there’s something about geometry + architecture

June 7, 2016

Visual Perception dalam Advertising

Filed under: Uncategorized — lidyaamelianoble @ 22:52

Advertising merupakan hal yang sangat penting penting dalam pemasaran sebuah produk. Tidak hanya produsen, namun event juga membutuhkan advertising agar orang-orang mau datang ke acaranya. Namun bagaimana advertising yang dapat menarik perhatian konsumen? Kerap kali banyak perusahaan yang mendesign agar iklannya mudah diingat dengan slogan dan gambar-gambar yang mudah di ingat. Dalam membuat advertising, orang yang mendesignya harus memahami teori visual perception. Tanpa persepsi dalam iklan, produsen mungkin merasa sulit untuk membuat produk mereka menarik bagi konsumen. Iklan sering bekerja dengan menarik selera konsumen dengan mewujudkan keinginan dan fantasi mereka. Persepsi dapat menjadi alat yang penting dalam iklan untuk membuat konsumen merasa seperti mereka bisa menjadi orang tertentu, atau merasa perasaan tertentu ketika melihat iklan tersebut sehingga muncul keinginan untuk menggunakan produk tertentu. Cara lain untuk membuat iklan menarik adalah dengan memancing emosi pada konsumen. Anda bisa menarik persepsi emosional dasar konsumen untuk sebuah produk dengan memasukkan simbol atau alur cerita dalam iklan yang menyentuh emosi tertentu. Berikut adalah beberapa contoh advertising yang menarik.

ca556f856a8cadd9989c4b6ed12de0d3

Iklan sambal tomat Heinz ini cukup menarik. Disini botol kaca digantikan oleh tomat. Sehingga menimbulkan kesan bahwa produk ini benar-benar 100% terbuat dari tomat tanpa mengurangi atau menambahkan isinya. Selain itu letaknya yang ada di kebun membuatnya terkesan fresh seperti tomat yang baru dipetik.

19

Kemudian pada iklan kedua yang merupakan iklan pisau, produsen ingin memperlihatkan bahwa produknya sangat tajam sehingga dapat dengan mudah memotong apapun, termasuk talenan yang menjadi alasnya.

Littering-Livegreen-Toronto-4-600x857Littering-Livegreen-Toronto-3-600x866Littering-Livegreen-Toronto-1-1024x581

Iklan ketiga adalah iklan oleh lembaga yang mendukung gerakan peduli lingkungan dimana mereka ingin mengingatkan kita agar tidak membuang sampah sembarangan. Tulisan-tulisan dari sampah yang berbeda berdekatan satu sama lain sehingga membentuk kata baru yang seolah-olah mengkata-katai kita atas perbuatan jelek (membuang sampah sembarangan) yang kita lakukan sehingga kita merasa malu.

fatfit

Kemudian pada iklan keempat ini kita dapat melihat transformasi seseorang setelah melakukan olahraga di suatu gym. Dia berdiri ditengah huruf “F” dan “T”. Namun pada gambar paling atas orang tersebut berbadan besar dan menghadap kamera saat difoto serta posisi kakinya membuka, kita membacanya sebagai “FAT”. Setelah berolah raga, orang tersebut menjadi kurus dan berotot sehingga kita membaca dia antara “F” dan “T” sebagai “FIT”.

Setelah melihat advertising tersebut bagaimana perasaan anda? Menarik bukan? Dan tentunya iklan-iklan tersebut dengan mudah teringat di ingatan kita. Ini lah mengapa visual perception pada iklan sangatlah penting.

 

Lidya Amelia Noble//1306449555

Sumber:

https://www.visualnews.com/2014/08/26/littering-says-lot-smart-ad-campaign-toronto/

http://designpunx.com/inspiration/20-visual-ads-you-will-appreciate-for-creative-idea/

https://id.pinterest.com/pin/440297301050238388/

https://arsifadeliyana.wordpress.com/perception-analysis-creation/week-1-visual-perception-on-commercial-product-and-advertisement/

 

 

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: