there’s something about geometry + architecture

May 8, 2016

Geometri dalam Musik

Filed under: architecture and other arts,Uncategorized — kharismannisa @ 18:43
Tags: , ,

Tharra Ayuriany

1306403642

 

kjqbwk0k9tvw5hirjm23ptcgg7hnzeb

Dmitry Tymockzco, seorang komposer musik, mengemukakan bahwa ada geometri yang terdapat dalam musik. Dia mengatakan bahwa kunci tangga nada dapat direpresentasikan dalam sebuah ruang geometri yang dia beri nama orbifold tangga nada.

Orbifold

Tymockzco berteori bahwa frekuensi dalam nada musik yang harmonis memiliki unsur logaritma tertentu. Persamaan logaritma ini menghasilkan ruang linerar di mana satu oktaf berukuran 12, nada yang muncul berjarak satu tuts dari piano berukuran 1, dan nada C memiliki angka 60. Jarak di ruang ini merefleksikan jarak dari instrumen keyboard yang sesungguhnya, jarak ortografis dalam tangga nada musik, dan jarak musikal yang sudah dia eksperimenkan sebelumnya.

Orbifold sendiri merupakan jenis persamaan dari ruang Euclidian. Menurut teori matematika, orbifold merupakan bentuk yang lebih kompleks dari manifold yang merupakan cara untuk mendefinisikan tiap bentuk lingkaran di muka bumi ini yang memiliki keterhubungan dari ujung ke ujung.

220px-MorinSurfaceAsSphere'sInsideVersusOutside

Dengan orbifold ini, Tymockzco menemukan semacam deret tertentu yang beraturan yang mengatur harmonisasi tiap nada. Ketika dia menyusun nada-nada itu dalam tabel kolom, terlihatlah bahwa ada deret tertentu yang tercipta.

Table

Tymockzco juga mengimplimentasikan orbifold ini dalam sebuah aplikasi komputer yang membantu penggunanya memvisualisasikan orbifold dalam sebuah komposisi musik.

 

 

sumber:

http://dmitri.mycpanel.princeton.edu/files/publications/science.pdf

http://dmitri.tymoczko.com/

 

 

 

1 Comment »

  1. pembahasan geometri dalam musik ini cukup menarik, saya ingin bertanya bagaimana peran geometri terhadap silence music seperti yang sudah dibahas pada video dikelas minggu lalu, apakah ada kaitannya dengan orbifold karena harmonisasi atau nada yang disampaikan tidak dapat dijelaskan? terima kasih

    Comment by ameliacarolina — May 9, 2016 @ 17:32


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: