there’s something about geometry + architecture

March 28, 2016

Sacred geometry – What Makes it Sacred?

Filed under: locality and tradition,perception — kartikaputri18 @ 09:39

Sacred geometri merupakan geometri yang biasa digunakan dalam bangunan yang memiliki arti sakral, baik bangunan yang dipercaya dapat menghubungkan manusia dengan sang penciptanya, serta yang dianggap tempat leluhur tinggal.selain bangunan bentuk geometri tersebut seing dijadika perhiasan atau ukiran yang dianggap akan melindungi orang yang mengenakannya. Kesakralan bentuk geometri ini dapat dilihat melalui banyak aspek mulai dari komposisi dan bagaimana sebuah geometri disusun, rasio serta harmoni pada geometri

Melalui element tersebut manusia menganggap bahwa mereka dapat merasakan koneksi terhadap keesaan sang pencipta. Untuk mengetahui bagaimana sebuah geometri memiliki arti yang sangat mendalam, saya akan mencoba menjabarkan beberapa element geometri berikut dengan makna di dalamnya.

Yang pertama adalah bentuk dasar lingkaran. Lingkaran dianggap sebagai simbol tradcisional untuk menggabarkan keesaan dan persatuan. Phi sebagai penyusun rumus keliling dan diameter sebuah lingkaran memiliki nilai (3,14159265358979323846264338327950288419716939937511…) tidak dapat digantikan dengan penyederhanaan lainnya, yang menjadikan sebuah lingkaran sakral.

 

Bentuk geometri dasar lainnya adalah platonic solid. Platonic solid dianggap sebagai bentuk geometri 3 dimensi yang sempurna. Para scientist percaya bahwa seluruh element pada dunia fisik terdiri dari 5 bentuk dasar. Sama seperti platinoc solid.sedangkan menurut pendapat para yunani platonic solid merupakan simbol – simbol elemen dasar yang adadi bumi. Platonic solid merupakan geometri yang unik. Karena bentuk tersebut dapat diciptakan dengan menggabungkan bentuk platonic soild lainnya.

 

d

e

 

Geometri dasar selanjutnya adalah penggunaan golden ratio. Golden ratio sering juga disebut sebagai proporsi para dewa dan dewi dan dianggap sebagai propeorsi paling indah. Bentuk apapun yang sesuai dengan golden ratio merupakan bentuk yang secara estetis sempurna. Golden ratio unik karema rasio segi yang paling besar akan sama dengan rasio segi yang paling kecil. Oleh karena itu banyak geometri sakral yang dibuat berdasarkan teori golden ratio.

 

 

Geometri sakral ini memiliki simbol bahwa manusia harus melestarikan hubungan sebagai warisan untuk garis keturunannya. Karena bentuknya yang semakin mengecil di ujungnya.

 

Toroids adalah element yang sering juga digunakan sebagai simbol kesakralan. Geometri ini dianggap sakral karena terdiri atas gabungan putaran lingkaran yang pasti akan bertemu pada satu titik. Terdapat 7 garis utama yang akan bersentuhan pada sebuah torus. Menurut ilmu kesakralan, intersection yang terjadi pada torus merupakan simbol komunikasi dan hubungan yang baik terhadap manusia dan pencipta.

cc

toroid by light SOURCE 

ccl

 

dan yang terakhir adalah segitiga siku siku sempurna. bila kita lihat pada bentuk geometri yang sakral, kita dapat temui banyak segitiga siku siku pada elementnya

d4403c743aa7418c0873a224edc692de321e631e6a023fcf1e0f76721b5fc8eatriangles

segitiga siku siku diagnggap sakral karena kelipatannya yang unik. berdasarkan teori phytagoras, sisi sisi segitiga tersebut merupakan  3/4/5, 5/12/13 dan 7/24/25. sisi segitiga 3/4/5 2/3/akar5, 5/akar5/2akar5 digunakan pada pyramid mesir sebagai ruang sakral untuk raja, rasio tersebut membuat segitiga menjadi sempurna dan dianggap sebagai geometri untuk sang pencipta.

seluruh geometri yang diaggap sakral memiliki sifat matematika yang unik, dapat dikatakan bahwa selain keuinikan itu berasal dari kepercayaan terhadap sang pencipta, tetapi juga tidak  lepas dari sifat geometri yang menarik didalamnya.

kartika putri

1306392696

 

refrence

http://www.crystalinks.com/sg.html

http://www.spiraloflight.com/ls_sacred.html

http://www.grc.nasa.gov/WWW/K-12/airplane/pythag.html

http://www.geometrycode. com/sacred-geometry

 

 

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: