there’s something about geometry + architecture

March 28, 2016

weaving and geometry

Filed under: Uncategorized — sekarasrini @ 01:51

Surface quality of material, that is matière, being mainly a quality of appearance, is an aesthetic quality and therefore a medium of the artist; while quality of inner structure is, above all, a matter of function and therefore the concern of the scientist and engineer.  Sometimes material surface together with material structure are the main components of a work; in textile works for instance, specifically in weavings or, on another scale, in works of architecture”    Anni Albers

Anyaman adalah salah satu bentuk karya terlatih yang di dalamnya mengandung pola dan teknik tertentu. Selain itu  karena proses menenun yang sangat kompleks, maka seringkali anyaman digunakan sebagai analogi dari berbagai sistem di dunia termasuk bangunan. Awal mula bangunan bersamaan dengan awal mula anyaman ataupun kain. Dan bagian yang paling penting dalam keduanyanya yaitu simpul.

350px-Knot_table.svg.png

Simpul atau knot ini sendiri juga memiliki keterkaitan dengan geometri dan dipaparkan bahwa sebuah simpul adalah gabungan dari lingkaran dalam ruang 3 dimensi Euclidean.

Ada beragam jenis anyaman, bisa dikategorikan berdasarkan material, jenis barang, dan lainnya. Proses pembuatan dan motif anyaman ternyata tidak hanya dilatar belakangi oleh budaya tertentu, akan tetapi juga memiliki latar belakang geometri khususnya simetri.

Berikut adalah contoh-contoh kain tenun tradisional Filipina:

1.Ules atau tapis

k.PNG

Capture.PNG2. Wakes dan bakget

l.PNGo.PNG

Selain menjadi kain, anyaman juga bisa diaplikasikan pada material dan benda yang berbeda seperti contoh di bawah ini yaitu keranjang Mavuku.

Image610.giff6b.giff5.gif

 

Kedua jenis kerajinan anyaman yang telah dipaparkan di atas memiliki unsur-unsur dasar simetri. Bukan hanya memiliki motif yang simetri, tetapi juga warna yang simetri. Oleh karena itu, keduanya didominasi oleh refleksi vertikal, horizontal, rotasi, dan bilateral.

 

Sekar Asrini

1306367290

 

 

3 Comments »

  1. Saya tertarik dengan motif geometri yang keluar pada anyaman. Motif tersebut sangat detail dan presisi, perbedaan warnanya juga menegaskan bentuk geometri yang ada di dalamnya. Dalam pembuatan motif yang simetris dan didominasi bentuk dasar tersebut, apakah ada pertimbangan khusus dalam membuat komposisi motif?

    Comment by kharismannisa — March 28, 2016 @ 09:56

  2. Saya tertarik dengan pembahasan Anda mengenai anyaman. Di waktu studio perancangan 2 saya pernah terinspirasi oleh anyaman yang bergerak dalam 3 dimensi bukan hanya 2 dimensi seperti pada kain dan tenunan, namun belum sedalam menggunakan teori tersebut dan menerapkannya. Anda juga mengatakan bahwa simpul adalah gabungan lingkaran dalam ruang 3 dimensi Euclidian. Yang ingin saya tanyakan adalah :
    1. bagaimana jika pembahasan Anda dilanjutkan sampai ke tahap apa yang terjadi jika anyaman bergerak dalam ruang 3 dimensi? Apa proses awal yang memungkinkan lingkaran-lingkaran tersebut bergerak membentuk sebuah anyaman 3 dimensi? Karena menurut saya jika melihat secara 3 dimensi, pertimbangan mengenai ketebalan sebuah volum, kerutan atau kenduran yang terjadi ketika volum anyaman bergerak naik dan turun – tumpang tindih dengan volum anyaman lainnya maka yang terbayangkan oleh saya akan menjadi sangat menarik
    2. jika Anda membahas geometri Euclidian dengan ke-dataran-nya (flatness), tentunya Anda juga telah mempelajari geometri Non-Euclidian yang terjadi dalam sebuah sphere atau hyperbolic, bisakah simpul tersebut terjadi di dalam ruang 3 dimensi Non-Euclidian? Mungkin akan menjadi lebih menarik dengan melihat proses apa yang terjadi dan bagaimana hasilnya memberikan perbedaan
    Karena menurut saya pembahasan Anda berpotensi untuk Anda dapat menemukan sesuatu yang lebih jauh dan lebih menarik dengan kaitannya terhadap Arsitektur (manusia, ruang, dan waktu) 😀 Terimakasih

    Comment by stevannyp — March 28, 2016 @ 10:04


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: