there’s something about geometry + architecture

June 20, 2015

BUTTERFLY TRANSFORMATION

Filed under: Uncategorized — achastex @ 12:16

Kupu-kupu atau butterfly merupakan serangga yang tergolong ke dalam ordo Lepidoptera atau serangga bersayap sisik. Daur hidupnya yang dimulai dari telur hingga kupu-kupu dewasa tergolong sangat singkat, yaitu sekitar seminggu hingga hampir setahun, tergantung dari spesiesnya. Salah satu spesies yang paling umum dikenal adalah Monarch Butterfly atau Danaus plexippus atau Kupu Kupu Raja.

Sepanjang daur hidup kupu kupu, ada tiga fase yang menarik untuk diamati, yaitu fase caterpilar (ulat), fase chrysalis (kepompong) dan fase butterfly (kupu kupu). Pada ketiga fase tersebut, kupu kupu mengalami proses transformasi natural yang sangat menakjubkan. Secara sederhana berdasarkan KBBI, transformasi dapat diartikan sebagai perubahan rupa baik bentuk, sifat, fungsi dan sebagainya.

Dari hasil pengamatan, transformasi yang terjadi pada kupu kupu ini menggunakan 4 metode, yaitu rotation, translation (displacement), dilation (scaling) dan composition. Lebih detailnya lagi terjadi banyak deformation dan discoloring & pattern changing selama proses transformasi ini. Apabila mengacu kepada Thompson dalam On Growth of Form, terjadinya perubahan form ini lebih bersifat biologis (interiority) di mana perubahan tersebut dilakukan dari dalam tubuh atau oleh dirinya sendiri.

Kesimpulan:

Jika dikaitkan dengan spasial, maka dapat dikatakan bahwa rotation menyebabkan hubungan antar ruang berubah, dilation membuat jarak antar ruang berubah menjauh atau mendekat, composition mampu membuat perubahan pada fungsi ruang, sedangkan translation/displacement dapat menyebabkan tampilan luar atau fasad suatu objek berubah. Dengan kata lain, metode transformasi ini dapat menyebabkan perubahan hubungan, jarak dan fungsi antar ruang, serta tampilan keseluruhannya, namun masih menyisakan sedikit karakter aslinya. Satu satunya metode yang tidak dapat ditemukan pada proses transformasi ini adalah reflection.

Secara sederhana, transformasi kupu kupu dari fase caterpilar hingga fase butterfly dapat digambarkan dalam diagram berikut ini:

Blog 2-2

DAFTAR PUSTAKA

Harjoko, Triatno Y.. Panduan Meneliti dan Menulis Ilmiah. Fakultas Teknik Universitas Indonesia: Departemen Arsitektur, 2005.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online di http://www.kbbi.web.id/

Lyttle, Ron. Misi yang Tak Mungkin: Kupu-kupu Monarch, dalam www.creationism.org/ yang diakses pada tanggal 25 Mei 2015.

Partridge, Eric. Origins: A Short Etymological Dictionary of Modern English. London and New York: Routledge, 2006.

Thompson, D’Arcy. On Growth of Form. Cambridge, 1942.

Wikipedia Bahasa Indonesia. Kupu-Kupu, dalam www.wikipedia.org/ yang diakses pada tanggal 11 Mei 2015.

William, James. Proses Metamorfosis Kupu-Kupu, dalam www.jendelasarjana.com/ yang diakses pada tanggal 31 Mei 2015.

ikut ini:

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: