there’s something about geometry + architecture

May 1, 2017

BENTUK GEOMETRI DALAM BERAGAM TRANSMUTATION CIRCLE PADA ANIME FULLMETAL ALCHEMIST: BROTHERHOOD

Filed under: Uncategorized — Rafi Mentari @ 09:50
Tags: , , ,

Fullmetal Alchemist: Brotherhood (FMA:B) adalah reboot dari anime adaptasi berdasarkan manga Fullmetal Alchemist oleh Hiromu Arakawa. Adaptasi anime ini merupakan anime yang kedua, dikembangkan oleh Bones pada tahun 2009 dan menjadikan serial ini jauh lebih mirip dengan manga, dibandingkan anime yang pertama pada tahun 2003. Anime ini cukup popular di kalangan penggemar anime dan manga, walaupun terbilang agak “dark” dan emosional untuk ditonton. Kalau setelah ini kalian ingin coba nonton, jangan lupa siap-siap tissue ya. Bagi yang sudah pernah nonton dan berencana untuk menonton ulang, you know what to do! It’s nostalgic time! :3c

Akan tetapi, untuk menambahkan, yang ingin saya bahas disini adalah keragaman desain transmutation circle yang didasarkan pada bentuk geometri, seperti segitiga, persegi, segilima (pentagon), dan lingkaran. Walaupun ada spoiler-spoiler yang akan masuk kedalam bahasan. Get ready!

“Alchemy is a philosophical and protoscientific tradition practiced throughout Europe, Egypt and Asia. It aimed to purify, mature, and perfect certain objects.” – Paul-Jacques Malouin (1751), Alchimie [Alchemy].

Alchemy (錬 金 術 Renkinjutsu) pada FMA:B merupakan ilmu metafisik kuno atau seni manipulasi mistis memanipulasi dan mengubahnya menjadi sesuatu dengan menggunakan energi alami atau lebih dikenal sebagai “transmutasi” (錬 成 Rensei) yang rangkaian tindakannya biasanya digambarkan sebagai; Pemahaman terlebih dahulu terhadap materi struktur atom atau molekul bahan tertentu yang akan ditransmutasi, termasuk aliran dan keseimbangan energi potensial dan kinetiknya. Kemudian di dekonstruksi dengan menggunakan energi tersebut untuk memecah struktur fisik agar mudah dibentuk kembali menjadi bentuk baru. Yang terakhir adalah rekonstruksi dengan melanjutkan aliran energi sehingga dapat mereformasi materi menjadi bentuk baru. Nah, karakter yang sekiranya mampu melakukan hal ini disebut Alchemist. Dan, untuk memulai transmutasi, diperlukan simbol yang disebut Transmutation Circle (錬 成 陣, Renseijin). (sumber: http://fma.wikia.com/wiki/Transmutation_Circle#Transmutation_Circle)

Sebuah transmutation circle dapat digambar di tempat ketika transmutasi diperlukan dengan menggunakan kapur, pensil, tinta, cat, darah, bahkan di-trace di tanah. Berarti, untuk jadi seorang alchemist, harus bisa menggambar beragam bentuk geometri dengan tepat.  Gak percaya? Coba lihat gambar berikut, ya!

2
Gambar 01a. Transmutation circle yang sangat standar, terdiri dari persegi dan lingkaran yang digambar sedemikian rupa untuk mudah diingat bagi pemula.
(Sumber gambar: http://fma.wikia.com/wiki/Transmutation_Circle#Transmutation_Circle)

3
Gambar 01b. Transmutation circle yang muncul di anime FMA:B, digambar oleh Elric bersaudara yang merupakan tokoh utama.
(Sumber gambar: http://scifi.stackexchange.com/questions/27676/is-each-transmutation-circle-unique)

4
Gambar 01c. Setelah mempelajari standar transmutation circle, Edward Elric (kiri) dan Alphonse Elric (kanan) membuat transmutation circle standar milik mereka masing-masing yang terdiri dari lingkaran dan segitiga.
(Sumber gambar: http://fma.wikia.com/wiki/Transmutation_Circle#Transmutation_Circle)

5
Gambar 01d. Edward Elric (kiri) dan Alphonse Elric (kanan).
(Sumber gambar: https://comicvine.gamespot.com/edward-elric/4005-45359/ dan http://fma.wikia.com/wiki/Alphonse_Elric)

6
Gambar 02a. Transmutation circle yang lebih rumit, terdiri dari lingkaran, segi enam, dan beberapa simbol lain untuk rekonstruksi yang tentunya lebih rumit, yaitu membangkitkan yang telah mati.  Tentu ini hanya didalam anime saja, ya…
(Sumber gambar: http://fma.wikia.com/wiki/Transmutation_Circle#Transmutation_Circle)

7
Gambar 02b. Transmutation circle yang muncul di anime FMA:B, digambar oleh Elric bersaudara untuk mencoba membangkitkan almarhum ibu mereka.
(Sumber gambar: http://rebloggy.com/fullmetal%20alchemist%3A%20brotherhood/search/trending/)

8
Gambar 02c. Apakah berhasil?
(Sumber gambar: https://www.inverse.com/article/17504-fullmetal-alchemist-brotherhood-anime-philosophy)

9
Gambar 02d. Tentunya mereka gagal dan malah menciptakan makhluk aneh yang kemudian mati dalam hitungan detik.
(Sumber gambar: http://anime.stackexchange.com/questions/4559/why-are-the-things-that-are-created-from-human-transmutation-so-randomly-generated)

Selain menggambar transmutation circle secara on the spot seperti diatas, bisa juga digambar permanen secara terukir atau tertulis sebagai tools bertarung mereka. Perlu diingat bahwa tanpa ukiran atau tulisan itu, transmutasi umumnya tidak dapat terjadi.

10
Gambar 03a. Transmutation circle milik Mayor Armstrong, terdiri dari lingkaran, segitiga, dan simbol lain yang diukir di pelat logam di tangannya.
(Sumber gambar: https://ginnodangan.files.wordpress.com/2010/04/fma54-42.jpg)

11
Gambar 03b. Sementara transmutation circle milik Roy Mustang, yang terdiri dari lingkaran, segitiga, dan simbol lain diukir di sarung tangan yang selalu dipakai saat bertugas.
(Sumber gambar: https://comicvine.gamespot.com/forums/battles-7/cv-vets-tlssh-vs-higorm-1712104/)

Sebenarnya, masing-masing bentuk geometri dan simbol lainnya bukan hanya sekedar gambar yang diciptakan seadanya, namun memiliki makna dan artian tertentu. Mengambil contoh dari Roy Mustang (Gambar 03b.) dimana gambaran transmutation circle flame alchemist memiliki arti yang sangat terperinci. Berdasarkan bahasan situs http://scifi.stackexchange.com/questions/27676/is-each-transmutation-circle-unique simbol di bagian paling atas transmutation circle Roy Mustang merupakan arti dari sebuah elemen api. Kemudian dua segitiga besar yang bertindihan satu sama lain diartikan sebagai earth alchemy yang dilapisi oleh air alchemy, karena keduanya dibutuhkan untuk api (earth alchemy sebagai bahan bakar, dan bila telah terbakar, maka dengan air alchemy flame yang diciptakan akan dapat lebih besar). Sementara itu, kedua lingkaran diartikan sebagai batasan, seolah-olah api mencoba untuk melepaskan diri dari kungkungan wadah; membuat keinginan pengguna untuk menggunakan kontrol secara penuh.

Setelah melihat beberapa transmutation circle, mungkin ada yang merasa bahwa gambar-gambar tersebut terlihat familiar. Setelah pencarian lebih lanjut, saya menemukan diskusi pada situs http://anime.stackexchange.com/questions/3718/what-are-the-transmutation-circles-in-fullmetal-alchemist-based-on-if-anything dimana ada kemungkinan transmutation circle didapat dari sejarah-sejarah masa lalu dunia. Seperti dua gambar berikut:

12
Gambar 04a. Dihubungkan dengan Michael Maier, seorang alchemist dari Jerman pada abad ke-17.
(Sumber gambar: http://anime.stackexchange.com/questions/3718/what-are-the-transmutation-circles-in-fullmetal-alchemist-based-on-if-anything)

13
Gambar 04b. Lingkaran yang disesuaikan merupakan bagian terbesar dari ide alchemist di zaman Renaissance.
(Sumber gambar: http://anime.stackexchange.com/questions/3718/what-are-the-transmutation-circles-in-fullmetal-alchemist-based-on-if-anything)

Jadi, apakah kalian tertarik untuk mempelajari bentuk geometri dalam beragam transmutation circle pada anime fullmetal alchemist: brotherhood atau bahkan membaca manga-nya yang sekiranya lebih terperinci? ^^

Sumber Bahasan (diakses pada 01 Mei 2017):

http://fma.wikia.com/wiki/Transmutation_Circle#Transmutation_Circle

http://scifi.stackexchange.com/questions/27676/is-each-transmutation-circle-unique

http://anime.stackexchange.com/questions/3718/what-are-the-transmutation-circles-in-fullmetal-alchemist-based-on-if-anything

Rafi Mentari (1606842000)

Advertisements

4 Comments »

  1. wah saya salah satu penggemar berat anime ini dan sudah menonton ulang anime ini berulang-ulang kali tapi tidak bosan bosan haha. Menurut saya tulisan ini menarik, dari tulisan ini saya jadi tau makna dari lingkaran transmutasi yang ada di sepanjang alur cerita anime ini. Namun sayangnya menurut saya penjabaran makna lingkaran transmutasi ini masih sedikit dan kurang dalam. Mungkin jika dijabarkan lebih tajam dan dalam lagi akan lebih menarik, ditambah dengan eksplorasi elemen-elemen dari lingkaran transmutasi agar bisa didapatkan kombinasi yang bisa mencipatakan lingkaran transmutasi baru. Menurut saya dalam anime ini, lingkaran transmutasi tidak hanya terdiri dari lingkaran dan segitiga. Seperti contohnya lingkaran transmutasi dari rentanjutsu yang digunakan untuk membalikkan lingkaran transmutasi manusia diakhir episode dan akhir komiknya. Pada lingkaran transmutasi ini banyak sekali elemen-elemen selain segitiga dan lingkaran, seperti tanda-tanda yang berasal dari bahasa rune kuno yang disusun sedemikian rupa, bentuk segienam, garis dan sebagainya.

    Comment by dindaayu6 — May 28, 2017 @ 19:29

  2. halo, dari pembahasan yang sudah dijelaskan ini cukup menarik. seperti yang anda bilang di atas, bagaimana lingkaran menjadi elemen penahan agar api tidak menjalar dari wadah lalu elemen lain seperti air dan bumi. namun sangat disayangkan karena penjabaran dalam hal ini terlihat belum cukup dalam. bagaimana lingkaran bisa disebut dengan penahan atau batasan lalu bagaimana segitiga dapat disimbolkan sebagai api. apakah ini ada hubungannya dengan bentuk-bentuk iluminati atau tidak? apakah ada bentuk lain selain lingkaran dan segitiga? bagaimana history tersebut akhirnya bisa menimbulkan persepsi bahwa lingkaran transmutasi tersebut akhirnya memiliki makna sedemikian rupa sehingga penting untuk hadir dalam anime ini. mungkin akan menarik jika anda membahasnya secara bersamaan dengan hadirnya transmutasi tersebut dalam anime ini. dari cerita anime ini, mungkin saja sangat terkait dengan adanya elemen api, air dan bumi yang ada ceritakan. sehingga pembahasan akan menjadi lebih kompleks dan mendalam 🙂

    Comment by ghaisaningumay — May 30, 2017 @ 08:05

  3. halo, saya beberapa kali menonton anime ini dan menurut saya pembahasan yang dilakukan cukup menarik. saya cukup setuju dengan komentar dinda dan ghaisani, mungkin penelusuran mengenai geometri pada lingkaran transmutasi bisa lebih diperdalam mengenai bentuk atau komposisinya. Bahkan mungkin terkait elemen yang dimiliki tiap karakter apakah ada keterkaitan dengan formal analysis yang berhubungan dengan bentuk bentuk regular solid yang pernah dibahas di kelas (minggu-5, bahasan Euclidean Geometry & Architecture).

    Comment by dicflavidya — June 2, 2017 @ 11:40

  4. Halo semua! Terima kasih banyak atas masukannya.

    Apa yang ditulis dinda memang benar, bahwa lingkaran transmutasi tidak hanya terdiri dari lingkaran dan segitiga. Disini saya memang kurang dalam terkait pembahasan transmutation circle dan hanya dituliskan secara dasar/umum. Karena rasanya, membahas beragam transmutation circle yang kompleks dan rumit akan memakan waktu cukup lama (dimana selain pencarian internet, saya juga harus membaca dan menonton ulang, haha).Disini saya sekaligus menambahkan untuk contoh (saya mengambil bentuk dasar geometri segitiga) dalam alchemy dasar, dimana dalam rune yang berbentuk segitiga, bila diposisikan secara berbeda dapat mewakili unsur air, bumi, api atau udara. Namun, bila segitiga tersebut digabung menjadi satu sehingga membentuk heksagram, maka bentukan itu menjadi sesuatu yang lebih advance karena mewakili keempat unsur elemen sekaligus. Jadi, bila disimpulkan, sebenarnya setiap setiap Transmutation Circle memiliki keunikan tersendiri karena sigil, segel, bentuk, dan pengorganisasian tanda-tanda tersebut sangat mempengaruhi proses kinerja alchemy dan kekuatan yang dikeluarkan.

    Semoga tambahan ini dapat menambah informasi yang memang tidak dibahas di tulisan! c:

    Comment by Rafi Mentari — June 2, 2017 @ 20:44


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: