there’s something about geometry + architecture

June 12, 2016

Si “Bandel” Mobius Strip

Filed under: Uncategorized — lissachristielopessurya @ 15:42

Mobius Strip dikenal sebagai salah satu objek yang dianggap tepat untuk menjelaskan sifat dari topologi. Salah satu karakter yang dianggap penting pada Mobius Strip adalah kemampuannya yang dapat menggabungkan apa yang disebut sebagai inside dan juga outside secara tanpa cacat. Menariknya, Mobius Strip seringkali menjadi pemicu desain dalam beberapa karya arsitektur oleh arsitek-arsitek kelas dunia. Artikel ini akan memberikan tips dan juga insight yang berguna untuk pengembangan metode desainmu!

 

mobius

Gambar 1. Mobius Strip (sumber : taomath.org)

 Mobius Strip sebagai fasad dan elemen bangunan yang kontinu

Mobius Strip seringkali digunakan dalam hal menentukan elemen-elemen bangunan yang memiliki sifat kontinu dan seamless antarperpindahan jenis elemen bangunan. Secara mentah akan sulit untuk mengadaptasi bentuk Mobius Strip  karena adanya bagian yang terpelintir yang membuat akses manusia akan sulit bekerja. Berikut tips yang  dapat dilakukan guna mengadaptasi bentuk Mobius Strip untuk elemen bangunan.

Screen Shot 2016-06-12 at 14.34.33

Gambar 2. Mobius Strip dibealah menjadi dua untuk mendapatkan kombinasi Mobius floor

Screen Shot 2016-06-12 at 14.40.35

Gambar 3. Konsep Mobius yang membuat lantai melingkari Mobius Strip

Usaha untuk membedah kemungkinan dalam pemanfaatan bentuk Mobius Strip sebagai elemen arsitektural dilakukan oleh beberapa desainer seperti  Vesna Petresin dan juga Laurent-Paul Robert. Namun salah satu kelemahan ide ini adalah  sedikitnya bagian yang rata sehingga dapat digunakan sebagai elemen arsitektural yang lebih fungsional. Dengan demikian dapat dihasilkan elemen interior dan fasad sebagai berikut.

Screen Shot 2016-06-12 at 14.57.14

Gambar 4. Kursi Mobius

420418_269609506441879_638365291_n

Gambar 5. Mobius Facade (sumber http://www.wired.com)

 Mobius Strip sebagai penentu elemen fasad dan interior

Selain diadaptasi secara mentah, Mobius Strip dapat digunakan sebagai penentu cangkan bangunan. Menurut Charles Joseph Matthews, Mobius Strip dapat diidentifikasikan sebagai permukaan tiga dimensi yang tidak berketebalan. Oleh karena itu, struktur dari pergerakan lintasan Mobius Strip dapat dibentuk dan ditambahkan ketebalan yang dapat menghasilkan kombinasi ruang yang tertentu.

Screen Shot 2016-06-12 at 14.50.29

Gambar 6. (a) Rangka lintasan yang terpelintir, (b) Ketebalan lintasan, (c) Ketebalan lintasan ganjil dan genap

Dengan demikian, apabila lintasan dianggap sebagai lantai dalam sebuah ruang interior, maka dapat diwujudkan diagram sebagai berikut.

Screen Shot 2016-06-12 at 14.56.57

Gambar 7. (a) Lantai, (b) Perbedaan tinggi lantai (lantai dan ramp dapat menjadi satu), (c) kondisi ramp

Screen Shot 2016-06-12 at 14.57.19

Gambar 8. Sintesis model fasad dan interior

Screen Shot 2016-06-12 at 14.57.24

Gambar 9. Sintesis karya arsitektural

Mobius Strip sebagai media programming

Selain sebagai penentu elemen arsitektural, Mobius Strip juga dapat digunakan sebagai metode pengembangan desain melalui program yang ingin dihadirkan dalam sebuah karya arsitektural. Sebagai contoh, pada karya UN Studio, The Mobius House. Sang arsitek memakai bantuan Mobius Strip dalam melakukan pengembangan program sesuai yang diinginkan oleh klien.

0735c78813aee5b0538f9af846835215

Gambar 10. Diagram program (1) (sumber : acdn.architizer.com)

wr132_6_popup

Gambar 11. Diagram program (2) (sumber :www.floornature.de)

Demikian beberapa contoh pengembangan dan juga penggunaan Mobius Strip dalam desain dan juga karya arsitektural. Namun, pada dasarnya penggunaan Mobius Strip dapat dikembangan dalam banyak hal apabila kita dapat memahami dan melihat sifat-sifat tertentu yang ada pada Mobius Strip. Untuk itu, saya tawarkan beberapa interpretasi sifat Mobius Strip yang dapat digunakan dalam perencanaan urban. Ide dari sifat Mobius Strip yang ingin dikolaborasikan adalah sifat paralel, keterhubungan, dan juga distribusi.

Paralel

Jika saya mengambil analogi semut yang berjalan di atas Mobius Strip maka dapat dibuat diagram berikut.

1

Gambar 12. Sifat paralel dan potensi adanya perbedaan pengalaman dari Mobius Strip

Dari diagram di atas, dapat lebih dimengerti aspek paralel yang saya maksud. Sifat paralel muncul akibat adanya dua sisi yang mampu disajikan disetiap bagian pengalaman yang dikelompokkan menurut sumbu vertikal 1-2 dan juga sumbu horizontal A-B. Adanya sifat paralel yang dinamis seiring perjalanan semut membuat adanya dua pengalaman yang berbeda dalam suatu waktu dan suatu elemen ruang menjadi memungkinkan. Hal ini kemudian menjadi potensi yang menurut saya menarik untuk diolah sebagai zona yang seringkali dianggap “penting” oleh arsitek urban sebagai pengelompokkan. Satu hal yang juga menurut saya penting adalah mengenai proximity atau kedekatan. Adanya kedekatan antarsuatu elemen spasial cenderung memicu rasa “humanis” dari sebuah ruang. Rasa kedekatan ini yang kemudian seringkali dilupakan oleh arsitek dalam merancang, apalagi merancang kwasan urban, karena pada dasarnya arsitek tidak langsung bekerja dalam skala 1:1.

Keterhubungan dan distribusi

Keterhubungan merupakan hal yang paling menggambarkan sifat dari Mobius Strip. Yang menarik lagi adalah keterhubungan masih dapat dicapai apabila Mobius Strip dibelah secara horizontal mengikuti alur lintasan.

2

Gambar 13. Pembelahan Mobius Strip

Pembelahan tersebut menimbulkan adanya potensi distribusi zona yang lebih luas dan beragam yang juga dengan lebih mudah diidentifikasikan keterhubungannya melalui lintasan yang saling berikatan. Lintasan yang saling berikatan berpotensi sebagai daerah transportasi atau simpangan dalam pengembangan yang lebih lanjutnya.

Nah! Dengan demikian, tentunya kamu semakin terinspirasi lagi, nih untuk mewujudkan desain-desain yang lebih menarik lagi ke depannya. Selamat mendesain!

Sumber :

Thulaseedas, Jolly dan Robert J Krawczyk,”Möbius Concepts in Architecture”, Illinois Institute of Technology : USA, diakses 12 Juni 2016, <link>

Oleh : Lissa Christie Lopes Surya-1306412994-Arsitektur Interior

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: