there’s something about geometry + architecture

March 27, 2017

Penerapan Golden Section pada Bangunan tidak hanya sekedar untuk kepentingan Estetika

Filed under: Uncategorized — benitaariyani @ 10:41

Dalam penerapan penggunaan golden section pada suatu hal, sering kali yang menjadi tujuan utama adalah agar suatu hal tersebut menjadi lebih proporsi sehingga menjadi lebih indah.

Sebagai contoh, penerapan golden section yang dalam penerapannya bertujuan untuk mengejar estetika, ialah pada pembuatan patung The Lweis Chessmen dan lukisan Mona Lisa sebagai berikut:

lines_1

(http://www.goldenmeancalipers.com/wp-content/uploads/2015/05/lines_1.jpg)

mona-lisa-golden-ratio

(http://belfot.com/komposisi-foto-golden-ratio/)

Namun di dalam bangunan arsitektural, penerapan golden section, pencarian proporsi tidak hanya diterapkan dalam tampak bangunan saja, namun juga pada denah dan dan section plan-nya. Sehingga dengan begitu, penerapan golden section dalam bangunan arsitekural tidak saja untuk mengejar kepentingan estetika, namun dapat lebih dari itu.

stringio (6).jpg

(http://www.archdaily.com/84524/ad-classics-villa-savoye-le-corbusier)

Sebagai contoh, bangunan Villa Savoye oleh Le Corbusier, di bangun pada tahun 1928 di Perancis, di mana Le Corbusier memiliki ‘5 points of New Architecture’ yang menjadikannya dasar dalam merancang. Poin pertama dan kedua memiliki keterkaitan dangan efisiensi dalam ruang. Poin pertama, penggunaan grid sebagai titik kolom struktur, dengan poin ke-dua, perencanaan denah ‘bebas’ yang dapat bertransformasi menjadi fungsi yang berbeda. (Corbusier, 1931)

Dengan begitu, diperlukan penerapan golden section untuk dapat menemukan modul yang sesuai dengan kebutuhan fleksibilitas, ekonomis, efisiensi dan proporsional. Proporsional di dalam denah dicari untuk memenuhi segi kenyamanan.

srjtryek

(https://id.pinterest.com/pin/402790760401713315/)

Sedangkan 3 poin lainnya, yaitu di antaranya: poin ke-tiga mengenai fasad bebas dari kendala konstruksi, poin ke-empat mengenai penggunaan ventilasi horisontal sepanjang bangunan sebagai respon dari pencahayaan, dan ke-lima penggunaan taman pada atap datar yang juga berfungsi sebagai pelindung atap, dapat dipenuhi dengan penerapan golden section pada tahapan section plan dalam bangunan. Pada tahapan section plan ini, penerapan golden section dilakukan pada ketinggian dan volume ruang juga pada manusianya, sehingga antara volume bangunan dengan manusia di dalamnya dapat proporsional.le-modulor-final-21-1024 - Copy_editedhiphiop

(https://id.pinterest.com/pin/402790760401713315/)

Dengan demikian, penerapan golden section pada bangunan arsitektural tidak hanya untuk kepentingan estetika saja, namun juga untuk memenuhi kebutuhan kenyamanan manusia di dalam bangunan tersebut. Karena tidak seperti lukisan 2d, dan patung 3d namun tidak memiliki ‘isi’ di dalamnya, bangunan arsitektural memiliki wujud 3d dan ‘isi’ di dalamnya.

Benita Ariyani Putri

1606841894

REFERENSI

Advertisements

1 Comment »

  1. Hai Benita,
    menarik sekali pembahasan anda tentang bagaimana Golden Section dapat diterapkan pada proses perancangan karya arsitektural, bukan hanya pada karya-karya seni rupa. Namun, dalam beberapa pembahasan yang saya dapatkan dari artikel lain, banyak proses tersebut tidak hanya pada rancangan denah dan section plan, melainkan juga pada potongan (saat proses perancangan dimulai dari segi vertikal), misalnya saja pada Seattle Public Library.
    Sepertinya akan jauh lebih menarik jika anda juga membahas dari segi potongan juga.
    Terimakasih.

    Comment by raynaldsantika — March 27, 2017 @ 15:25


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: