there’s something about geometry + architecture

May 31, 2013

Atlantis, Utopia yang Nyata (?)

Filed under: ideal cities — stellaajeng @ 23:53
Ilustrasi Atlantis oleh Sir Gerald Hargreaves

Ilustrasi Atlantis oleh Sir Gerald Hargreaves

Kata “Atlantis” tentu sudah tidak menjadi sesuatu yang asing lagi. Kota yang disebut-sebut sebagai kota dengan peradaban kuno yang canggih dan sempurna ini banyak dicari-cari oleh orang, baik betul-betul mencari dalam ekspedisi atau paling sederhana mencari di Google.

Gambaran modern Atlantis berdasarkan deskripsi Plato

Gambaran modern Atlantis berdasarkan deskripsi Plato

Gambaran Atlantis oleh Plato

Gambaran Atlantis oleh Plato

Atlantis pertama disebutkan oleh Plato dalam tulisannya yang berjudul Timaeus. Sejak saat itu Atlantis menjadi peradaban yang melegenda dan tidak ada habis-habisnya dibahas. Apabila disandingkan dengan Utopia oleh Thomas More, kita mungkin tidak begitu bisa menemukan banyak kesamaan, karena Atlantis sendiri terdapat berbagai versi mulai dari versi Plato (Atlantis dengan kekuatan militer hebat) sampai versi Francis Bacon (Atlantis yang penduduknya hidup damai dan lebih mengutamakan edukasi dan sains bagi kemajuan hidup). Akan tetapi satu hal yang menurut penulis menarik adalah bahwa Utopia terletak di Samudera Atlantis dan Atlantis bernama.. Atlantis! Kebetulan? Ya. Nampaknya. Tapi bagaimana jika ternyata Utopia bukan fiksi belaka? Bahwa Utopia sesungguhnya ada, yaitu dalam wujud Atlantis itu sendiri. Itu pun kalau Atlantis benar-benar ada, melihat masih begitu banyak perdebatan dimana letak Atlantis, hingga yang terakhir ini muncul penemuan bahwa Atlantis terdapat di dekat Spanyol.

Atlantis! Now available in Spain!

Atlantis! Now available in Spain!

Spekulasi lokasi Atlantis lainnya

Spekulasi lokasi Atlantis lainnya

Melihat dari logika, jelas tidak ada peradaban (atau kota) yang akan sangat sempurna seperti Utopia, apalagi melihat bahwa manusia memiliki banyak kekurangan yang menyebabkan banyak kekurangan pula pada kota dan peradabannya. Akan tetapi jika Atlantis (yang kira-kira adalah wujud nyata dari Utopia-nya Thomas More) benar-benar ada, bukankah bisa menjadi contoh bagaimana membangun kota dan peradaban yang lebih baik, dan bahkan bisa mematahkan ketidaksempurnaan kota-kota di seluruh dunia. Akan tetapi apabila kota yang sesempurna itu saja bisa hilang lenyap tak berbekas, bagaimana dengan kota-kota yang tidak sempurna (kalau Atlantis benar ada).

Nah, bagaimana menurut Anda? 😀

 

Sumber:

http://www.studymode.com/essays/Utopia-And-New-Atlantis-1053527.html

http://science.nationalgeographic.com/science/archaeology/atlantis/

http://utopianist.com/2011/03/atlantis-myth-lost-civilization/

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment