there’s something about geometry + architecture

March 27, 2016

Konstruksi sebuah Narasi melalui Geometri

Filed under: Uncategorized — syarifarofiany @ 20:24

“While architects are fascinated by narratives, writers are fascinated by architecture.”

– Sophia Psarra, (2009), Architecture and Narrative, hal. 67

Arsitektur banyak menginspirasi novelis-novelis dunia salah satunya adalah Jorge Luis Borges dalam karyanya yang berjudul “The Garden of Forking Paths”. Banyak karya Borges selain dari itu yang kemudian juga menginspirasi novelis-novelis lainnya.  Dalam The Garden of Forking Paths, Borges menyamarkan perbedaan antara apa yang fiksi dan nyata, menyamarkan perjalanan waktu, serta menyamarkan keberedaan sesorang (keberadaan sesorang di banyak tempat sekaligus).

Pada The Garden of Forking Paths, seorang narator bernama Yu Tsun (profesor dan mata-mata) diperkenalkan. Menjelang saat-saat ia akan ditahan oleh Madden (suruhan Inggris), ia membuat rencana untuk membeberkan rahasia Inggris ke pemimpinnya dari Jerman. Ia bersama Stephen Albert mendiskusikan buku labirin berjudul The Garden of Paths karya almarhum Ts’ui Pen, leluhur Yu Tsun sendiri yang mati dibunuh. Labirin hasil dedikasi Ts’ui Pen selama 13 tahun yang terkenal menyesatkan seluruh kaum manusia. Labirin ciptaan Ts’ui Pen fiksi, berupa cabang- cabang kusut waktu yang menjadikan mungkinnya terjadi banyak pilihan masa depan. Seiring berjalannya cerita, Yu Tsun memutuskan untuk membunuh Albert dan akhirnya ditangkap oleh Madden. Yu Tsun berhasil membeberkan rahasia Inggris ke Jerman tetapi pada akhirnya hanya menghambat sedikit dari serangan Inggris ke Jerman.

Peran geometri muncul dalam pembentukan karakter dan kejadian dalam kisah ini.

!

Unit-unit dasar dalam fiksi ini dapat dipelajari dengan pendekatan geometri sebagai berikut.

2

3

Lanskap pada cerita The Garden of Forking Paths kemudian menjadi inspirasi arsitek dan arsitek lanskap seperti William Kent, Humphrey Repton, dan Capability Brown. Arsitektur sebagai sesuatu yang diciptakan untuk dirasakan terbentuk dari unit-unit yang diorganisasikan menjadi satu kesatuan dan membentuk pola. Sebuah narasi yang terinspirasi oleh arsitektur mampu menciptakan pola yang dapat kembali mewujudkan sebuah arsitektur dengan pendekatan geometri. Geometri disini layaknya penerjemah, bergerak dalam ranah fiksi dan nyata.

Syarifa Rofiany Arief

1306403661

Referensi : Psarra, Sophia. (2009),  Architecture and Narrative, New York: Routledge 

1 Comment »

  1. Apakah menurut anda pola yang dihadirkan oleh Golden Section meminimalisir kreatifitas serta perasaan sang penulis dalam menceritakan alur sampai terjadinya konflik?

    Comment by cutmeudi — March 28, 2016 @ 02:15


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: