there’s something about geometry + architecture

May 8, 2016

Louise Despont: Meditasi melalui kerumitan komposisi Euclidean Geometry

Filed under: Uncategorized — nurinamaliap @ 19:02

Awal mula saya “bertemu” dengannya adalah saat tidak sengaja menemukan artikel tentang Despont dalam tumpukan majalah-majalah bekas di emperan toko buku. Kecintaan saya pada garis lurus dan geometri sederhana Euclidean menarik saya untuk mencari lebih jauh tentangnya. Jarang saya temui seniman yang melukis menggunakan komposisi rumit seperti Despont.

despont-deep-0081-540x303

Louise Despont adalah seniman kelahiran tahun 1983 yang tinggal dan bekerja di Brooklyn, New York, AS. Pada tahun 2006 Despont lulus dari Brown University untuk jurusan Art Semiotics.

Membaca lebih lanjut tentangnya, membuat saya mengetahui bahwa komposisi rumit yang awalnya saya anggap acak rupanya memiliki arti khusus bagi Despont. Ia menyebut karya-karyanya sebagai media untuk meditasi. Rangkaian bentuk rumitnya didapat dari bentuk-bentuk yang sering muncul di Negara Timur seperti India dan Nepal serta symbol-simbol keagaaman dari Hindu dan Budha.

Hal yang menarik dari Despont adalah ia menggambar dengan satu set penggaris, busur, jangka, dan mal, menggunakan beragam jenis pensil pada kertas buku tua (ledger paper). Benda-benda tersebut adalah benda-benda sederhana yang tidak asing ditemukan di sekitar kita, namun dengan itu Despont dapat menghasilkan lukisan yang magnificent.

Sebelum memulai, Despont menyusun kertas-kertas tuanya di lantai sebesar ukuran yang ingin ia capai. Susunan kertas-kertas itu pun tidak mengikat Despont untuk merubah tatanannya dan menambah lagi dengan lembar-lembar baru di antaranya sepanjang proses pengerjaan. Hal unik berikutnya adalah saat tidak punya ide dan tidak tahu harus atau akan menggambar apa, maka Despont akan randomly membuat garis atau bentuk pada kertas-kertas tuanya. Berawal dari simetri sederhana, biasanya dengan segitiga-segitiga kecil, kemudian berkembang menjadi sebuah karya yang complex di mana terdapat kisah spasial dengan bahasa abstrak.

Berikut adalah beberapa karya dari Louise Despont

dam-images-art-2014-artists-to-watch-louise-despont-louise-despont-05-mediated-polarity

Mediated Polarity and the Third Property (2014)

architecture

Roman Room (2014)

ldespont23web

Bathing Constellation, Dusk (2012)

Terlihat rumit ya? Bagaimana bisa sang seniman menganggap karya-karya rumit ini sebagai caranya untuk meditasi dan relaksasi? Yuk intip video berikut mengenai proses pembuatan salah satu karyanya yaitu Mediated Polarity and the Third Property (2014) selama 6 minggu!

 

Nurin Amalia P – 1306367126

Referensi:

Vepa, Shweta. “Sacred Spaces: An Interview With Louise Despont”. Web Blog post. Luxpresso. Luxpresso, 8 Februari 2013. 8 Mei 2016.

Crest, Russ. “Louise Despont’s Drawings as Abstract Meditations”. Web Blog post. Beautiful/Decay. 8 Mei 2016

ART21. Louise Despont Draws Deep | ART21 “New York Close Up”. Online video clip. Youtube. Youtube, 13 Juni 2014. 8 Mei 2016

“Louise Despont”. Web blog post. NewYorkCloseUp. ART21. 8 Mei 2016.

 

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: