there’s something about geometry + architecture

June 2, 2017

flavor of music

Filed under: Uncategorized — dicflavidya @ 11:30

Dalam pembahasan kelas minggu ke-8, kita telah membahas architecture as a translation of music.

Apakah pernah berada pada sebuah toko buku, lalu musik yang diputar pada toko tersebut membawa rasa atau mood tertentu? Christmassy, jazzy, classical?

seorang mucisians bernama Adams Neely melakukan penjelasan terhadap christmassy flavor yang terdapat pada lagu All I Want For Christmas Is You by Mariah Carey.

Pada percobaannya, Neely menggunakan kunci yang populer ditemukan dalam lagu bertema natal (F Dm dan C) yang ditemukan pada lagu All I Want For Christmas Is You by Mariah Carey (1994) dan White Christmas by Irving Berlin (1954). Lantas ia mencoba memainkan kunci tersebut dengan tempo yang berbeda-beda dengan nada dasar yang sama. Ternyata flavor christmassy tidak lagi hadir dalam tempo yang berbeda.

14963750411391496375063887

 

 

 

 

(gambar 1. nada dimainkan sesuai dengan ritme lagu)

(gambar 2. nada dimainkan dengan ritme yang lebih intens dan forte)

 

pada kasus lagu All I Want For Christmas Is You by Mariah Carey selain the sacred key memiliki relasi ritme, happiness dan sorrow interval pada nada juga berperan besar. Hal ini banyak muncul pada penulisan lagu awal abad 20 (Tin Pan Alley) sehingga lagu ini memiliki nilai nostalgic yang besar pada note interval. Mood interval ini juga banyak muncul pada lagu natal baik pada nada maupun lirik.

(gambar 3. note interval mayor-minor)

Dalam bahasan ini kita belajar salah satu contoh kasus bagaimana lagu yang berbeda memiliki “mood” yang sama, bagaimana “keys” yang sama memiliki “mood” yang berbeda. Dalam melakukan translasi musik ke arsitektur, kasus ini dapat dijadikan contoh untuk melihat “mood” atau “flavor” dari sebuah lagu sebelum ditranslasikan. Hal yang sama berperan dalam aransemen, sehingga kita bisa tahu elemen musik mana yang harus dipertahankan dan mana yang bersifat sekunder dan dapat diubah.

http://accounts.smccd.edu/mecklerd/mus250/elements.html

https://en.wikipedia.org/wiki/All_I_Want_for_Christmas_Is_You#Critical_reception

https://en.wikipedia.org/wiki/Irving_Berlin%27s_White_Christmas

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment