there’s something about geometry + architecture

March 27, 2016

Golden Ratio in Logo Design

Filed under: Uncategorized — athiyahalatas @ 13:47

Golden ratio merupakan perbandingan dari dua buah garis ( A dan B) sehingga saat panjang dari garis A dibagi panjang garis B akan sama nilainya dengan jumlah kedua garis tersebut dibagi garis A. dari hasil perbandingan tersebut, didapatkan angka 1.618 yang disimbolkan dengan phi (φ).

a/b = (a+b)/a = 1.6180339887498948420 … 

golden-ratio

Banyak seniman yang mempercayai bahwa perbandingan dalam golden ratio merupakan proporsi yang paling indah, hal ini dipercayai karena golden ratio muncul dalam banyak sekali benda-benda di alam, mulai dari pola biji bunga matahari, pola spiral pada kulit nanas hingga perbandingan pada tubuh manusia. Karena kepercayaan tersebut, banyak seniman yang mengadaptasi sitem golden ratio ke dalam karyanya, mulai dari karya arsitektural seperti parthenon, lukisan the last supper karya Leonardo Da Vinci, dan masih banyak karya-karya dalam bidang seni lainnya yang menggunakan sistem golden ratio, sehingga menjadikan golden ratio sebuah aturan yang tidak pernah mati dan terus dipakai dari zaman dulu hingga saat ini.

Pada zaman sekarang, masih ada beberapa karya seni yang menggunakan sistem golden ratio ini, contohnya pada desain logo. Masih banyak desainer logo yang beranggapan bahwa logo yang indah dan harmonis adalah logo yang mengikuti aturan golden ratio.

Banyak logo dari perusahaan-perusahaan terkenal yang menggunakan sistem golden ratio, contohnya logo dari apple dan icloud di bawah ini. pada logo apple, semua lingkaran di dalam logo tersebut menhikuti aturan golden ratio, sedangkan pada logo icloud saat dihitung perbandingan pada persegi panjang dan perbandingan pada lingkaran di dalamnya menghasilkan angka 1.618 (phi) yang merupakan angka dari golden ratio.untitled-1

logo national geographic dan atari juga menggunakan sistem golden rectangle, pada logo national geographic terdapat satu golden rectangle, dan pada logo atari terdapat tiga golden rectangle.

Selain logo-logo di atas, masih banyak logo-logo lainnya yang menggunakan aturan golden ratio, yang menjadikan golden ratio menjadi sebuah ratio yang masih digunakan dalam bidnag seni dari zaman dulu hingga sekarang.

 

golden-ratio08
e7J3M8c9bc0c1b3ab59cfdc9e1df1916fae949XwJAFz

referensi :

Hom, Elaine. “What is the Golden Ratio?”. 27 Maret 2016. http://www.livescience.com/37704-phi-golden-ratio.html

Meisner, Gary. “Logo Design Using the Golden Ratio”. 27 Maret 2016. http://www.goldennumber.net/logo-design/

“Product Managers and Designers should be Aware of the Geometric Design School”. 27 Maret 2016. http://techfeed.today/2015/09/16/%E7%94%A2%E5%93%81%E7%B6%93%E7%90%86%E5%92%8C%E8%A8%AD%E8%A8%88%E5%B8%AB%E6%87%89%E8%A9%B2%E4%BA%86%E8%A7%A3%E7%9A%84%E5%B9%BE%E4%BD%95%E8%A8%AD%E8%A8%88%E5%AD%B8/

 

Athiyah Alatas

1306367504

Arsitektur Interior

2 Comments »

  1. Menarik sekali memang melihat kehadiran golden ratio pada logo. Dan memang terbukti akan terciptanya harmonisasi dan keindahan pada logo apabila mengikuti aturan-aturan pada golden ratio. Tapi apakah itu berarti bila kita tidak mengikuti golden ratio itu artinya kita tidak dapat membuat logo yang sebaik logo-logo diatas? Awal mula logo twitter adalah burung yang menghadap sebelah kiri, kemudian logo keduanya berubah menghadap kanan dan seterusnya hingga saat ini. Menurut anda apakah perubahan burung yang menghadap kanan ini juga dipengaruhi oleh pertimbangan aturan golden ratio?

    Comment by annisapel — March 27, 2016 @ 18:11

  2. bahasan yang amat menarik mengenai pengaplikasian penggunaan golden ratio di dunia design. namun, saya ingin mempertanyakan apakah perbandingan golden ratio yang muncul ini memang awal mula dari tahap pembuatan logo yang dilakukan designernya? atau ternyata logo tersebut dibuat atas dasar permainan selera proporsi dari designer logo-nya yang kemudian bila di hubungkan dengan golden ratio ternyata saling berhubungan?

    Comment by vaniaalisha — March 27, 2016 @ 23:39


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: