there’s something about geometry + architecture

May 9, 2016

Music – Architecture is Ageless

Filed under: Uncategorized — lisarahmadhaniutami @ 19:44

Saya dan juga mungkin anda pasti akan berada pada posisi yang sama untuk mengatakan bahwasannya musik dan arsitektur memang saling terkait. Kita dapat melihat keterkaitan ini pada tampilan arsitektur dan bahkan spasial yang dihasilkan yang terinspirasi musik. Banyak arsitek saat ini yang sudah menunjukkan keterkaitan ini melalui karya-karyanya. Pertanyaannya adalah, apakah keterkaitan musik dan arsitektur dapat kita temukan juga pada bangunan kuno arsitektur? Apakah sebenarnya metode ini hanyalah sebuah peradaban baru dari dunia arsitektur atua memang sudah ada sejak dahulu?

Ternyata, pada abad ke-16, Francois Blondel, seorang insinyur Prancis mencoba mengukur kuil-kuil kuno di daerah Italia Selatan. Dia menemukan bahwa ada korespondensi antara pengukuran fitur arsitektur dan periode gerak nada musik. Penemuannya ini, ia coba terbitkan dalam bukunya yang berjudul “Cours de Architecture”

4c0e3331717953.565dd2cb9d3f2

Architecture : Blondel

dc844831717953.565dd2cb9e49f

Architecture ; Roman Capital

24fe8331717953.565dd2cb9f6a7

Dari gambar diatas, kita dapat melihat bahwasannya skala oktaf mungkin dapat menjawab adanyamasalah sudut di intercolumniation dari Parthenon.Hal ini dapat dilihat sebagai penanda transisi dari kuartal ke pertiga dalam skala oktaf dengan enam kolom ditengah yang menandai enam divisi yang sama E dan Bb.

Dengan adanya penemuan bagaimana kuil-kuil kuno zaman yunani dapat dijelaskan dengan skala oktaf pada musik, secara sederhananya menunjukkan musik memang dapat ditemukan pengaruhnya pada zaman yang tua sekalipun. Bagaimana musik-musik dapat hadir pada bangunan zaman dahulu lebih didominasi pada bagian tampak yang mungkin ditujukan untuk mencapai system proporsi dan komposisi tertentu.

Reference :

Music & Geometry: Architecture. (online). Tersedia : https://www.behance.net/gallery/31717953/Music-Geometry-Architecture diakses para tang gal (5 Mei 2016)

Lisa Rahmadhani Utami

-1306446300-

 

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: