there’s something about geometry + architecture

June 13, 2012

Logo Band Terkenal?

Filed under: architecture and other arts — bambangutoro @ 00:30

Makna dari “logo band terkenal” bisa dibilang memiliki makna ganda, yang pertama yakni logo dari suatu band yang kini mereka sudah ternama dan yang kedua adalah kebanyakan masyarakat mengenali logo tersebut secara tidak sadar. Hal yang saya maksud di sini adalah makna yang kedua, bukan karena bandnya, namun karena logonya.

Hal yang membuat saya tertarik untuk membahas masalah logo band ini adalah, apakah ada hubungannya logo dari suatu band dalam mendukung ketenaran, ataukah kemampuan dari band tersebut yang berhasil membuat lambang mereka menjadi terkenal? Selain itu dapatkah ditarik kesimpulan bahwa bentuk logo suatu band menjadi panduan seperti apa musik yang mereka bawakan?

Dari hasil googling untuk mendapat referensi logo-logo band terkenal di dunia saya rasa deretan logo band berikut dapat merepresentasikan logo yang saya maksud. Paling tidak Anda dapat mengenali sebagian besar lambang yang ditampilkan di bawah ini, walau belum tentu Anda tahu siapa band pemilik lambang tersebut.

Dari deretan logo band terkenal di atas hal yang dapat saya simpulkan bahwa logo-logo tersebut:

  1. memiliki bentuk-bentuk yang simpel baik dari segi garis dan pemilihan warna
  2. memodifikasi bentuk dari hal-hal yang sering dijumpai sehari-hari
  3. permainan komposisi seperti bentuk geometris, simetris, repetisi, bisa menjadi pertimbangan dalam pembentukan lambang
  4. membuat font tersendiri dengan bentuk yang unik bisa menjadi ciri khas pada logo
  5. unsur dalam logo mengadaptasi hal-hal yang ingin dicitrakan, misal: band metal memiliki lambang dengan unsur tajam
  6. logo belum tentu merupakan sesuatu yang memiliki filosofi dibalik lambang yang ditampilkan

Menurut Anda poin-poin apa lagi yang dapat menjadi acuan untuk membuat logo yang “everlasting”?

2 Comments »

  1. Menurut saya yang bisa membuat sebuah logo bertahan adalah karya band itu sendiri bagaimana ia meninggalkan kesan yang dalam bagi penggemarnya sehingga ketika mereka mendengar musik yang di mainkan band itu memori otak fansnya langsung mencari visualisasi band itu. Karena logo berfungsi sebagai identitas dan untuk mudah diingat maka memori orang-orang akan tertuju kembali pada logo itu dan itu yang menurut saya akan membuat sebuah logo ‘everlasting’.

    Comment by dianonurbintoro — June 13, 2012 @ 02:41

  2. Menurut saya, selain bentuk dari logo itu sendiri, pemberian nama juga menjadi penting sebagai sebuah tanda. Misalkan saja logo the beatles yang hanya terdiri dari tulisan, tetapi itu bisa dikatakan sebuah logo karena memiliki komposisi tertentu dari huruf-hurufnya, seperti besar kecilnya, peletakannya, dan lain sebagainya. terlebih lagi, semua orang tahu band tersebut sehingga pencitraan dari sebuah logo dapat terlihat jelas, hingga seolah-olah jika font the beatles tersebut diubah atau diganti susunannya makan itu bukan menjadi logo band tersebut lagi.

    Comment by noviapanisti — June 14, 2012 @ 11:37


RSS feed for comments on this post.

Leave a comment