there’s something about geometry + architecture

March 27, 2017

Objek Mati yang dapat “Berbicara” pada Still Life Photography

Filed under: Uncategorized — afifahkar @ 19:49

Pernah mendengar tentang Still Life Photography ?

Atau pernah melihat gambar-gambar seperti ini?

still life 1

Dikutip dari http://fotografi.upi.edu/home/6-keahlian-khusus/still-life-photography, Still Life Photography adalah karya fotografi yang menjadikan benda mati sebagai objek agar lebih terlihat hidup atau berbicara kepada audience untuk menyampaikan suatu pesan.

Salah satu manfaat dari still life photography adalah menggunakannya sebagai media untuk mengiklankan suatu produk. Hal yang penting untuk diperhatikan oleh fotografer saat membuat still life photography untuk iklan ialah memperhatikan bagaimana objek dalam frame dikomposisi kan, sehingga objek utamanya dapat tertangkap dengan tepat oleh audience.

Hal tersebut dapat dicapai melalui trik Golden Ratio. Yakni semacam rumus rahasia yang bisa membantu desainer dalam mendesain sesuatu, agar tampilannya enak dilihat. Salah satunya adalah mendesain atau me-layout komposisi objek di dalam suatu frame untuk Still Life Photography.

Rumus rahasia dalam Golden Ratio berasal dari sintesis berupa rumus rahasia yang seringkali ditemukan pada benda-benda alam. Rumus itulah yang membuat benda-benda alam seringkali terlihat bagus, meski kita belum tahu kenapa dia bisa bagus. Karena, ternyata secara tidak kita sadari, otak kita memiliki kecenderungan tertentu terhadap tampilan benda-benda yang rasionya memiliki rumus Golden Ratio ini.

Rumus rahasia-nya seperti ini..

garis

Golden Section untuk Garis (Olahan Pribadi Penulis)

Saat kita akan membuat dua buah garis, agar menjadi Golden Ratio, dimensi dari kedua garis tersebut harus punya hubungan rasio tertentu. Misalnya, garis A dan garis B. Jika garis A dibagi dengan garis B, hasilnya harus sama dengan garis A + garis B, per garis A. Kedua persamaan tersebut, masing-masing harus bernilai Phi atau 1.618…

Golden Ratio dapat dimanfaatkan dalam banyak hal, terutama terkait dengan tampak atau tampilan dari suatu bidang. Nah, jika diatas adalah rumus Golden Ratio untuk garis, maka hal yang sama berlaku pula untuk rumus Golden Ratio dari bidang, dengan beberapa penyesuaian. Berikut rumus rahasianya:

bidang 1

Basis Golden Ratio untuk suatu Bidang (Olahan pribadi Penulis)

bidang 2

Golden Ratio untuk suatu  Bidang (Olahan pribadi Penulis)

bidang 3

Golden Ratio untuk suatu Bidang, jika diteruskan….. (Olahan oribadi Penulis)

Lalu, bagaimana dengan aplikasi rumus Golden Ratio pada Still Life Photography?

Ketiga gambar yang ditampilkan pada awal tulisan ini adalah gambar untuk iklan sebuah produk jam. Pada gambar A dan B, dapat terlihat dengan jelas dan cepat, bahwa dibandingkan objek yang lain, fokus utama objeknya adalah jam, untuk di iklankan. Namun pada gambar C, kurang dapat terlihat dengan jelas dan cepat objek mana yang menjadi fokusnya.

Apa yang terjadi sebenarnya? Apakah ada kaitannya dengan trik Golden Ratio?

Yuk kita coba telaah lebih lanjut karya fotografi diatas satu persatu 🙂

still life2

( + Olahan pribadi Penulis)

Setelah dilakukan penelaahan singkat, ditemukan bahwa ternyata pada gambar A dan B, komposisi objeknya mengikuti rumus Golden Ratio. Sedangkan pada gambar C tidak demikian.

Disini mungkin kita dapat menarik pertanyaan, apakah kejelasan iklan pada gambar A dan B dapat dicapai dengan baik karena keduanya mengikuti rumus Golden Ratio, sedangkan  pada gambar C tidak dapat tercapai karena sebaliknya?

Lalu, apakah trik Golden Ratio memiliki peran besar dalam menentukan apakah objek utama pada suatu frame still life photography dapat “berbicara” atau tidak?

Hmm..Bisa saja. Bagaimana menurut Anda? 🙂

 

Blog Post 1

Afifah Karimah – 1606841830

 

Sumber:

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: