there’s something about geometry + architecture

June 12, 2016

Shape and Visual Discrimination

Filed under: Uncategorized — sekarasrini @ 17:06

Visual Discrimination lets us see differences between objects that are similar.  Good visual discrimination helps keep us from getting confused.  For example, when we read, it’s visual discrimination that lets us see the “was” and “saw” are different even though they have the same letters. Puzzle games that ask us to tell how two pictures are different are good ways to help develop visual discrimination.”

(admin, 2014 Visual Discrimination, http://eyecanlearn.com/perception/discrimination/)

Visual discrimination atau diskriminasi visual merupakan salah satu kemampuan yang (khususnya) diperlukan untuk anak berusia dini dalam menemukan perbedaan atau untu membedakan hal-hal yang memiliki bentuk atau warna serupa sehingga seringkali diskriminasi visual disebut juga sebagai suatu kemampuan untuk memperhatikan sesuatu secara detail.Kemampuan ini menolong setiap anak yang berusia dini agar kedepannya mereka tidak mengalami kesulitan dalamberbagai macam hal seperti matematika, membaca dan menulis, ilmu social dan alam, serta interaksi sosial (2011 Visual Discrimination, http://www.schoolsparks.com/early-childhood-development/visual-discrimination).

Sebagai contoh yang paling utama dan sederhana, tentu saja bentuk geometri sering ditemui atau sering dilihat baik dalam kegiatan sehari-hari maupun diterapkan pada pelajaran di sekolah. Maka dari itu, bentuk merupakan salah satu pendekatan yang kerap kali menjadi pelatihan bagi anak berusia dini untuk memahami dan membedakan tentang bentuk mulai dari yang sederhana seperti garis hingga bentuk-bentuk yang lebih kompleks.

Berikut adalah contoh latihan terhadap pengenalan bentuk yang dapat dilakukan untuk mengasah diskriminasi visual pada anak berusia dini:

1

2

3

Tiga contoh di atas pada sebelah kiri menunjukkan soal yang biasa diberikan untuk kemudian dikerjakan sebagai pelatihan diskriminasi visual pada anak usia dini dan ilustrasi di sebelah kanan menunjukkan bentuk-bentuk yang sesuai satu dengan yang lain.

Ada banyak bentuk pelatihan yang dapat digunakan untuk mengasah diskriminasi visual pada anak berusia dini. Biasanya semakin kompleks atau semakin banyak kombinasi yang ada pada suatu soal, maka semakin banyak pula hal yang dapat dipelajari. Lebih jauh lagi, biasanya tidak hanya bentuk 2d, bisa juga warna atau benda-benda 3d yang dapat digunakan sebagai media interaktif untuk pelatihan diskriminasi visual tersebut. Contoh di atas merupakan salah satu contoh paling sederhana.

Shape matching seperti contoh di atas merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengasah diskriminasi visual pada anak usia dini. Mencocokan bentuk atau geometri sedrhana merupakan hal paling sederhana yang kemudia juga menjadi pengembangan dari bentuk huruf, tulisan, bahkan wujud orang sekalipun. Dengan memiliki diskriminasi visual yang baik, maka anak berusia dini tidak akan mengalami kesulitan dalam berbagai hal misalnya saja kegiatan sederhana seperti memilih pakaian, mengenali teman sebayanya, dan masih banyak lagi.

 

 

Sekar Asrini

1306367290

 

 

Referensi:

admin, 2014 Visual Discrimination, http://eyecanlearn.com/perception/discrimination/

2011 Visual Discrimination, http://www.schoolsparks.com/early-childhood-development/visual-discrimination

Tracey le Roux, 2005 Visual Discrimination Activities, http://www.ot-mom-learning-activities.com/visual-discrimination.html

 

 

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: