there’s something about geometry + architecture

June 9, 2016

Imajinasi Tanpa Batas

Filed under: Uncategorized — priscawinata @ 22:52

Persepsi visual dapat dicapai dengan cara yang beragam. Subjektivitas pada pemikiran manusia membuat manusia memiliki beragam persepsi terhadap suatu hal yang sama. contohnya adalah dari video klip Up&Up oleh Coldplay berikut.

Sutradara dari video ini (Vania Heymann dan Gal Muggia) menuangkan imajinasi mereka melalui teknik penggabungan beberapa gambar menjadi gambaran baru yang menimbulkan persepsi baru yang bertentangan dengan logika dan realita bahkan lintas dimensi.

dalam video ini saya menangkap beberapa teknik penggabungan gambar yang memiliki hasil persepsi pribadi saya bahwa tidak selamanya apa yang kita lihat adalah yang sebenarnya. Mungkin saja kita hidup ditengah kehidupan lain dengan perbedaan dimensi ruang dan waktu. Contohnya dengan membalikkan ukuran dari suatu benda dari yang besar menjadi kecil dan kecil menjadi besar. Bayangkan jika jembatan yang kita lintasi dengan kendaraan ternyata hanyalah untuk melintasi sebuah kubangan di suatu kehidupan yang lebih besar. Atau pada scene berikutnya terdapat kehidupan suatu kota didalam mangkuk kita, atau lapangan hijau yang ternyata hanyalah spons pencuci piring

1

dari berbagai gambar diatas kita dapat memilih sudut pandang mana yang akan kita ambil perannya. Sudut pandang sebagai pengamat kah atau sudut pandang sebagai orang yang berada dalam kehidupan yang mini tersebut.

Pada scene lainnya sutradara menggabungkan dua dunia yang berbeda dan membuat tidak ada batas pada orientasi, utara menjadi timur, atas menjadi bawah, laut dan udara bersatu, dan seterusnya. seperti gambar-gambar dibawah ini

17

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

visual seperti ini mendorong otak manusia untuk melihat lebih jauh dari apa yang ada, dan menimbulkan persepsi-persepsi individual dan menstimulasi imajinasi kita lebih jauh tanpa dibatasi oleh apapun.

 

untuk melihat video tersebut secara keseluruhan, klik video dibawah ini:

PRISCA WINATA
1306409223

Referensi

http://www.haaretz.com/israel-news/culture/leisure/.premium-1.722124

http://www.promonews.tv/videos/2016/05/17/coldplay-upup-vania-heymann-and-gal-muggia

 

 

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: