tak terbatas.

Sudah bingung belum, Sob?

Daripada bingung, mari kita lihat penerapannya yang dapat diamati dan dinikmati di kehidupan, salah satu contohnya adalah permainan roller coaster. Gak perlu dijelaskan apa itu roller coaster khan? Tentunya bukan makanan apalagi minuman =D

Yaa, permainan layaknya kereta yang melaju di jalur yang meliuk-liuk dan kadang juga berputar dan pasti bikin jantungan. Pola jalur (rel) ini mengikuti pola dari pita Mobius dimana kereta bergerak dalam satu looping line yang menyambung tanpa terputus. Pola jalur yang terbentuk bisa beragam, ada yang diputar sampai diplintir namun tetap pada prinsipnya yaitu jalur tersebut tidak terputus.

Sejenak tinggalkan roller coaster, beberapa tahun silam salah satu arsitek dari jerman mencoba untuk menerapkan prinsip tersebut dalam suatu karya arsitektur. Heike Mutter + Ulrich Genth membuat sculpture, mungkin bisa saya sebut dengan “monument” yang berbentuk jalur layaknya jalur rel roller coaster namun jalur ini bukan dilalui oleh kereta melainkan berbentuk seperti tangga yang mempunyai step sehingga dapat dinaiki oleh manusia sampai ke titik puncak. Bedanya dengan jalur roller coaster adalah pada monument ini tidak semua jalur dapat dilalui karena tidak memungkinkan manusia melewati tangga yang melawan gravitasi sehingga terdapat beberapa step tangga yang dibiarkan begitu saja tanpa memenuhi fungsi sebenarnya.

Tiger & Turtle | Tiger & Turtle Tiger & Turtle | Tiger & Turtle Tiger & Turtle | Tiger & Turtle

Bentuk “monumen” seperti jalur rel roller coaster

jalur yang dapat dilalui oleh orang karena terdapat step tangga, sekedar untuk merasakan sensasi maupun mengamil gambar panorama, namun ada beberapa bagian yang tidak dapat dilalui terutama pada bagian yang memutar ke atas dan ke bawah.

 

 

foto dari kejauhan seperti pita yang diputar,  diplintir

 

sumber :

http://www.archdaily.com/186373/tiger-turtle-magic-mountain-heike-mutter-ulrich-genth/

http://www.cut-the-knot.org/do_you_know/moebius.shtml#

http://en.wikipedia.org/wiki/M%C3%B6bius_strip

1 Comment »

  1. padahal menarik ya kalau seandainya user benar-benar bisa merasakan pengalaman seperti semut yang berjalan tidak putus-putus. mungkin ada baiknya post-an ini dilengkapi dengan skema sirkulasi yang menunjukkan sejauh apa manusia yang menggunakan instalasi tersebut merasakan mobius strip, apa saja yang bisa mereka lewati dan apa yang tidak..

    Comment by mufidahfd — June 19, 2015 @ 21:22


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: