there’s something about geometry + architecture

March 24, 2016

Bend The Lego!

Apa itu Geometri? Pertanyaan yang mungkin sudah pernah dilontarkan saat kita masih di bangku SD, SMP atau bahkan di kuliah. Kata geometri yang terlintas di dalam pikiran mungkin kebanyakan akan langsung berpikir cara mencari luas atau volume suatu bentuk. Atau cara mendapatkan proporsi di suatu bangunan dari bentuk geomerti yang euclid (bidang datar: persegi, segitiga, dan lain-lain) atau bentuk geometri yang lebih rumit  atau sering disebut dengan non-euclid, yaitu oval, hiperbola, lingkaran, parabola.

           1811

(referensi: google.com)

Untuk mendapatkan non-euclid geometri salah satu caranya adalah dengan menggunakan Riemannian Geometri, mencari bentuk dalam bentuk bola.

curvedspace

Geometri tidak hanya ditemukan di pelajaran matematika namun di segala sisi kehidupan yang dijalankan sehari-hari oleh manusia. Menonton film, mendengarkan musik, melihat wajah seseorang, bahkan lego mainan anak-anak juga menggunakan geometri sebagai bentuk dasar untuk menjalankan permaiannya. Keajaiban Lego pun bisa menciptakan bentuk non-euclid geometri. Ditemukan oleh Jeff Sanders, seorang ayah berwarganegara Amerika Serikat memiliki seorang anak perempuan menemukan bentuk lego yang tidak biasa hanya saat menemani anaknya bermain. Lego saat disusun panjang akan menemukan titik dimana perpanjangan bentuk itu memiliki suatu fleksibilitas yang akhirnya dapat menekuk atau menciptakan bentuk lengkung.

LEGO-Geometric-Shapes-by-Jeff-Sanders

Dari bentuk lego yang sederhana dapat menciptakan suatu bentuk yang lebih kompleks namun seru guna mengetahui cara bermain lego yang lain. Akibat dari lego yang tidak menggunakan teknologi seperti game console untuk bermain sehingga memicu untuk berpikir kreatif, bentuk non-euclid ini pun ditemukan di dalam Lego.

Lego yang ditumpuk menciptakan lekukan11334016384_8d834f6e5e_b

Berikut video Jeff Sanders mengajarkan anda untuk melakukan Brick Bending.

 

 

Cut Maulidia Rahmatia Meudi

1306413706

 

Referensi:

Youtube= https://www.youtube.com/watch?v=Bnge541udw8

Brick Bending – making LEGO circles & more

http://news.discovery.com/tech/bend-lego-bricks-learn-non-euclidean-geometry-110715.htm

http://www.wired.com/2011/06/brick-bending-a-new-twist-on-lego-building

http://www.quickanddirtytips.com/education/math/what-are-euclidean-and-non-euclidean-geometry

http://www.themarysue.com/bendable-lego-geometry/

 

 

2 Comments »

  1. Saya tertarik dengan pembahasan tentang lego ketika dijadikan sebagai media untuk mengasah kreativitas anak-anak. Anda menyebutkan bahwa lego tersebut memiliki bentuk Non Euclid. Pertanyaan saya apakah semua akibat yang ditimbulkan dari penyusunan lego akan berbentuk non euclid? atau ada kemungkinan lain dari perbedaan perlakuan lego tersebut ketika dipasang berpengaruh terhadap bentuk akhir yang diciptakan?

    Comment by dindaagithawuri — March 26, 2016 @ 20:52

  2. pembahan anda menarik sekali dimana dapat dibuktikan bahwa lego yang kita tahu selama ini lebih bersifat kaku dapat di bending dan menghasilkan visual yang lebih fleksibel. namun saya ingin bertanya, apakah fungsi yang lebih mendalam ketika kita mengetahui bahwa lego bisa bersifat fleksibel? dan apakah terpacu menjadi kreatif hanya dengan bentuk non-euclid pada lego, apakah dengan bentuk lego yang kita ketahui bersifat kaku tidak dapat memberikan rasa terpacu untuk menjadi kreatif? terima kasih

    Comment by fitriauliacp — March 27, 2016 @ 18:01


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: