there’s something about geometry + architecture

June 12, 2016

Bagaimana Warna Berpengaruh terhadap Persepsi seseorang Terhadap Makanan

Filed under: Uncategorized — Indira Novadiani @ 00:36

 

warna1

Tampilan makanan merupakan salah satu hal terpenting dalam penyajian terhadap konsumen. Beragam jenis tampilan makanan pun seakan-akan berlomba untuk mendapat perhatian dari konsumen agar dapat terpilih untuk di konsumsi.

Tanpa kita sadari tampilan makanan mulai dari bentuk, pengaturan letak, hingga warna dapat mempengaruhi persepsi seseorang terhadap makanan tersebut bahkan mempengaruhi selera makan seseorang. Warna seringkali menjadi elemen pertama yang diperhatikan dari penampilan sebuah produk makanan. Manusia mulai menghubungkan antara warna dengan makanan tertentu sejak lahir, dan mengasosiasikan warna tersebut dengan rasa secara berkelanjutan.  Sebagai contoh, kita mungkin menduga bahwa pudding berwarna kuning akan memiliki rasa pisang atau lemon, sementara pudding berwarna merah akan memiliki rasa ceri atau kayu manis. Pada produk bahan makanan segar seperti buah-buahan dan sayur-sayuran, kita mengandalkan warna untuk menentukan tingkat kematangan atau kesegarannya. Apabila warna suatu produk makanan tidak sesuai dengan yang kita harapkan, kita mungkin akan menganggap rasa dari makanan tersebut berbeda dari biasanya. Hal ini merupakan efek psikologis yang digunakan oleh perusahaan makanan untuk keuntungan mereka.

Mari kita lihat 2 contoh warna apel diatas. Pada foto pertama, terdapat dua buah apel dengan perbedaan keterangan, hue, serta kejelasan warna merahnya. Apabila kita berada di toko buah, pastilah warna merupakan pembanding pertama mana yang akan kita pilih. Apel dengan kejelasan warna lebih terang mencuri persepsi kita sebagai buah yang lebih segar dan nikmat. Sedangkan pada gambar kedua, terdapat apel dengan dua sisi warna berbeda. Hal ini menjelaskan bahwa warna mempengaruhi nafsu makan seseorang. Apel dengan warna gelap seakan sudah memberi keterangan bahwa apel tersebut telah busuk dan tidak segar lagi untuk dimakan, sehingga kita pasti akan menghindari buah dengan warna-warna gelap dan tidak memakan bagian tersebut.

warna4

(https://id.pinterest.com/pin/521502831829315056/)

Pada kue ulang tahun maupun kue perayaan lainnya, aspek warna merupakan hal paling penting dalam visual muka pada kue. Warna beragam dan unik menarik perhatian lebih pada mata kita serta menambah tingkat rasa lapar pada mulut kita.

warna5

(https://id.pinterest.com/pin/412220172112495429/)

Terlebih pada minuman, warna menjadi elemen terpenting dalam perserpsi seseorang terhadap kesegaran minuman tersebut serta rasanya. Umumnya kita dapat menebak rasa minuman dari warnanya, seperti merah lambing rasa stroberi, ungu untuk anggur, dan lain sebagainya.

 

Indira Novadiani
1306392765

 

Referensi:

http://sensing.konicaminolta.us/2013/01/how-color-affects-your-perception-of-food/

http://analisawarna.com/2015/08/03/bagaimana-warna-mempengaruhi-persepsi-anda-terhadap-makanan/

 

 

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: