there’s something about geometry + architecture

June 12, 2016

VISUAL PERCEPTION: FROM BUILDING INTO CLOTHES

Filed under: Uncategorized — farahfadhilahiskandar @ 06:36

Akhir-akhir ini seringkali kita melihat desain baju yang bernuansa minimalis dan futuristic. Baju-baju jenis tersebut biasanya bernuansa monokrom, tidak menggunakan banyak ornamen, dan memiliki garis potongan baju yang jelas. Tak jarang para desainer yang mengusung tema ini mengambil inspirasinya dari bangunan-bangunan yang ada di masa kini karena gaya arsitektur yang biasa disebut dengan era arsitektur modern (atau bisa jadi lebih tepat disebut kontemporer).

Kita telah belajar melalui Law of Pragnanz yang dikemukakan oleh J Gibson yang juga telah dibahas oleh postingan blog Hanggoro bahwa persepsi adalah pengidentifikasian dengan pendekatan kecenderungan dimana otak kita akan memutuskan bagaimana suatu benda yang kita lihat di persepsikan. Salah satu dari aturan pada Law of Pragnanz adalah Law of Similiarity, yang mengatakan bahwa saat melihat suatu objek dengan kemiripan yang ada, kita akan melihat hal tersebut menjadi suatu hal yang sama.

Berdasarkan teori itu terbesit pertanyaan: bagaimana cara mereka menginterpretasikan bangunan-bangunan tersebut menjadi desain-desain baju mereka? Dan bagaimana juga persepsi visual audiens bekerja sehingga dapat menangkap adanya kemiripan dari desain-desain tersebut terhadap bangunan?

  1. Sou Fujimoto

Sou Fujimoto

 

Sou Fujimoto2

farfi3Desainer bernama Akris menginterpretasikan desainnya berdasarkan desain bangunan yang diajukan oleh Sou Fujimoto yaitu House of Hungarian Music. Ciri khas yang diambil dari desain bangunan ini adalah lubang-lubang yang memiliki ukuran bervariasi yang diimplementasikan menjadi baju terusan.

farfi6

farfi5

Pada desain baju dan luaran ini Akris menerapkan pemandangan dari House N menjadi pattern dari bajunya. Iya juga membuat baju yang memiliki potongan yang lurus sehingga mirip dengan bentuk fasad bangunan House N yang berupa kotak dan kaku.

  1. Zaha Hadid

farfi7

Koleksi pakaian wanita dari Michelle Smith merupakan interpretasi dari desain bangunan-bangunan dari arsitek Zaha Hadid yang bernuansa futuristic dan organic. Michelle menggunakan bahan heavy cotton fabric untuk memberikan kesan lengan yang lebih besar untuk menghighlight adanya bentuk-bentuk yang dinamis dan bertekstur halus.

 

  1. Frank Gehry

farfi8

Ezumi terinspirasi saat melihat rekaman dokumentasi Frank Gehry yang berbicara mengenai bagaimana ia menemukan inspirasi dengn cara membuat struktur dari model-model kertas yang ia buat. Menurut Ezumi metodenya sama seperti fashion draping sehingga ia menggunakan metode yang sama dan menggunakan warna-warna yang mirip dengan bangunan-bangunan karya Frank Gehry. Fashion draping sendiri adalah teknik pembuatan pola dasar yang dikerjakan langsung pada dressform atau manekin. Pengertian lain dari draping adalah teknik menata kain tanpa menggunting pola dan menjahit.

Melalui contoh-contoh ini dapat terlihat bahwa banyak desainer yang menginterpretasikan bangunan dari varian warna yang mereka gunakan dan dari sifat yang terlihat baju-baju tersebut yang mengikuti prinsip-prinsip yang terlihat pada bangunan sehingga audiens, seperti yang sudah dijelaskan pada Law of Similiarity, dapat merasakan adanya kemiripan antara bangunan dan desain mereka. Sehingga pada akhirnya tujuan untuk menciptakan persepsi visual terhadap suatu karya bias jadi dapat tercapai

 

 

Sumber:
http://www.dezeen.com/2015/10/08/sou-fujimoto-buildings-clothing-akris-ss16/
http://www.architecturaldigest.com/gallery/fashion-designers-architecture-inspiration
https://fitinline.com/article/read/draping

 

Farah Fadhilah Iskandar

1306367271

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: