there’s something about geometry + architecture

June 7, 2016

Lalu, Apa Kreativitasmu?

Filed under: everyday geometry,perception — fitriauliacp @ 17:27
Tags: , , ,

Setiap manusia pasti pernah atau bahkan sebagian besar cenderung selalu mengabadikan momen dalam hidupnya menggunakan sebuah perangkat pengambilan gambar. Bahkan beberapa diantaranya memiliki “keisengan” untuk melakukan manipulasi visual dengan memanfaatkan momen maupun scent yang ada.

Seperti gambar berikut, apa kesan pertama yang muncul?

illusioni-profondità

Illusioni Profondita: Didatticarte

Ya, bila dilihat dari sudut pandang optik, hal tersebut merupakan sebuah ilusi optikal. Namun, saya akan lebih membahas dari segi skenario didalamnya yang disebut deceptions spatial. Hal itu merupakan sebuah mekanisme persepsi yang tertanam dalam otak kita, bahwa ketika beberapa unsur di bidang visual bertentangan dengan aturan, maka visual yang terlihat oleh mata kita tidak mampu membangun jarak, orientasi, atau ukuran objek terpantau.

Sistem visual kita pada kenyataannya, di satu sisi memiliki fakta bahwa objek yang berada jauh dari penglihatan akan terlihat lebih kecil dari sekelilingnya, di sisi lain juga meskipun keragaman tersebut terjadi, namun pada dasarnya tidak benar-benar mengubah ukuran atau bentuk objek sebenarnya.

illusioni-costante-percettiva2

Illusioni Profondita: Didatticarte

Contohnya adalah gambar di atas, dimana terdapat bidang visual (kiri) dan melampirkan objek visual yang akan menjadi objek ilusi optikal (kanan). Dari gambar tersebut kita mengetahui bahwa penglihatan dengan sudut perspektif tersebut akan menimbulkan persepsi visual yang menunjukkan perbedaan ketinggian objek. Padahal hal tersebut karena terdapat perbedaan kedalaman objek foto yang melibatkan jarak antar objek. Itulah yang menciptakan perceptual difficulties ketika sebuah gambar tidak sesuai dengan prasangka kita (apa yang kita bayangkan).

Hal tersebut sangat umum terjadi dan bahkan hampir semua orang mengetahui triknya. Namun bagaimana bila dilakukan dengan cara yang berterbalikan?

Bila contoh diatas adalah ilusi yang memainkan perspektif dengan perbedaan kedalaman objek optik dengan bidang visual datar, bagaimana dengan melakukan peletakkan objek optik yang sama namun pada suatu gambar perspektif, apakah akan muncul ilusi yang sama?

Percobaan tersebut dilakukan oleh Mario Ponzo pada tahun 1913, di mana dua elemen yang sama ditempatkan pada posisi yang berbeda, di suatu gambar perspektif.

illusioni-ponzo.jpg

Illusioni Ponzo: Didatticarte

Dari identifikasi tersebut, ia mendapatkan bahwa objek yang “terlihat” jauh justru lebih besar dari objek yang “terlihat” dekat. Hal tersebut justru bertentangan dengan sistem visual manusia. Yang dianggap berbeda adalah pembesaran objek terjauh atau penyusutan dari dekat. Karena setelah diamati, bukanlah tindakan pasif menerima suatu bidang visual secara apa adanya lalu memainkan/memodifikasi objek optiknya, namun lebih kepada tindak “kreatif” pelaku pada pengolahan spasial dalam membuat ilusi optik.

Karena sistem penglihatan manusia dalam melihat suatu objek dapat didistraksi dengan sebuah elemen lain yang membuat objek tersebut terlihat tidak seperti apa yang dibayangkan sehingga dapat menciptakan deceptions spatial.

inverted-image.png

Deceptions of the senses are the truths of perception: J. Purkinje

Fitri Aulia Cahya Purnama

1306367611

Referensi:

Didatticarte (2014). Deceptions Spatial and Optical Illusions. http://www.didatticarte.it/Blog/?p=1439&lang=en. 7 Juni 2016

Sherman, D (2001). Deceptions of the Senses are the Truths of Perception. http://people.cornellcollege.edu/dsherman/illusions/. 7 Juni 2016

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: