there’s something about geometry + architecture

June 12, 2016

Persepsi dari Simplifikasi Pada Flat Design

Filed under: Uncategorized — athiyahalatas @ 11:06

Flat design merupakan salah satu style digial art yang saat ini sedang disenangi masyarakat, pada sytle ini sebuah objek di visualisasikan secara 2d dan menjadi sangat simpel dibandingkan benda aslinya. Jika ilustrasi yang dibuat menjadi lebih sederhana, bagaimana cara desainer untuk menciptakan persepsi orang yang melihat ilustrasi dapat mengenali benda aslinya?

Jika kita perhatikan lebih jauh, sebenarnya cara membuat flat design ini adalah dengan menggabungkan bentuk-bentuk geometri dasar seperti persergi, lingkaran dan segitiga. Mengapa bisa begitu? karena pada flat design ini terdapat unsur simplifikasi yang dilakukan oleh desainer dalam membuat sebuah ilustrasi. Contohnya dapat kita lihat pada ilustrasi kue ulang tahun ini.

Birthday-cake-finished-600Sumber : http://design.tutsplus.com/tutorials/how-to-make-a-flat-design-birthday-cake-in-affinity-designer–cms-25860

Pada Iustrasi diatas, kita sudah dapat menangkap bahawa bentuk di atas adalah kue ulang tahun, namun jika kita perhatikan baik-baik, ternyata kue ulang tahun tersebut terbentuk dari gabungan bentuk-bentuk kecil lainnya, contohnya bagian 3 tumpuk kue yang merupakan bentuk persegi panjang yang ditumpuk-tumpuk, namun dari ilustrasi yang digambarkan dapat menimbulkan persepsi yang berbeda-beda antara tiap orang apakah memang bentuk kue tersebut memang kotak atau ternyata lingkaran yang dilihat dari gambar tampaknya?

4-affinity-flat-birthday-cake18-affinity-flat-birthday-cake19-affinity-flat-birthday-cake

Sumber : http://design.tutsplus.com/tutorials/how-to-make-a-flat-design-birthday-cake-in-affinity-designer–cms-25860

Dari gambar diatas juga dapat dilihat terjadi simpifikasi pada bentuk lilin yang dibentuk dari bentuk persegi panjang, sedangkan apinya yang dibuat dari bentuk oval yang ujugnya dibentuk meruncing. Sedangkan untuk menggambarkan cream dekorasi dari kue tersebut digunakan bentuk oval yang disusun naik turun dan kemudian digabungkan menjadi satu.

Perlakuan yang sering dilakukan untuk membentuk persepsi manusia terhadap ilustrasi ini adalah dengan melakukan merge ataupun substract dari bentuk-bentuk geometri dasar, sehingga bentuk geometri yang ada tidak terlihat lagi sebagai hasil yang terpisah-pisah namun menjadi sebuah kesatuan. Efek bayangan juga sering diberikan untuk menguatkan persepsi visual manusia terhadap benda tersebut.

 

Contoh lain yang sering ditemukan adalah mengilustrasikan flat design pada bentuk tubuh manusia.

501746406dasdafafafSumber : http://www.istockphoto.com/illustrations/

jika diperhatikan, bentuk tubuh manusia ini dibentuk dari komposisi bentuk persegi panjang dan lingkaran, padahal bentuk tubuh manusia aslinya tidak seperti ini, contohnya bentuk lengan dan kaki manusia tidaklah persegi panjang dan lurus seperti itu, bentuk tangan manusia juga tidak bulat dan tidak ada jari-jarinya, namun kita tetap dapat mempersepsikan bahwa gambar terserbut adalah tangan dan kaki dari manusia. Hal ini terjadi karena simplifikasi yang dilakukan tetap dapat memberikan perpsepsi yang tepat pada manuasia yang melihat gambar diatas, sehingga karakter yang ada pada tubuh manusia dapat tergambarkan dengan benar. Efek dari komposisi warna terang gelap yang digunakan juga membantu  manusia dalam mempersepsikan gambar ini karena menunjukan bagian mana yang terang gelap dan mana yang di bagian depan atau belakang.

 

Menarik bukan? Sekarang setelah mengetahui bagaimana simplifikasi dari flat desgin, kalian juga bisa men=mbuat flat design sesuai keinginan kalian sendiri.

 

Sumber :

Sokolova, Yulia. “How To Make A Flat Design Birthday Cake in Affinity Designer”. http://design.tutsplus.com/tutorials/how-to-make-a-flat-design-birthday-cake-in-affinity-designer–cms-25860

 

Athiyah Alatas

1306367504

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: