there’s something about geometry + architecture

March 27, 2016

Kota Baghdad dan Kota Ideal Vitruvius

Filed under: ideal cities,Uncategorized — rizka chairunnisa @ 20:13
Tags: ,

Rizka Chairunnisa – 1206237656

Kota Baghdad, Ibukota Negara Irak dikenal dengan sebutan “rounded city” karena benntuk kotanya yang hampir berbentuk lingkaran sempurna. Bentuk kota ini mengingatkan kepada bentuk kota yang disarankan oleh Vitruvius di dalam bukunya yang berjudul Ten Books. Namun, apakah kota Baghdad ini memiliki karakteristik kota ideal yang dijabarkan oleh Vitruvius di dalam Ten Books?

Baghdad_1 (1)

Peta Kota Baghdad Masa Sekarang

Kota Baghdad menurut pendirinya pada masa lampau berada pada lokasi yang strategis. Dibangun di atas tanah wilayah yang memiliki iklim gurun, membuat air menjadi aset dan fokus utama. Kota Baghdad didirikan di dekat aliran sungai Tigris yang akan menjadi sumber air bagi kota Baghdad dari ujung utara hingga ujung selatan kota. Air juga akan terjamin walaupun musim kering sedang berlangsung.

Keadaan tanah tempat kota Baghdad dibangun cukup sesuai dengan karakteristik sebuah wilayah di dalam Ten Books, chapter IV : The Site of a City. Kota Baghdad tidak berhadapan langsung dengan laut. Persediaan air dan tanah juga terjamin sehinga akan menjamin keberlangsungan perkebunan untuk persediaan makanan. Namun, untuk karakteristik iklim, kota Baghdad termasuk di dalam kota yang memiliki iklim Panas.

slide18-144EE5EBCDF3A5FA002

Rancangan Kota Baghdad

Kota Baghdad sekarang tidak memiliki tembok besar yan mengelilinginya. Namun, pada masa lalu kota ini dirancang berbentuk lingkaran dengan tembok yang mengelilinginya. Kota Baghdad dirancang membentuk lingkaran dengan radius 1 Km. Terdapat sebuah masjid yang menjadi pusat kotanya. Lapisan pertama setelah pusat kota adalah pemukiman kelas atas serta perkebunan. Lapisan selanjutnya adalah pemukiman untuk pendudukan kelas bawah. Diantara dua jenis pemukiman ini terdapat tembok sirkular yang memisahkan. Hal ini mungkin bertujuan untuk perlindungan lebih terhadap serangan kepada pusat kota, pemukiman kelas atas dan perkebunan. Lapisan paling luar adalah tembok kota dengan empat buah gerbang utama : Kufa, Basra, Khurasan dan Syria.

Di dalam chapter V : The City Walls dan Chapter VII : The sites for Public Buildings, rancangan kota Baghdad menyanggupi karakteristik Vitruvius untk membangun tembok kota dan “menyarankan” bentuk kota yang sirkular. Kota Baghdad di masa sekarang juga berbentuk hampir menyerupai lingkaran dengan sebuah pusat kota yaitu Masjid Khulafah. Vitruvius menuliskan tempat suci berada di tengah-tengah kota dan berada di sisi tertinggi. Walaupun Masjid Khulafah tidak berada di sisi tertinggi kota.

9559_arq048-02-03

Salah satu rancangan kota ideal Vitruvius

Sedangkan di dalam chapter VI: The Directions of the Streets, kota Baghdad juga dapat dikatakan cukup sesuai dengan petunjuk yang mengatakan bahwa bentuk jalan tidak berasal langsung dari pintu utama dan menjalar hingga berpusat di pusat kota. Jalan-Jalan utama yang menghubungkan kota lain, tidak menuju langsung pusat kota, tersebar melalui jalan yang lebih kecil dan kemudian terhubung menuju pusat kota. Namun, tidak se-linier dan se-teratur gambaran kota ideal Vitruvius.

Kota-kota pada masa sekarang hampir tidak ada yang menyerupai bentuk kota ideal yang dirancang Vitruvius, termasuk juga kota Baghdad yang walaupun disebut sebagai “rounded city”. Mungkin kota-kota di masa lalu memiliki bentuk kota yang hampir seperti rancangan Vitruvius. Namun, kemajuan jaman serta masalah yang dihadapi berbeda dengan masalah yang dihadapi pada masa lalu membuat karakteristik kota ideal Vitruvius menjadi sebuah keharusan di dalam membangun sebuah kota.

Referensi :

http://www.encyclopedia.com/topic/Baghdad.aspx

http://www.visitcapitalcity.com/asia/Baghdad-Iraq

http://archnet.org/library/sites/one-site.tcl?site_id=7592

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: