there’s something about geometry + architecture

March 27, 2016

Biomimikri dalam Geometri Arsitektur, Kebebasan yang Teratur

Filed under: nature and architecture — rmgulam @ 11:42

Biomimikri adalah sebuah pendekatan untuk menciptakan sebuah inovasi  untuk mencari solusi untuk mejawab tantangan yang dihadapi manusia dengan cara meniru pola yang sudah ada dan teruji di alam. Tujuan dari biomimicri adalah untuk mecapai sebuah produk, proses dan cara-cara yang baru untuk kita hidup dan beradaptasi di bumi dalam jangka waktu yang panjang.

“When nature has work to be done, she creates a genius to do it.”  Ralph Waldo Emerson

Biomimikri sudah ada sejak dahulu, saat Wright bersaudara menciptakan pesawat pertama, saat Da Vinci merancang mesin terbangnya, semua itu terinspirasi dari alam.  Hal ini membuktikan bahwa alam berlangkah-langkah lebih maju dari kita dan teruji.

bimimicry4

bimimicry3

Dalam sebuah jurnal  yang ditulis oleh Widyanto hartono (arsitektur.net, 2007 vol 1 no. 1), yang berjudul Geometri Sebagai Kebebasan Bentuk. Didalam jurnal itu dia mensarikan kata-kata Coop Himmelb(a)au dan berpendapat goemetri adalah terikat dengan aturan-aturan, namun hasil akhirnya adalah sebuah bentuk (form) yang bebas.

Bagaimana jika kita menggunakan aturan yang sudah ada di alam dalam arsitektur?

bimimicry

Gambar 2 : kumbang penangkap embun Naminia mencari air ditengah gurun

Melihat gambar diatas, tentunya kta bertanya bagaimana caranya?

Caranya adalah kumbang tersebut keluar dimalam hari dan naik ke puncak gundukan pasir. Tubuhnya yang berwarna hita berfungsi membuang panas tubuhnya dan membuat suhu udara yang ada disekitarnya menjadi lebih dingin. Saat angin lembab bertiup dari laut, kita akan mendapat bitiran air yang terikat di sayap kumbang tersebut. Sesaat sebelum fajar, kumbang tersebut mengalirkan air dari sayapnya menuju kemulut untuk diminum. Kemudian kumbang tersebut akan bersembunyi kembali sepanjang hari.

Suatu meanisme bertahan hidup yang sangat menakjubkan. Namun tidak hanya itu, ternyata jika kita melihat lebih teliti ke sayap kumbang tersebut, ternyata sayap kumbang itu memiliki tonjolan yang bersifat hidrofil (mengikat air) dan ada bagian yang terbat dari lilin yang menolak air. Efeknya adalah air tetap dalam bentuk butiran bulat yang memungkinkan air tersebut tersalurkan secara efektif ke mulut.

bimimicry1

Gambar 3: proses penangkapan air

Jika kita mengaplikasikannya dalam dunia arsitektur, maka tentunya kita bisa lebih efisien dan lebih hemat dalam masalah air.

bimimicry2

Gambar 4: rumah kaca pesisir laut karya Michael Pawlyn

Jika kita bicara mengena segi bentuk (form) kita akan mendapatkan form yang lebih variatif dan fungsionaldari sistem yang bekerja untuk menangkap air di kumbang tersebut. Lengkungan yang terbentuk bukan cuma sebuah estetika, namun memiliki fungsi.

Banyak contoh bangaimana alam bisa mengajarkan kita bagaimana mengatasi sebuah masalah arsitektural yang berkaitan dengan kehidupan manusia. Seperti bagaimana pengaplikasian jaring laba laba yang sangat kuat dari segi ukuran banding kecepatan angin yang menerpa, atau struktur tulang yang sebenarnya berpori namun pori tersebut yang ukurannya tidak sama justru membuat tulang semakin kuat, atau bagaimana kupu-kupu biru yang tidak mempunyai pigmen bisa mengahasilkan warna biru disayap.

Jika kita kealam kita akan merasa bebas, melihat bentuk alam yang dinamis dan bervariasi. Akan tetapi semua kebebasan dialam tersebut memiliki aturan masing-masing yang menyesuaikan satu sama lain. Banyak yang sudahmengaplikasikannya  dalam arsitektur, contohnya Beijing National Stadium yang meniru form sarang burung yang seakan tidak teratur, namun sebenarnya memiliki aturannya sendiri. Belajar dari aturan alam, kita bisa mendapat sebuah bentuk yang bebas, namun tetap memiliki aturan.

oleh: R M Gulam Nurul Imam/1306413694

http://www.brainyquote.com/quotes/quotes/r/ralphwaldo165478.html?src=t_nature

http://arsitektur.net/57/volume-1-no-1-geometri-dalam-arsitektur-membebaskan-atau-mengikat/

https://biomimicry.org/what-is-biomimicry/#.VvdKjuJ9600

2 Comments »

  1. Terdapat suatu pernyataan yang menarik. “Geometri adalah terikat dengan aturan-aturan. Namun hasil akhirnya adalah sebuah bentuk form yang bebas”. Bagaimana cara anda mendefinisikan bentuk form yang bebas? Apakah menggunakan metode ini akan selalu menghasilkan bentuk form yang bebas atau malah ternyata hasilnya merupakan sesuatu hal yang opsional?

    Comment by lisarahmadhaniutami — March 27, 2016 @ 19:07

  2. pembahasan biomimikri arsitektur ini menarik karena sedang banyak diaplikasikan pada arsitektur kontemporer era digital saat ini. “Jika kita kealam kita akan merasa bebas, melihat bentuk alam yang dinamis dan bervariasi. Akan tetapi semua kebebasan dialam tersebut memiliki aturan masing-masing yang menyesuaikan satu sama lain.” terkait pernyataan tersebut bentuk yang memiliki aturan seperti apadalam sebuah desai arsitektur yang dapat didefinisi sebagai bentuk yang dinamis dan juga bebas seperti pernyataan lainnya pada tulisan anda di atas? apakah ada kaitannya dengan bentuk non-euclidean?

    Comment by ameliacarolina — March 27, 2016 @ 23:03


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: