there’s something about geometry + architecture

June 11, 2016

Special effect makeup; and visual perception

Filed under: perception,Uncategorized — kartikaputri18 @ 22:34

Special effect makeup kerap digunakan untuk mentransformasi bentuk dan penampilan orang yang memakainya, mulai dari hobby hingga film making. makeup seperti ini digunakan untuk menambah kerealitasan film yang dibuat. terutama film yang bersifat fiksi. dengan canggihnya teknologi special effect makeup semakin terlihat realistis, dan mempengaruhi presepsi visual manusia. sebenarnya apa sih yang menyebabkannya terlihat realistis?

contoh pertama yang saya ambil adalah effect scaring pada tangan. makeup memberi kesan bahwa terdapat bekas luka yang menonjol pada tangan tersebut. sebenarnya prinsip dasar yang di terapkan adalah shadow effect. selain memberi latex sesuai bentuk yang diinginkan hal paling krusial adalah memberikan shadow dan highlight ditempat yang tepat.

asumber: https://id.pinterest.com/pin/392094711288349953/

dengan memfokuskan warna yang lebih gelap di sepanjang latex memperi kesan dalam yang akan mengenhance bahwa latex tersebut menonjol di kulit, sedangkan penambahan warna terang contohnya putih pada high points pada latex juga memperjelas bahwa latex tersebut terletak pada bagian yang paling atas.

 

salah satu contoh lainnya yang lebih complex

                                                      madfucka kaname, banora-white-aka-dumbapple: I picked up this...:        sumber : https://id.pinterest.com/pin/416160821791404974/

dengan konsep shade and light   yang sama, special effect yang kedua mencoba menggunakan teknik shadow namun membaliknya agar mengesankan bahwa terdapat kulit yang robek.

cat berwarna hitam ditelakkan didaerah yang diiginkan agar pipi terlihat dicakar dan berdarah. sedangkan pada pinggirnya diberikan latex berwarna kulit agar kulit terlihat terbuka

Injured Hand | Click Pic for 26 DIY Halloween Makeup Ideas for Women | DIY Halloween Dress Up Ideas for Adults:     sumber :https://id.pinterest.com/pin/107664247319832831/

pada contoh objek yang lebih kompleks seperti diatas. warna yang paling gelap diletakkan tepat pada pinggir an kulit yang terbuka agar kontrast antara tonjolan, serta warna gelap terang dapat lebih terasa, yang menyebabkan presepsi “robek” nyata.

– I CUT MY FINGER! ( varning för blod! ) | Helen Torsgården – Hiilens sminkblogg:

sumber: http://blogg.veckorevyn.com/internetsehatdanamanfastnet.html

tak hanya memainkan shadow and light, untuk menujukkan kedalaman dan tonjolan. special effect makeup dapat menunjukkan bahwa benda tergeser, seperti yang ini. hal ini dapat dilakukan dengan memanipulasi bentuk jari. bentuk jari seharusnya adalah yang saya beri garis putih, namun dengan menambahkan latex pada 3 bagian khusus membuat jari terlihat terpotong dan bergeser.

b.jpg

dengan kemudian menambahkan cat merah agar terlihat seperti darah, sambungan antara latex dengan kulit akan terlihat semakin seamless dan realistis, membuat presepsi mata manusia berubah.

tidak semua special effect makeup menyeramkan, sebagian teknik ini digunakan untuk mewujudkan karakter fiksi yang memiliki fitur muka yang berbeda seperti manusia pada umumnya .

I could see a version of this as roots and tendrils growing on the lady botanist's face: sumber :https://www.buzzfeed.com/thisisvictorkim/sunglasses-fireworks-disco-and-mics-that-dont-7pbf

trik shadow and light digunakan untuk membuat hollow dipipi semakin dalam dan menonjolkan fitur kening dengan memberi shadow pada bagian sisi sisinya.

tentu makeup dapat mempercantik metupi dan menonjolkan feature muka. namun ternyata tanpa kita sadari dalam skala yang lebih ekstrim makeup dapat memanipulasi dan mengubah presepsi visual manusia sesuai dengan yang kita inginkan, kita hanya perlu melakukan teknik yang tepat pada bagian yang dituju, agar hasil manipulasi visual dapat tercapai.

 

Kartika putri – 1306392696

refrence

Dagens makeup – I CUT MY FINGER! ( varning för blod! )

http://www.learnmakeupeffects.com/wp-content/uploads/2010/10/Free_Download-option-Module1-intro-kuygiu6tj-pp.pdf

https://www.etsy.com/listing/241307174/special-effects-prosthetic-scarification?utm_source=Pinterest&utm_medium=PageTools&utm_campaign=Share

 

 

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: