there’s something about geometry + architecture

March 28, 2016

Sacred Geometry

Filed under: Uncategorized — idfanovia @ 08:40

Sacred Geometry atau sering disebut sebagai spiritual geometri merupakan sinkronisitas alam semesta yang ditentukan oleh konstanta matematika tertentu, yang mengekspresikan diri dalam bentuk ‘pola’ dan ‘siklus’ di alam.

Sacred Geometry dipercaya memiliki jumlah dan pola yang memiliki makna sakral. Banyak hal mistik dan spiritual praktik seperti astrology, numerology, tarot hingga feng-shui berawal dari kepercayaan akan sacred geometry.

Tak jarang arsitek ataupun desainer mungkin menggunakan konsep dari sacred geometry dalam memilih bagian bagian bentuk dari geometri.

Sinkronsitas alam semesta dalam bentuk ‘pola’ dan ‘siklus’ di alam dapat dilihat dalam contoh berikut :

Pada contoh diatas dapat terlihat pola pada spiral galaksi M74, passion flower ataupun spiral snails shells.

Awalnya saya berpikir bahwa tidak terlalu percaya pada sacred geometry, akan tetapi saat kita kembali merefleksi akan pola dan pattern yang terus muncul secara berulang dalam kehidupan kita, saya rasa saya mulai mempercayai akan adanya sacred geomtery.

Hal ini bisa kita lihat secara saksama dari hal hal yang sangat dekat dengan kita, antara lain

  1. Geometry pada tubuh, sel-sel hidup mengungkapkan sistem yang sangat memerintahkan bentuk dan pola. Dari bentuk DNA hingga setiap bagian dari tubuh kita mengikuti pola diprediksi sama.
  2. Geometry pada tumbuhan di sekeliling kita, daun, bunga, biji, dan makhluk hidup lainnya berbagi bentuk spiral yang sama.

Pembuktian Sacred Geometry juga dapat dilihat melalui cara dibawah ini,

Vesica Pieces

Salah satu bentuk yang paling umum di alam adalah lingkaran, karena itu sangat penting untuk memahami bahwa semua bentuk geometris lainnya dapat ditentukan dari lingkaran. Dimulai dari potongan kedua lingkaran dapat dihasilkan bentuk geometry yang lainnya seperti segitiga sama sisi, heksagon, pentagon, peregi dan lain lain

 

 

 

 

 

“The Vesica Pieces is one of the key starting blocks from which sacred geometry was applied to life”

Salah satu penerapan geometric vesica pieces pada desain the greatest cathedrals di Eropa.

 

Idfa Novia Putri 1306367265

referensi

http://architecture.about.com/od/ideasapproaches/a/geometry.htm

http://www.ancient-wisdom.com/sacredgeometry.htm

http://www.maths.surrey.ac.uk/hosted-sites/R.Knott/Fibonacci/fibnat.html

2 Comments »

  1. Saya ingin menambahkan, saya pernah mendengar bahwa Geometri sakral dahulu hanya bisa dibuat oleh beberapa orang disebuah kelompok dan hal itu menjadi sebuah rahasia besar. Apakah ada sumber mengenai hal itu?
    Apakah sacred geometry haya diterapkan pada arsitektur bangunan bangunan sakral saja? Bagaimana penggunaannya bila dikaitkan dengan fungsi bangunan tersebut?

    Comment by khairunnisaliummah — March 28, 2016 @ 11:03

  2. sejauh ini saya belum mendapatkan sumber yang pasti mengenai kesakralan geometri yang menjadi rahasia kelompok tertentu saja, dikarenakan berdasarkan beberapa sumber yang tercantum pada artikel diatas kesakralan geomteri lahir pada alam dimana manusia dengan sangat mudah menemukan geomteri dalam bentuk alam yang berada di sekitar kita. Mungkin jika saya boleh berpendapat mengenai kelompok khusus tersebut terkait dengan pengetahuan yang dimilikinya terlebih dahulu dibanding yang lain. Sehingga muncul persepsi adanya orang orang khusus yang memahami geomteri dibanding yang lain. Bukan berarti dikarenakan orang orang lain tersebut tidak mengetahui tetapi lebih kepada waktu (lebih dahulu mengetahui saja).

    menanggapi dengan penggunaan kesakralan geometri pada waktu terdahulu memang condong digunakan kepada hal hal yang berbau bau sakral macam labirin atau gereja. Jika dikaitkan dengan fungsi menurut saya ada yang memang memiliki pengaruh namun ada pula yang tidak. yang memiliki pengaruh terlihat pada gereja yang saya jadikan sampel contoh pada artikel tersebut. Gereja pada dasarnya merupakan tempat yang suci dan kesakralan geometri hadir pada bangunan ini dianggap tepat karena menambah esensi dari fungsi bangunan tersebut.

    Semoga menjawab dan terima kasih sebelumnya atas tanggapan dan pertanyaannya yang cerdas🙂

    Comment by idfanovia — May 30, 2016 @ 08:50


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: