there’s something about geometry + architecture

March 24, 2014

Keindahan Nail Art

Filed under: architecture and other arts,everyday geometry — geiniagni @ 02:17

healthy-nails

Kuku bukan lagi sebatas kuku yang hanya dibersihkan atau dipotong saja untuk membuatnya rapi dan bersih, tetapi sekarang ini kuku bagaikan kanvas kecil yang dapat dilukis. Yup! Nail art merupakan cara kreatif yang dilakukan untuk menghias atau mendekorasi kuku. Seiring berjalannya waktu nail art menjadi bagian dari fashion, terutama fashion pada wanita. Dengan nail art dapat membuat kuku-kuku menjadi indah dan menarik. Bukan hanya dari warna saja tetapi juga bentukannya yang menarik.

stained-glass-heart-nail-art-1  144

Yang membuat saya tertarik untuk membahasnya muncul dalam beberapa pertanyaan berikut.

Bagaimana bentuk-bentuk dari dekorasi nail art ini sehingga membuatnya indah? Apa yang membuatnya menjadi menarik dan indah?

Dekorasi dari nail art ini tidak lepas dari bentuk geometri yang terbentuk dari unsur titik, garis,  dan bidang. Semua unsur dari bentuk geometri ini dapat diaplikasikan saat mendekorasi kuku (nail art), baik itu secara simetri ataupun secara tidak simetri.

80s-party-geometric-nail-art-1  multicolor-stripes-nail-art

Selain dari bentukan geometri yang diaplikasikan, menurut saya yang membuatnya menjadi menarik dan indah ini juga didukung dengan adanya komposisi bentuk dan warna. Walaupun bentukan yang terbentuk tidak simetris tetapi tetap membuatnya menarik untuk dilihat dengan pengaturan komposisi sehingga terbentuk keseimbangan bentuk dan warna yang pada akhirnya membuatnya menjadi indah.

Beberapa contoh step pada pemuatan nail art :

super-black-lacquers-torque-swatch-2

(1a) Sebelum diberi bentukan unsur geometri

super-black-lacquers-torque-murdered-out-futuristic-art-deco-nail-art-2

(1b) Sesudah diberi bentuk geometri

color-club-spring-2013-wild-cactus-swatch-2

(2a) Sebelum diberi bentuk geometri

freehand-geometric-nail-art-color-club-spring-2013-2

(2b) Sesudah diberi bentuk geometri

Dapat terlihat dari contoh foto yang ada diatas, dari kuku tersebut polos kemudian diberi bentukan geometri untuk mendekorasinya ditambah dengan pengaturan komposisi bentuk dan warna sehingga membuat kuku terlihat indah. 

square-print-geometric-nail-art-china-glaze-lemon-fizz-1  black-and-white-triangle-geometric-nail-art-1

Terlihat menarik bukan kuku-kuku ini?

Penasaran ingin mencoba? Ini video tutorial yang bisa kamu ikuti 😉 Selamat mencoba!

Referensi :

http://matematikadedi.wordpress.com/2012/08/07/definisi-geometri/ (diakses pada tanggal 23 Maret 2014, pukul 19.34)

http://www.dressedupnails.com/2013_05_01_archive.html (diakses pada tanggal 23 Maret 2014, pukul 19.54)

3 Comments »

  1. Topik yang menarik karena saya salah satu penggemar nail art dan sangat ingin mempelajarinya 🙂
    Setelah membaca pembahasan anda, saya mulai berfikir apakah bentuk-bentuk geometri yang di aplikasikan pada kuku mempengaruhi persepsi pada bentuk dan ukuran jari kita? Karena setelah dilihat-lihat dari contoh di atas, sebagian besar bentuk geometri yang ada adalah bidang yang terdiri dari garis-garis lurus. Sedangkan bentuk-bentuk geometri sangat beragam tidak hanya garis lurus namun juga garis lengkung dan sebagainya. Apakah ini didasari oleh tingkat kesulitan, selera, atau persepsi yang terlihat pada jari kita?

    Comment by antyaratri — April 2, 2014 @ 07:29

  2. saya juga termasuk orang yang menggemari nail art, walaupun memang tidak pandai dalam melakukannya. tapi sebenarnya yang ingin saya pertanyakan disini bagaimana anda mendefinisikan ‘indah’ itu sendiri.apakah ada teori estetis yang berdiri dibelakang keindahan nail art ?

    pada postingan anda juga mengatakan bahwa:

    “Dekorasi dari nail art ini tidak lepas dari bentuk geometri yang terbentuk dari unsur titik, garis, dan bidang. Semua unsur dari bentuk geometri ini dapat diaplikasikan saat mendekorasi kuku (nail art), baik itu secara simetri ataupun secara tidak simetri.”

    apakah nail art memang hanya bersifat dekorasi saja? atau mungkinkah keindahan nail art ini memiliki nilai lain??
    karena saya sebagai wanita yang menggemari nail art merasa bahwa nail art memiliki makna lebih terutama secara psikologis 😉 .

    selain itu berdasarkan pernyataan anda yang saya kutip di atas, seakan-akan nail art yang indah adalah nail art yang memiliki komposisi geometris. kira-kira adakah argumen dibaliknya? karena saya merasa kuku yang dicat dengan kutek berwarna unyu sudah bisa saya katakan ‘indah’.

    Comment by chandrawatihasanah — April 2, 2014 @ 11:25

  3. […] Best 3 Color Nail Designs from Keindahan Nail Art. Source Image: geometryarchitecture.wordpress.com. Visit this site for details: geometryarchitecture.wordpress.com […]

    Pingback by The Best Ideas for 3 Color Nail Designs – Home, Family, Style and Art Ideas — August 7, 2020 @ 19:05


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment