there’s something about geometry + architecture

June 13, 2015

Kota Masa Depan Doraemon

Filed under: Uncategorized — nisrinameidiani @ 16:59
Tags:

Masa depan merupakan hal menarik yang selalu diprediksi dan dibayangkan. Setiap ahli mencoba untuk memprediksi seperti apakah alam pada masa depan, cuaca, bentuk transportasi hingga bentuk kota dan rumah yang ditinggali.

Salah satu bentuk prediksi masa depan juga terlihat pada pembuatan kota pada kartun masa kecil yang masih sangat digemari saat ini, Doraemon. Dalam film animasi yang menggambarkan baik masa kini maupun masa depan tersebut, terlihat beberapa perubahan pada kota tempat Nobita tinggal.

Kota Jepang tempat Nobita tinggal pada masa kecilnya memperlihatkan bentuk-bentuk geometri sederhana. Rumah-rumah besar maupun kecil terlihat dengan bentuk kubus yang ditutupi dengan atap-atap segitiga, gedung sekolah terbentuk dari kumpulan kubus-balok yang membentuk ruang.

Screen Shot 2015-06-13 at 4.36.51 PM

Hal ini memperlihatkan memori yang dimiliki oleh sang komikus yang juga berdomisili di Jepang. Seperti yang kita ketahui, Jepang memiliki tantangan akan lahan yang dimilikinya, sehingga mereka harus berusaha untuk memecahkan masalah tentang pembangunan. Bentuk dasar dirasa merupakan bentuk yang lebih baik untuk mengefisiensikan ruang yang ada, dengan itu mereka dapat menghemat tempat dan mengatasi masalah. Karena itulah terlihat pada film-film Doaremon di abad 20 skyline kota Jepang seperti kubus yang tertata.

Screen Shot 2015-06-13 at 4.39.16 PM

Namun, seiring dengan perkembangan zaman, hal ini mulai berubah. Kota tidak lagi melihat bahwa keterbatasan lahan menjadi masalah dari berkembangnya kreativitas bentuk, sehingga bangunan-bangunan di dalam kota mulai menaikkan levelnya. Dalam film Doraemon di abad 21, terlihat bahwa bangunan-bangunan memiliki ketinggian yang berbeda. Dengan perkembangan teknologi, manusia mencoba untuk menghemat lahan dengan cara menaikkan bangunan-bangunan, jalan bahkan taman ke level yang lebih tinggi.

Screen Shot 2015-06-13 at 4.42.53 PM

Dengan adanya ruang yang lebih bebas, bentuk-bentuk pun mengikuti perubahan tersebut, yang tadinya hanya memiliki bentuk geometri dasar justru berubah menjadi bentuk kompleks yang lebih beragam dengan lekuk dan tak bersudut.Screen Shot 2015-06-13 at 4.43.12 PM

Tentu saja hal ini masih merupakan kota utopia yang ada dalam imajinasi komikus sendiri. Namun, bermimpi dan berimajinasi tentang kota masa depan memang selalu menyenangkan. Dengan sedikit inovasi dan kemajuan teknologi, akankah Kota Doraemon benar-benar terwujud nantinya?

1 Comment »

  1. Pengggambaran kota masa depan doraemon cukup menarik. Namun yang ingin ditanyakan adalah, mengapa ruang menjadi lebih luas? Padahal sebenarnya luasan Jepang tidak berubah di abad ke 20 hingga 21. Apakah hanya dengan bangunan vertikal saja/ menaikkan bangunan serta elemen lainnya merupakan satu-satunya cara untuk menghemat lahan? Bagaimana dengan lahan dibawahnya? Apakah hanya akan menjadi jalan saja tanpa bangunan karena semuanya sudah dinaikkan? Bagimana menurut Anda? Apakah itu artinya, dalam kota Doraemon di masa depan manusia tidak akan bisa menikmati Ground view, melainkan hanya skyline view karena semuanya sudah diangkat keatas?

    Comment by nashabahasoean2012 — June 18, 2015 @ 16:43


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: